Business is booming.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Dorong Daerah Bangun Isoter untuk Pasien Covid-19

Panglima TNI Kunjungi Isoter Boyolali dan Bantun

PANGLIMA TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meminta masyarakat yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah agar mau dirawat di tempat isolasi terpusat (isoter) yang disediakan petugas di masing-masing wilayah.

Hal itu disampaikan Panglima saat meninjau tempat isolasi terpusat Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, bersama Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito.

“Sampaikan ke teman-temannya, kalau ada yang bergejala dari hasil swab PCR atau Antigen, wis (sudah) ke sini (tempat isolasi terpusat) saja. Ya seperti itu. Perlu upaya getok tular agar program ini bisa sampai ke masyarakat,” ujar Hadi dalam keterangan tertulis BNPB yang dikutip Kompas.Com.

Hingga Minggu (25/7/2021), kasus positif Covid-19 di Tanah Air mencapai 3.166.505 kasus.
Sedangkan, angka kesembuhan sebanyak 2.509.318 dan angka kematian mencapai 83.279.
Karena tingkat kenaikan kasus Covid-19 masih tinggi, penyiapakn tempat isolasi terpusat terus ditingkatkan.

Selain bertujuan untuk lebih menjamin keselamatan dan kesehatan, kata Panglima, perawatan di tempat isolasi terpusat juga dapat mencegah dan menekan angka kasus fatality rate.

 

Para perawat cantik Thailand melakukan vaksinasi. Negara gajah putih itu kini dilanda ledakan covid-19 dan melarang kerumunan (youtube reuters)

Di samping itu, mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) tersebut juga telah meminta agar Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan dinas kesehatan setempat selalu mengontrol secara rutin bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Hal ini dilakukan agar pasien dapat tertangani dengan baik dan angka kematian akibat Covid-19 dapat ditekan.

Panglima juga menjelaskan, peninjauan tersebut untuk memastikan penanganan pasien Covid-19 berjalan dengan baik.

Selain itu, peninjuan ini juga untuk menjamin pendistribusian obat-obatan penunjang pemulihan pasien Covid-19 dapat terlaksana dan terpenuhi.

Baca Juga:  Jerman Tuding Kabinet Taliban Tak Memberi Optimisme

“Ini adalah wujud bagaimana negara ini hadir untuk membantu, melindungi dan menjamin keselamatan masyarakat,” ujar Hadi Tjahjanto.

Panglima juga mendesak setiap daerah untuk aktif menyediakan tempat isolasi terpusat seperti ini.

“Ini adalah wujud bagaimana negara ini hadir untuk membantu, melindungi dan menjamin keselamatan masyarakat,” ujar Hadi Tjahjanto.

Di samping sarana isolasi terpusat, Panglima menyebut vaksinasi dan kegiatan pelacakan (tracing) secara aktif juga dapat membantu menurunkan jumlah penderita Covid-19.

Terkait itu, TNI dan Polri akan mendukung kegiatan vaksinasi dan pelacakan suspek dan pasien positif Covid-19 di daerah-daerah.

Panglima pun langsung mengunjungi sarana isolasi terpusat di Rumah Sakit Lapangan Khusus COVID-19 Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta, untuk memeriksa pelaksanaan tracing di tempat itu.

“Kedatangan saya ke Bantul adalah untuk mengecek secara langsung apakah di setiap puskesmas sudah ada tenaga tracing untuk menerima informasi, notifikasi, dari Dinas Kesehatan ke puskesmas,” ujar Panglima.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...