Business is booming.

Hukuman Berat bagi Pelanggar Prokes Liga Indonesia

Liga 1 Indonesia Bergulir pada 20 Agustus 2021

DIREKTUR Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita mengatakan bahwa pelanggar protokol kesehatan di Liga 1 2021-2022 dan Liga 2 akan mendapatkan sanksi.

Kepada Antara di Jakarta, Selasa, Akhmad Hadian menyebut bahwa sanksi itu setidak-tidaknya adalah dilarang memasuki area pertandingan.

“Sanksi akan diberikan oleh Satgas Covid-19 Liga 1 dan 2,” ujar pria asal Jawa Barat tersebut.

LIB sebelumnya memang telah membentuk Satgas Covid-19 Liga 1 dan 2 yang diketuai oleh Direktur Operasional LIB, Sudjarno, demi menekan kemungkinan penyebaran virus SARS-CoV-2 selama kompetisi.

Satgas Covid-19 tersebut akan rutin mengawasi aktivitas tim-tim peserta liga.

Akhmad Hadian juga memastikan bahwa penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di liga akan lebih ketat daripada turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang sudah berlangsung pada Maret-April.

“Ada detail-detail yang ditambahkan dalam protokol kesehatan tersebut yang menuntut kedisiplinan semua pihak termasuk pemain dan kami sendiri. Itulah memang yang diharapkan oleh pemerintah yang juga ingin pelaksanaan liga menjadi acuan untuk PON nanti,” tutur dia.

Pada Selasa (3/8), PSSI menyatakan bahwa Liga 1 Indonesia 2021-2022 akan berlangsung mulai 20 Agustus 2021.

Keputusan tersebut diambil setelah PSSI dan PT LIB berkonsultasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali serta Polri. Penurunan kasus Covid-19 di Jawa dan Bali juga menjadi pertimbangan utama.

Meski demikian, jadwal itu bisa saja berubah, bergantung pada kesepakatan LIB, PSSI dan klub dalam rapat virtual yang dilaksanakan pada Rabu (4/8).

Sebelumnya, Liga 1 2021-2022 direncanakan bergulir mulai 9 Juli 2021 tetapi ditunda lantaran meningginya kasus Covid-19 di Jawa dan Bali.

Baca Juga:  Dokter Lois Owien Diciduk Polisi Terkait Hoaks Virus Covid-19

Setelah kepastian Liga 1, berikutnya PSSI dan LIB akan menggulirkan Liga 2. Akan tetapi, waktu pelaksanaannya akan dipastikan kemudian.

 

Persib Bandung
Persib Bandung, Foto Persib.Co.Id

Persib Antusias

Sementara Persib Bandung menyambut baik rencana bergulirnya Liga 1 2021 yang diputuskan akan berlangsung pada 20 Agustus mendatang oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Keputusan ini setelah berkonsultasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali serta pihak Polri.

“Pastinya bersyukur karena ada keputusan mengenai Liga 1 2021,” kata Direktur PT Persib Bandung Bermartabat Teddy Tjahjono, dikutip Republika dari laman resmi klub.

Teddy mengatakan dalam waktu dekat PT LIB akan melakukan pertemuan dengan seluruh perwakilan klub Liga 1.

Salah satu agendanya adalah rencana menggelar latihan di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Sebab, tim harus melakukan latihan persiapan untuk mengarungi kompetisi.

Namun tim-tim masih ada yang belum dapat menggelar latihan karena berada di zona merah atau Level 4.

“Teknisnya seperti apa, kita tunggu. Karena ada rencana pertemuan dengan klub-klub. Karena yang harus kita sikapi adalah saat ini masih PPKM. Sebagian tim ada yang belum berlatih. Ini mungkin yang akan kita diskusikan,” ujarnya.

Tentang rencana berlaga di zona hijau tanpa kehadiran penonton, Teddy menegaskan tidak ada masalah.

Ia memastikan skuad Maung Bandung pasti akan mengikutinya supaya kompetisi sepak bola Indonesia dapat bergulir kembali.

“Kita ikut saja dengan aturan PSSI dan LIB. Intinya kita siap main dan ingin main supaya sepak bola mulai bergulir kembali,” kata Teddy.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...