Business is booming.

Timnas Putri Menatap Piala Asia 2022 di India, Main Seri Sudah Lolos

Leg Kedua pada 27 September 2021 kontra Singapura, Leg Pertama menang 1-0

Setelah menghadapi Singapura pada leg pertama Jumat (24/9) lalu, Timnas Wanita Indonesia terus berbenah.

Pelatih Rudy Eka Priyambada pun memberikan banyak evaluasi serta bagaimana cara mengatasi Singapura di laga kedua yang akan berlangsung pada Senin (27/9).

“Waktu sesi latihan yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan yang kami lakukan ketika berada di pemusatan latihan (TC) di Indonesia. Cuaca di sini memang agak sejuk di pagi hari, namun siang dan sore hari cuacanya normal seperti di Indonesia.

“Udaranya agak sedikit kering, namun tidak mempengaruhi anak-anak berlatih dalam mempersiapkan tim selama berada di Tajikistan. Anak-anak sudah berusaha maksimal dalam latihan, semoga bisa memberikan yang terbaik pada pertandingan nanti,” ujar Rudy Eka Priyambada seperti dikutip situs resmi PSSI.

Selain melakukan sesi latihan di lapangan, ada pula sesi penguatan yang dilakukan di dalam gym, sebagai salah satu latihan tambahan untuk memperkuat fisik.

Para pemain pun dibagi menjadi beberapa pos, dimana setiap pos memiliki materi yang harus dilakukan, seperti penguatan kaki, penguatan otot perut, dan penguatan otot lengan.

“Progress para pemain sudah cukup baik, tinggal kita melihat peak performance mereka saja ketika bertanding nanti.

“Latihan beban dan penguatan dilakukan juga untuk mempersiapkan kondisi fisik mereka yang akan bermain selama 90 menit penuh.

“Ada beberapa pemain yang menjalani sesi khusus untuk memaksimalkan lagi kemampuan mereka di lapangan,” tambah pelatih fisik Gaselly Jun Panam.

Selama berada di Tajikistan, pada pemain hanya menjalani satu sesi latihan di pagi, sore atau malam hari.

Di sela-sela waktu luang, para pemain pun diminta untuk menghadiri sesi kelas selama 30 hingga 60 menit, untuk membahas strategi, memperbaiki kesalahan dan menganalisa video.

Baca Juga:  Varian Delta Covid-19 Jadi Penyebab Utama di Jakarta, Ada di 8 Provinsi

Di waktu luang lainnya, para pemain pun diizinkan untuk melakukan latihan tambahan pribadi di gym, selama tidak menganggu waktu istirahat.

Kemenangan di laga leg pertama menjadi modal yang penting bagi skuat Garuda Pertiwi untuk dapat mengamankan satu tiket ke Piala Asia Wanita 2022 yang akan berlangsung di India.

Timnas Wanita meraih poin penuh pada pertandingan perdana kontra Singapura pada laga kualifikasi Piala Asia Wanita 2022.

Bermain di Stadion Republican Central, Dushanbe pada Jumat (24/7), Garuda Pertiwi menang 1-0.

Sejak awal babak pertama Timnas Wanita sudah tampil dominan dan menguasai permainan dengan menggunakan formasi 4-3-3.

Hal itu terbukti efektif di babak pertama Ade Mustikiana dan kawan-kawan langsung mencetak angka, setelah sundulan Baiq Amiatun berhasil bersarang di gawang Singapura pada menit ke-4.

Terus memberikan tekanan skuat Garuda Pertiwi menggempur pertahanan Timnas Singapura hingga akhir babak pertama. Skor pun berakhir 0-1 untuk keunggulan Timnas Indonesia.

Pada abak kedua pelatih Rudy Eka mulai melakukan rotasi pemain.

Para pemain di bangku cadangan pun mulai diberikan kesempatan bermain, salah satunya dengan mengganti pemain tengah Nurhayati dan menambah amunisi barisan pertahanan dengan memasukan pemain bertahan Shalika Aurelia pada menit ke-46.

Daya gedor Timnas Wanita semakin menjadi di babak ini namun belum membuahkan hasil. Masuknya Firanda pada menit 67 menggantikan Baiq Amiatun juga menjadi ancaman tim Singapura.

Kecepatan dan bola crossing Firanda hampir menjebol gawang tim lawan, namun sayang berbagai peluang tak membuahkan hasil hinggal laga ditutup dengan skor akhir 0-1 untuk kemenangan Indonesia.

“Alhamdulillah pertandingan pertama atau leg pertama kita bisa menang, tetapi peru kita perbaiki lagi finishingnya karena kurang dimaksimalkan.

Baca Juga:  Greysia & Apriyani Terima Hadiah Rumah & Mobil

Pada dasarnya ada beberapa poin yang harus diperbaiki seperti momen ketika kehilangan bola dan momen ketika kita harus melakukan press kepada lawan. Fokus kita mengantisipasi counter attack dari Singapura di leg kedua nanti, ” ujar pelatih kepala Rudy Eka Priyambada.

Sementara kemenangan 3 poin menjadi hasil yang istimewa untuk pencetak gol Timnas Wanita Baiq Amiatun.

Baiq bersyukur bisa meraih kemenangan pada malam hari ini

“Alhamdulillah kita dapat tiga poin, ini semua berkat kerja keras dari tim. Semoga leg kedua nanti bisa memberikan hasil yang lebih baik lagi, ” ujar Baiq.

Timnas Wanita akan bertanding menghadapi leg kedua laga kualifikasi Piala Asia Wanita pada 27 September 2021 kontra Singapura di Stadion Republican Central, Dushanbe.

Kemenangan di laga leg pertama menjadi modal yang penting bagi skuat Garuda Pertiwi untuk dapat mengamankan satu tiket ke Piala Asia Wanita 2022 di India tahun depan.

Komentar
Loading...