Business is booming.

SIM C Trending, Netizen Mengeluh Dipersulit Saat Ujian Praktik

Simak Panduan Agar lolos Ujian SIM C dari Wahanahonda.com

Diskusi tentang ujian SIM C, apa yang ada dibenak kepala Anda tentang itu.

Suara netizen tampaknya seragam, ujian untuk memperoleh SIM C tak masuk akal.

Ada kesan ujuan syarat dapat SIM dipersulit, salah sedikit saja tak lulus.

Ujung-ujungnya netizen menduga hal itu disengaja agar peserta ujian SIM akhirnya memilih menembak atau membayar lewat jalur ilegal.

Salah satu ajakan diskusi dibagikan akun @txtdrbekasi.

Ia membagikan video berisi ujian SIM C di Indonesia dan di Taiwan.

Di Indonesia diperagakan seorang polisi yang mahir berjigjag juga melewati putaran angka 8.

Sedang di Taiwan diperagakan seorang perempuan yang melewati sebuah putaran.

“Pantes pada jago nyalip truk di Narogong,” tulis @txtdrbekasi.

Berikut Diskusi menanggapi cuitan @txtdrbekasi.
@wiraaditama10: Tes gak masuk akal blas. Di jalan raya mana ada lintasan zig zag & angka 8?
@adnvdn: My guy, kamu belum pernah ke Surabaya. Kota gede tapi jalan bolong sana-sini.

@faizallramadhan: Dan saya bangga lulus tes tanpa nembak wkwk
@AbiSaputraAulia: Jangan buat omngan isu isu gk jelas bang. Mana ad di dunia ini orang bikin SIM nembak. Kocak lu. Bikin SIM ya ngurus bawa KTP dll kenapa musti bawa senapan.

@TriWIV: Itu polisinya jelas lincah…wong dia sudah coba beberapa kali……beda dgn yg baru datang, terus langsung tes…..pembalap motoGP aja ada sesi free practice dan cek lintasan sebelum balapan beneran….
@jeztkidd: wk asli, gw kmaren nyoba, udah bilang “pak saya trial dulu ya” doi bilang “OK”. e sibangkke lngsung nyoret kertas ga lolos, ulang 2 minggu lagi.

@likalikulakii2: Ujian praktek buat SIM di negara irlandia itu ga masuk akal menurutku, dalam kondisi apa dan dimana kita putar2 kek angka 8 waktu di jalanan
@yunastedd: Disaat kampas rem dan kampas kopling berpadu untuk habis, disaat itulah skill putar angka 8 digunakan..

@isanmahendra7: Yang Indonesia fungsinya apa ya sebenarnya
@chococo_oreo: menghindari jalan berlubang, menghindari pengemudi lain yang ugal-ugalan, menghindari pemotor yg keluar dari gang langsung gas, menghindari mak-mak yang sen kiri tapi belok kanan

Diskusi ramai lainnya dibagikan akun @tubirfess
Ia menulis begini: 2beer! Tapi emang materi praktek sim C di sini lebay banget gak sih? Kaya pengendaranya bakal ngalamin scene kejar kejaran kaya geng yakuza di film aja. Mungkin emang sengaja dibuat kaya gitu untuk melanggengkan cara belakang kali ya?

@noecxrz: Emang ujian sim di wakanda susah dan gak masuk akal, kakinya ga boleh turun padahal kalo di jalan raya yang penting keselamatan bukan kaki turun apa engga, trus dulu waktu tes sim gw ga noleh waktu mau berhenti udah dinyatakan “tidak lolos”, lagian jalanan mana sih yang kayak gtu
@NurulIfayani: Samaan beluman kelar udah di bilang ga lolos trus suruh ke ruangan dan antriannya beda, aku bilang yaudah deh coba lg eh tp gaboleh katanya gabisa hr ini langsung antrian banyak.huwh, yaallah maafkan dosa ini, waktu itu ga paham

Baca Juga:  Vietnam Batu Sandungan Indonesia di SEA Games 2019, Mampukah Shin Tae-Yong Mengubahnya?

