Business is booming.

Kolonel (P) Hariyo Poernomo, Komandan Upacara Disalami Jokowi

Sejak Tahun 2020 Jabat Asops Danlantamal IV/Tanjungpinang

Masih ingat momen Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada Sabtu, 17 Agustus 2019, di Istana Merdeka, Jakarta.

Saat hendak meninggalkan mimbar kehormatan, Kepala Negara bersama dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla terlebih dahulu menyalami para tamu undangan yang berada di sekitar mimbar.

Presiden tampak berbincang sejenak dengan Wakil Presiden sebelum sejurus kemudian tertangkap kamera berbelok ke lapangan hijau yang berada di depan Istana Merdeka.

Ilustrasi Presiden Joko Widodo secara mengejutkan turun panggung, menyalami dan menepuk pundak Komandan Upcara Peringatan Detik-detik Proklamasi RI 17 Agustus 2019 di Istana Merdeka, Kol Laut (P) Hariyo Poernomo. (instagram Jokowi)

Saat itu, Komandan Upacara, Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo, dan para petugas upacara masih bersiap di lapangan.

Menyadari Kepala Negara yang mendekat ke arahnya, lulusan Akademi Angkatan Laut tahun 1997 tersebut bergegas memasukkan pedang di tangan kanannya ke dalam sarung pedang.

Ia kemudian memberikan hormat dan menyambut uluran jabat tangan Presiden.

Sesaat sebelum Kepala Negara berbalik menuju mimbar kehormatan, Presiden sempat menepuk lengan kiri pria kelahiran Jakarta, 31 Juli 1976, beberapa kali.

Momen tersebut mengundang tepuk tangan riuh para tamu undangan.

Presiden dan Wakil Presiden kemudian kembali menaiki mimbar kehormatan dan kembali ke dalam Istana Merdeka untuk menjalani agenda berikutnya.

Nah, 52 hari setelah disalami Jokowi, tepatnya pada 8 Oktober 2019 Kolonel Hariyo dipercaya menggantikan Kolonel Laut (P) Eko Wahjono untuk menjabat Komandan Satuan Kapal Cepat (Dansatkat) Koarmada II.

Sebelumnya dia bertugas sebagai Kepala Departemen Strategi (Kadepstra) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal).

Dan pada akhir Oktober 2020 lalu, Kolonel Laut (P) Hariyo Purnomo, M.M menjabat Asops Danlantamal IV.

Baca Juga:  Jejak Karier Irjen Pol Eko Indra Heri Kapolda Sumsel Terkait Akidi Tio

Kepala Dinas Penerangan Lantamal IV (KadispenLantamal) IV Mayor Marinir Saul Jamlaay selesai acara Sertijab mengatakan, “perlu diketahui bahwa tugas Asops Danlantamal IV adalah unsur staf yang bertugas membantu Danlantamal IV dalam merumuskan dan menyusun serta menyiapkan kebijakan Danlantamal IV dibidang operasi dan latihan,” jelasnya.

“Selain itu, tugas Asops Danlantamal IV yakni mengawasi, mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan program kegiatan operasi guna menjamin pencapaian sasaran secara efektif dan efisien”. pungkasnya.

Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo, S.E., M.M., lahir di Jakarta, 31 Juli 1976 (umur 45 tahun).

Ia adalah seorang perwira menegah TNI-AL yang Saat ini menjabat Asisten Operasi Komandan Lantamal IV/Tanjungpinang.

Sebelumnya ia menjabat Komandan Satuan Kapal Cepat Koarmada II, dan pernah juga menjabat Kepala Departemen Strategi Seskoal.

Hariyo Poernomo, merupakan alumni Akademi Angkatan Laut angkatan ke-43 tahun 1997 dan berasal dari Korps Pelaut.

Beliau terpilih menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2019.

Ia menjadi Komandan Upacara pertama dalam sejarah yang disalami langsung oleh Presiden Republik Indonesia selaku inspektur upacara usai menjalankan tugasnya.

Jejak Karier

Lulusan AAL 1997

Danlanal Tanjung Balai Karimun (2016)

Wakapusjianmar Seskoal (2019)

Kadep Strategi Seskoal (2019)

Dansatkat Koarmada II (2019—2020)

Asops Danlantamal IV/Tanjungpinang (2020—)

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...