Business is booming.

Pernyataan Resmi Jenderal McKenzie AS Akhiri Perang 20 Tahun

Menlu Antony Blinken Memulai Babak Baru Era Diplomasi

PESAWAT Amerika Serikat yang terakhir telah lepas landas dari Bandara Hamid Karzai di Kabul bersamaan dengan kehadiran Jenderal Korps Marinir Kenneth McKenzie memberikan briefing kepada media di Pentagon.

Penerbangan itu berangkat tak lama setelah tengah malam di Kabul pada 31 Agustus, tanggal yang ditetapkan Presiden Joe Biden untuk penarikan pasukan AS.

Secara panjang lebar, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, juga memberikan pernyataan untuk menandai berakhirnya evakuasi AS dari Afghanistan.

“Sebuah babak baru telah dimulai,” begitu Blinker memulai pernyataannya. “Kami akan memimpin dengan diplomasi kami. Misi militer telah berakhir. Misi diplomatik baru telah dimulai,” katanya.

Sementara Kepala Koresponden Internasional BBC, Lyse Doucet, menuliskan kondisi terakhir di Afghanistan dalam bentuk narasi langsung. Kalimat Doucet ditulis dalam kalimat langsung sebagai orang pertama sbb:

Bahkan setelah 40 tahun perang, saya tidak berpikir orang Afghanistan telah hidup melalui transisi yang begitu tidak pasti, yang begitu diselimuti kegelapan dan yang begitu mendung dalam ketakutan. Ada ketidakpastian besar tentang apa yang ada di depan.

Ada ketidakpastian dan ketakutan bagi ribuan warga Afghanistan yang telah meninggalkan negara itu dalam beberapa hari terakhir yang akan bertanya-tanya apakah mereka akan melihat tanah air mereka lagi.

Untuk 38 juta warga Afghanistan yang tersisa di negara itu, ada ketidakpastian yang signifikan atas aturan seperti apa yang akan diterapkan oleh Taliban.

Akankah mereka mengembalikan aturan dan hukuman keras yang menjadi ciri terakhir mereka yang bertanggung jawab atas negara.

Banyak orang Afghanistan melihat pemerintahan Taliban di daerah pedesaan dan takut bahwa mereka tidak berubah, atau bahkan menjadi lebih buruk.

Ini cerita tentang masyarakat yang sangat tradisional. Perempuan dan anak perempuan memperoleh sedikit kebebasan ketika pasukan koalisi Barat mendorong pendidikan.

Baca Juga:  Netizen Sayangkan Masih Ada Warga yang #VaksinKokPilahPilih

Pecundang terbesar adalah gadis-gadis yang menjadi dewasa dalam 20 tahun terakhir yang sekarang percaya bahwa mereka tidak dapat menjalani kehidupan yang lumrah.

Besok Afghanistan akan memulai babak selanjutnya dari perang panjang ini. Perang terpanjang melawan Amerika Serikat telah berakhir, tetapi pertempuran untuk Afghanistan tentu saja belum berakhir.

Ringkasan
– Militer AS menyelesaikan penarikannya pada 31 Agustus setelah dua dekade perang, meninggalkan Taliban yang bertanggung jawab

– Jenderal Frank McKenzie yang mengawasi penarikan itu mengatakan Amerika berhasil mengevakuasi sekitar 123.000 warga sipil

– Tembakan senjata berat dilaporkan di ibu kota Afghanistan, Kabul, saat pasukan pro-Taliban merayakannya

– Jenderal McKenzie mengatakan biaya misi itu tinggi, dengan lebih dari 2.400 personel layanan AS tewas sejak 2001.

– Militer AS mengatakan sedang menyelidiki laporan bahwa serangan pesawat tak berawak dimaksudkan untuk menghentikan serangan bandara yang menewaskan warga sipil

– Sebuah keluarga yang terdiri atas 10 orang tewas dalam serangan hari Minggu, termasuk enam anak-anak, kata kerabat mereka

– Beberapa roket ditembakkan di bandara Kabul pada hari Senin

– Militan Negara Islam-Khorosan mengatakan kelompok itu berada di balik serangan itu

Komentar
Loading...