Business is booming.

Jokowi Siap Bangun Enam Bandara, Ini Daftarnya

Total Anggaran Infrastuktur Mencapai Rp 384,8 Triliun

DALAM pidato Nota Keuangan di DPR RI pada 16 Agustus 2021, Presiden Jokowi menyampaikan rencananya pembangunan infrastruktur di tahun 2022. Salah satu proyeknya adalah pembangunan enam bandara baru.

Proyek yang disebut Jokowi terbilang baru, karena tak pernah disinggung sebelumnya.

Sebagaimana dikutip dari laman Kumparan.Com, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun telah memegang nama-nama lokasi yang bakal menjadi lokasi enam bandara baru sbb:
– Bandara Nabire Baru
– Bandara Siboru
– Bandara Mentawai Baru
– Bandara Madina
– Bandara Bolaang Mongondow
– Bandara Pahuwato

Nama-nama ini diungkap Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati kepada kumparan. Dia memastikan enam nama tersebut merupakan bandara baru yang bakal dibangun pada 2022.

Sementara Kementerian PUPR sampai saat ini belum mendapat penugasan terkait proyek bandara baru.

Penugasan pembangunan bandara utamanya akan dipegang Kementerian Perhubungan.

Adapun dana yang bakal dikucurkan Jokowi dalam pembangunan infrastruktur di 20222 mencapai Rp 384,8 triliun.

Bila dirinci, ada pembangunan rumah khusus, rumah susun, penyediaan air minum, air limbah, jaringan gas rumah tangga, jalan baru, jembatan, Tol Trans Sumatera, jalur kereta api, hingga enam bandara baru.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan, pembangunan infrastruktur menjadi satu dari enam fokus pemerintah dalam APBN 2022.

Sejumlah program infrastruktur ini utamanya terkait penguatan penyediaan pelayanan dasar; mendukung peningkatan produktivitas melalui infrastruktur konektivitas dan mobilitas.

Juga untuk menyediakan infrastruktur energi dan pangan yang terjangkau, andal, dan memperhatikan aspek lingkungan. Juga pemerataan infrastruktur dan akses teknologi informasi dan komunikasi.

Baca Juga:  Chelsea Berpeluang Dapat Tanda Tangan Erling Haaland
Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...