@frdazmi: Dulu pas bikin SIM C untungnya teori pake komputer jadi gak bisa dicurangin. Masalahnya pas praktek gagal, terus diminta menghadap ke ketuanya dan ditanya “Mau lulus sekarang apa 2 minggu lagi?” Alhasil ujungnya nyogok 50k juga biar dapet SIM
@dichez_: Murah bener, ko gua 100k si

@inlvdlla: Engga lebay ndeer. Soalnya di kita banyak jalan rusak. Rusak banget, sampe ga bisa dipilih. Makanya harus bisa meliuk-liuk gitu.
@Saf_rezaa: Lagi sarkas apa serius nih? Wkwk

@salestahu: Ujian praktek sim c kalo biasa bawa motor secara bener gua yakin bisa lulus. Yang jadi rahasia umum, permainannya di ujian teori. Gua setuju kalo ujian praktek sulit, karena ya namanya sim itu lisensi. Gua bilang sulit yaa, bukan dipersulit.
@acmhds: ngga semua samsat kaya gitu, dulu pernah tes praktek lancar sampe selesai masih ngga lulus ternyata footstep belakang ngga dilipet, suek bgt, mana ngulangnya nunggu 2 minggu lagi.

@nanugraha_: Udah bener uji sim di indonesia. Buat ngindarin banyak nya jalan berlubang
@dimasseyd: Uji sim di indo mah gaspol terus anti nginjek aspal, ada rambu lalin trobosss org diujiannya gada

@not_yoursssssss: tenang dengan kekuatan 600rb bisa tanpa tes kok
@greengrassczn: Hah? Mahal bgt. Disini 400rb dah paling mahal

@fantaduren: justru diadakan tes ride di track bentuk angka 8 itu utk memudahkan para pengendara motor ketika melewati jalanan yg berlubang bestie
@nicxrobn: emm berarti perlu dipertanyakan kinerja pemerintah, knp harus pengendara yg disuruh ngehindari jalan berlubang knp ga diperbaiki aja jalanan itu?

@juliejulid: Serius w benci bgt sama tes bikin sim, 6 kali tes ga dilulusin Praktek w udh oke, tes tertulisnya jga sampe hapal pertanyaan apa aja, tapi tetep ga lulus, alasannya w gatau. Pas dipakein duit pelicin baru bisa punya sim, kek astaghfirullah emang harus pake jalan setan dulu ya pak?
@rioriogo: Ini dimana dah? Harus nya kalo udah lolos tes tertulis sama tes bawa motor, udah langsung ambil foto cetak sim.

Agar Lulus Ujian SIM C

Berikut ini panduan agar lulus ujian SMI C seperti dilansir Wahanahonda.com

Cara mengurus SIM C sangat mudah, biayanyapun murah.

Baca Juga:  Momen Haru Saat Ridwan Kamil dan Bu Cinta Melepas dengan Ikhlas Eril di Sungai Aare

Jadi gak ada alasan buat kamu untuk gak segera membuat SIM C.

Jikapun ada yang susah, paling hanya antrinya aja yang sedikit panjang dan makan waktu lama.

Cobaan terberat mengurus SIM C sebenarnya ada pada ujian teori dan prakteknya.

Untuk ujian teori sih kamu bisa cari kisi – kisi soal yang udah tersebar luas di internet. Gunakan google untuk hal itu.

Yang sedikit membuat kesal itu adalah di ujian praktek.

Gak jarang orang harus mengulang karena gagal di ujian praktek.

Saya sendiri sempat mengulang untuk ujian praktek karena gagal di percobaan pertama.

Tapi jika diperhatikan lagi, sebenarnya caranya cukup mudah.

Persiapan peserta ujiannya aja yang kurang.

Oleh karenanya, kamu harus tau bagaimana cara mengendarai sepeda motor di ujian SIM C supaya langsung lolos tanpa mengulang.

1. Yang penting yakin
Satu hal yang kamu harus tau. Jika kamu udah merasa ragu untuk melalui tes ini, peluangmu untuk berhasil menciut menjadi 20%.

Semua hal diawali dari keyakinan bro. Kalo kamu aja ragu – ragu dengan kemampuanmu, siapa yang bakal bantuin kamu lulus ujian sim? Calo? Udah gak jaman bro!

Bayar calo umumnya bisa 4x lipat daripada kamu ngurus SIM sendiri. Daripada dimasukin kantong calo SIM, mending duitnya kamu tabung buat keperluanmu yang lain.

Intinya kamu harus yakin kamu bisa melaluinya. Ujian praktek SIM tuh gampang brader! Masih jauh lebih susah ujian kehidupan seorang jomblo.

