Business is booming.

Baju Baduy yang Dikenakan Jokowi Trending dan Undang Pujian

Suku Baduy terkenal dengan adatnya yg sangat rendah hati pas untuk Jokowi

Presiden Jokowi selalu mengenakan pakaian adat saat pidato tahunan menyambut HUT Kemerdekaan.

Tahun 2021 ini Jokowi mengenakan pakaian adat baduy dan menjadi trending.

Tercatat Jokowi selalu mengenakan pakaian adat sejak tahun 2017.

Saat itu ia mengenakan pakaian adat Kalsel, tahun berikutnya Tahun 2018 : Aceh, Tahun 2019 : Bali, Tahun 2020: NTT dan Tahun 2021 : Banten (baduy).

Pidato kenegaraan Presiden Jokowi di depan sidang tahunan MPR (twitter @KemenkesRI)

Netizen banyak memuji pakaian baduy yang dikenakan Jokowi, maka saat ada yang menghinanya langsung di bully.

@namakoen3y: Suatu tersendiri buat saya pribadi dan tentunya saudara²ku yang keturunan suku Baduy, baju adat kami dikenakan oleh pa presidenBendera Indonesia Alm bapak saya asli org Baduy luar Kab.Lebak yg bermigrasi ke Jakarta. Trimakasih pa @jokowi

@Zazg2004: Presiden Jokowi memilih menggunakan pakaian adat Suku Baduy sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pada keluhuran nilai-nilai adat dan budaya Suku Baduy.

@negativisme: Apa yang salah dari pakaian Presiden Jokowi? kok ada yg ngehina sambil merendahkan suku Baduy? padahal ini bentuk apresiasi sekaligus promosi kebudayaan asli Indonesia. Sama adat dan budaya negara sendiri kok malah ngehina?

@eddy_widodo_165: Suku Baduy terkenal dengan adatnya yg sangat rendah hati, ramah, dan sangat menjaga keselarasan dengan alam. Tercermin pada pakaian adatnya yg sangat sederhana, tapi penuh dgn makna HAKIKAT. Begitu juga beliau yg rendah hati ramah dan sederhana..

@NyaiiBubu: Rasis sudah menghina suku Baduy.. Kalo mengkritik Pak Jokowi tidak ada yg larang, bukannya rasis gitu. Siapa pun itu yg jualan madu itu lebih baik dibandingkan elu yg hanya bacot rasis kayak gini

@JogjaPresiden: Pemerintah Pusat selalu mengutamakan masyarakat kecil (miskin), namun banyak daerah yang justru jadi penghambat untuk merealisasikan tapi tidak pernah mendapat sorotan selama ini! #PidatoPresiden2021 Baduy

Baca Juga:  Kantor BPOM Terbakar, Netizen Kaitkan Kebakaran Kantor Kejagung?

@txtdariCLG: Akhirnya pak presiden pake baju adat Baduy Banten Keren pak

@inyongmanise: Baduy adalah sebuah gambaran kehidupan yg jujur, sederhana (tidak serakah), setia dg adat, budaya dan leluhur serta bersahabat dg alam. Bangga dan salut dg saudara2 kita Baduy. Senang lihat Pak @jokowi kenakan pakaian Baduy.Bendera Indonesia

Dibeli Langsung dari Baduy

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat Baduy saat menghadiri sidang tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden dalam rangka HUT RI ke-76 di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2021).

Baju yang dipakai Jokowi merupakan pakaian adat Suku Baduy yang berasal dari Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Baju tersebut ternyata dibeli langsung dari Baduy. Baju diambil oleh ajudan presiden dari Kepala Desa Kanekes sekaligus Tokoh Adat Suku Baduy, Kamis (12/8/2021).

“Iya, soalnya Kamis kemarin ajudannya ke sini. Sebelumnya sudah pesan barang itu, baju, iket, golok, dan koja,” kata Saija saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Senin.

Baju tersebut diambil oleh ajudan Presiden Jokowi langsung untuk dibawa ke Jakarta dan dikenakan Jokowi hari ini.

Saija mengatakan, Jokowi membeli satu set pakaian lengkap berwarna hitam darinya. Baju tersebut diproduksi langsung secara tradisional oleh warga Baduy.

Harga yang dijual, kata Saija, dibanderol satuan untuk item baju hingga koja, atau tas yang digunakan oleh Jokowi.

“Baju harganya 200.000, lainnya juga dijual satuan dari Rp 100.000 dan Rp 200.000,” kata Saija.

Saija mewakili warga Baduy merasa bangga pakaian adatnya dikenakan oleh orang nomor satu di Indonesia.

Kata Saija, ini merupakan kado istimewa bagi warga Baduy saat hari Kemerdekaan Indonesia.

“Bangga, itu bagus, betul membuktikan bahwa RI 1 peduli ke masyarakat Baduy,” kata Saija.

Baca Juga:  Juliari Wajib Bayar Rp 14,59 Miliar Atau Hukuman Penjara Jadi 14 Tahun

Makna baju adat Baduy Saija menjelaskan, pakaian adat yang dikenakan Jokowi merupakan pakaian sehari-hari yang dikenakan oleh warga Baduy.
Pakaian tersebut memiliki makna persatuan melalui lomar atau ikat kepala yang dipakai.

Saija berharap pesan masyarakat Baduy sampai ke seluruh rakyat Indonesia melalui pakaian adat yang dikenakan oleh Jokowi.

“Harapan kami, mudah-mudahan semuanya terikat, tenteram, sejahtera, subur makmur gemah ripah loh jinawi. Soalnya ikat itu lambang, lambang supaya terikat seluruh bangsa dan negara dalam aturan undang-undang,” kata Saija.

Komentar
Loading...