Business is booming.

Fauci Peringatkan Varian Lebih Ganas Daripada Delta

Lahirnya Varian Baru Tergantung dari Tingkat Vaksinasi

KEPALA Penasihat Medis Presiden Joe Biden sekaligus pakar penyakit menular, Dr Anthony Fauci memperingatkan lebih banyak orang Amerika Serikat harus melindungi diri mereka sendiri dengan vaksin Covid-19.

Jika tidak, virus mematikan dapat mengembangkan varian lain yang bahkan lebih bermasalah daripada jenis Delta yang sangat menular hingga memicu kasus gelombang rawat inap dan kematian,di antara warga negara yang tidak divaksinasi.

Peringatan Fauci disampaikan melalui wawancara dalam acara “Meet the Press” NBC News pada edisi Minggu, 8 Agustus 2021, malam hari waktu Amerika Serikat.

Ia menegaskan bahwa serangan Covid-19 paling parah berdampak pada orang Amerika yang tidak divaksinasi.

Artinya, vaksin tetap efektif melawan C0vid-19 dan semua variannya, termasuk Delta.
Vaksin secara efektif mampu memblokir hampir semua individu dari kasus bergejala parah yang memerlukan perawatan di rumah sakit.

“Hanya saja, jika orang yang divaksinasi mengalami kasus ringan, mereka masih dapat menularkan virus saat terinfeksi,” kata Fauci.

Penularan varian Delta telah mendorong pejabat kesehatan masyarakat untuk menerapkan kembali rekomendasi masker dalam ruangan di daerah berisiko tinggi terlepas dari status vaksinasi.

 

Update Data Covid-19 Senin (9/8/2021), angka kematian masih tinggi namun alami penurunan (covid19.go.id)

Jauh-jauh hari bahkan ketika masih mendampingi Presiden Donald Trump, Fauci sudah memperingatkan tentang virus mematikan sebelum bermutasi lagi.

Itulah alasan besar mengapa dia dan pejabat kesehatan di setiap tingkat mendesak orang Amerika Serikat untuk menutupi diri sambil mendorong vaksinasi lebih lanjut di tengah lonjakan Delta.

“Virus tidak akan bermutasi kecuali Anda mengizinkannya untuk bereplikasi,” kata Fauci kepada Chuck Todd dari NBC News.

Baca Juga:  Reisa Sebut Herd Immunity 208 Juta Vaksinasi Lengkap

“Jadi jika Anda membiarkan virus beredar bebas dan tidak mencoba dan menghentikannya, cepat atau lambat, ada kemungkinan Anda akan mendapatkan varian lain yang lebih bermasalah daripada Delta.”

Fauci mencatat bahwa vaksin Pfizer, Moderna, dan Johnson & Johnson sangat efektif” terhadap varian delta.

Tetapi jika warga masyarakat memberi virus kesempatan untuk terus berubah, ini menimbulkan ke kerentanan yang bisa melahirkan varian yang lebih buruk.

Ia mendesak warga Amerika Serikat untuk tidak hanya memikirkan kesehatan mereka sendiri tetapi juga tanggung jawab masyarakat untuk menghancurkan virus ini sebelum menjadi lebih buruk.

Di Amerika Serikat, kasus baru terus meningkat di seluruh negara bagian dan negara saat varian Delta yang sangat menular menyebar.

Pada bulan Juni, AS rata-rata sekitar 11.000 kasus baru Covid-19 per hari, terendah sejak awal pandemi.

Pada hari Sabtu, 7 Agustus 2021, Associated Press melaporkan bahwa negara itu sekarang rata-rata lebih dari 100.000 kasus baru per hari.

Enam kabupaten Massachusetts sekarang dianggap berisiko tinggi untuk penularan Covid-19 dan sebagian besar negara bagian dianggap berisiko tinggi.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...