2. Ketahui jenis rintangan dan teknik dasar untuk melaluinya
Ada berbagai jenis rintangan di ujian praktek SIM C.

Diantaranya yaitu Jalur Zig – Zag, Jalur Angka 8, Tes Reaksi Menghindar dan yang terakhir adalah Letter U. Tiap rintangan punya trik sendiri untuk melaluinya.

Yang jelas kamu harus terbiasa dulu dengan motor yang akan kamu pakai. Minta waktu sama polisi untuk membiasakanmu dengan motor tersebut.

Di beberapa tempat, menggunakan motor sendiri saat ujian SIM juga diperbolehkan.

Zig – zag
Cara mengendarai motor di jalur zig – zag terbilang mudah, pasalnya di jalur ini kamu hanya dituntut untuk luwes dalam melakukan manuver. Bahu dan badan yang luwes akan membantumu melewati rintangan ini. Bukaan gas yang tidak terlalu besar juga diperlukan agar motor tetap seimbang.

Jika kamu menggunakan motor bebek, gunakan gigi 2 untuk berjalan. Jangan naikkan gigi, jangan pula diturunin. Tujuanya untuk membantu menjaga kestabilan motor supaya bisa melewati rintangan.

Kalau menggunakan motor matic, buka gas perlahan dan jaga gasnya supaya stabil. Jangan terlalu kencang yang penting motor bisa jalan dan seimbang. Cara mengendarai motor matic di ujian SIM akan lebih mudah dengan pengaturan gas yang tepat.

Baca Juga:  Tangkap Penjambret, Bripka Oktavianus Yusbar Banjir Pujian dan Reward

Angka 8
Rute angka 8 selalu jadi momok di ujian SIM. Sebagian besar peserta gugur di lintasan ini. Jika sekilas kita lihat memang sepertinya susah. Apalagi ketika akan menjalaninya. Tapi rute ini malah akan jadi sangat gampang jika tau bagaimana trik untuk melakukannya.

Selain butuh keluwesan dalam melakukan manuver, kamu juga harus melakukan trik counter steering di track ini. Apa itu counter steering? Yaitu dengan memposisikan dudukmu di kiri ketika akan berbelok di kanan, dan duduk di sebelah kanan ketika berbelok di kiri. Hanya cukup geser tempat duduk dan kamu akan lebih mudah untuk melewati track ini.

Gak hanya cukup dengan itu, fokus jadi hal yang penting untuk melewati track ini. Jaga visimu untuk melihat keadaan sekitar, untuk memprediksi kemana motormu akan bergerak dan meliuk. Dengan fokus dan teknik yang benar, track ini gak ada apa – apanya bro.

Reaksi Menghindar
Ini lebih mudah daripada rute angka 8. Yang kamu lakukan adalah fokus dan tidak berkendara terlalu kencang dan lakukan pengereman kaki sembari menunggu lampu menyala. Pilih rute dimana lampu dinyalakan. Dan kamu akan lulus dengan mudah.

U turn
Rute Letter U akan sangat mudah dilalui jika kamu sudah bisa melalui track zig – zag dan angka 8. Jangan lupa lakukan kembali counter steering disaat kamu mulai menikung.

3. Latihan supaya lebih mulus
Dari sekian banyak track diatas, ada baiknya jika kamu mengawali persiapan ujian dengan latihan. Coba kamu kendalikan motormu di area yang sedikit luas seperti lapangan di dekat perumahan sekitarmu. Lakukan tips dan trik seperti yang sudah diterangkan di atas.

Dengan berlatih kamu akan membiasakan dirimu dengan rintangan yang akan kamu hadapi. Sama seperti saat mengendarai matic pertama kali. Saat terbiasa menggunakan motor bebek, kita berlatih menggunakan motor matic dengan tujuan bisa mengendarainya, mahir mengendarainya, tau cara mengendarai motor matic di turunan maupun tanjakan dan hal lain menyangkut mengendarai matic.

4. Berdoa gak boleh ketinggalan
Hal yang gak boleh kamu lupakan nih bro. Dalam segala kegiatan, kamu wajib berdoa supaya hasilnya bagus. Begitu juga dengan ujian SIM. Dengan bantuan doa, apapun bisa terjadi. Berhasilnya ujian SIM yang kamu lalui ini juga bisa jadi karena doa. Makanya kamu harus terus mencoba dan jangan lupa untuk berdoa.

Komentar
Loading...