Business is booming.

Citilink Klarifikasi soal Bocah Buka Pintu Darurat

Pesawat Mendarat Darurat di Bandara Palembang pada 27 September 2021 Pukul 16.05

MASKAPAI Penerbangan Citilink memberi penjelasan terkait insiden pesawat QG944 rute Jakarta-Batam yang mendarat darurat di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang pada 27 September 2021 pukul 16.05 WIB.

Pilot memutuskan mendarat darurat karena ada seorang penumpang anak-anak diduga hendak membuka pintu darurat saat pesawat sedang di udara.

VP Corporate Secretary & CSR PT Citilink Indonesia, Diah Suryani, menjelaskan, kejadian tersebut dipicu oleh penumpang anak-anak yang berada di seat row 11 dalam penerbangan QG944 melepas penutup pelindung tuas pintu darurat atau cover handle emergency exit.

Saat kejadian, penumpang anak-anak itu berada di luar pengawasan orang tuanya.
Mengetahui peristiwa tersebut, awak kabin Citilink yang bertugas melakukan tindakan sesuai prosedur dengan segera menginformasikan kejadian tersebut kepada Captain Pilot.

Selanjutnya, Captain Pilot memutuskan untuk mengalihkan (divert) penerbangan ke bandara terdekat untuk dilakukan pengecekan secara teknis kondisi pesawat dan memastikan pesawat dalam kondisi aman, guna menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan.

“Selain itu awak kabin segera meminta keterangan kepada orangtua anak tersebut. Adapun orang tua anak tersebut juga dimintai keterangan oleh otoritas yang berwenang saat mendarat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang,” kata Diah dalam keterangan tertulis kepada Kumparan, Selasa (28/9).

Diah menegaskan, operasional penerbangan Citilink tetap berjalan dengan normal dan seluruh penumpang yang berada dalam penerbangan tersebut berada dalam kondisi baik.
Pesawat selanjutnya melanjutkan penerbangan dan mendarat dengan selamat di Batam pukul 19.52 WIB.

“Dapat kami informasikan bahwa sebelum melanjutkan perjalanan ke Batam, telah dilakukan pengecekan oleh Citilink, tim teknik serta otoritas berwenang dan hasil menunjukkan bahwa pesawat dinyatakan aman untuk melanjutkan perjalanan,” tambahnya.

Baca Juga:  Profil Kaoru Mitoma, Namanya Trending Saat Timnas Jepang Satu Grup dengan Indonesia di Piala Asia 2023
Komentar
Loading...