Business is booming.

Kishida Segera Dilantik Jadi PM Jepang Gantikan Suga

Setelah Memenangkan Pemilihan Ketua Partai Demokratik Liberal (LDP)

MANTAN menteri luar negeri Fumio Kishida pada Rabu memenangkan pemilihan ketua Partai Demokratik Liberal (LDP) sehingga ia terjamin akan menjadi perdana menteri Jepang yang baru dalam beberapa hari mendatang.

Ketika menyampaikan pidato kemenangan, Kishida berjanji untuk memimpin transformasi LDP dalam pemilihan umum –yang akan berlangsung beberapa pekan mendatang.

Sebagaimana dilaporkan Antara, Kishida juga menyatakan tekad untuk terus memerangi pandemi Covid-19, yang telah menghantam perekonomian Jepang.

Kishida, yang akan menggantikan Perdana Menteri Yoshihide Suga, hampir pasti akan menjadi perdana menteri –saat sidang parlemen berlangsung pada 4 Oktober– karena LPD memiliki kursi mayoritas di dewan perwakilan rakyat.

Suga sendiri tidak mencalonkan diri lagi sebagai ketua LDP. Ia hanya menjabat satu tahun.
Kishida diperkirakan akan membentuk kabinet baru dan merombak formasi pimpinan LDP pada awal Oktober.

Dukungan publik bagi Kishida terbilang biasa-biasa saja. Citra dirinya juga dianggap kurang menarik.

Dengan faktor-faktor tersebut, kemenangannya pada Rabu dilihat sebagian kalangan bisa menjadi masalah bagi LDP dalam pemilihan umum pada 28 November.

Dalam pemungutan suara putaran kedua LDP pada Rabu, Kishida mengalahkan mantan menteri pertahanan dan luar negeri, Taro Kano.

Dua perempuan yang menjadi saingannya, Sanae Takaichi (60 tahun) dan Seiko Noda (61 tahun) tersingkir pada putaran pertama.

Baca Juga:  Kejahatan Siber Marak pada Masa Pandemi
Komentar
Loading...