Business is booming.

Stasiun Cirebon Trending, Ternyata Sedang Ada Kuis dari PT KAI

@bekaskecap: kirain ada kejadian apaan di stasiun cirebon..

Stasiun langsung memuncaki trending topic hari ini.

Salah satu sebabnya karena kuis yang diadakan akun resmi PT Kerata Api Indonesia, @KAI121.

Dalam kuisnya, @KAI121 meminta netizen menebak gambar dengan tanda-tanda.

Aku adalah Stasiun Besar di Wilayah Daerah Operasi 3, aku berada di ketinggian 4 meter di atas permukaan laut.

Aku dirancang oleh Pieter Jacobus Moojen dan diresmikan 3 Juni 1912. Aku menjadi Stasiun perhentian banyak kereta api. Stasiun apakah itu?

Ada pun cuitan kuis yang dibikin @KAI121 adalah sebagai berikut.

Happy weekend, #SahabatKAI. Railmin punya koleksi suvenir eksklusif baru nih, yg mau dibagikan ke kalian, buat kuis minggu ini. Jawab pertanyaan sesuai aturan mainnya. Nanti, 5 (lima) orang beruntung akan mendapat Goody Bag. Sudah siap!? Mulai! #KAIQuiz
#NaikKeretaLagi #KAI121

Dan jawaban netizen pun seragam, yakni Stasiun Cirebon yang menjadi trending.

Berikut cuitan sejumlah netizen tentang Stasiun Cirebon

@cahmondol: Stasiun Cirebon Kejaksaan

@rjleysaid: Stasiun Kejaksan Cirebon minnnnnnnn

@swenov25: Stasiun Cirebon (CN) #KAIQuiz #NaikKeretaLagi Ayo gas gas siapa tau rejeki

@_Agis1508: Stasiun Cirebon Kejaksan #KAIQuiz #NaikKeretaLagi Ayokk

@mrym_nyam: Gasskeun follow @KAI121 dan ikuti kuisnyaa, Biar bisa Trip Bareng
C. Tian Andi Sucahyo

@cornel91: Stasiun Cirebon (CN) atau biasa disebut Stasiun Kejaksan #KAIQuiz #NaikKeretaLagi yuk ikutan kuisnya dan follow FB, Twitter atau IG KAI

@bekaskecap: kirain ada kejadian apaan di stasiun cirebon..

@Hermans1115: Stasiun cirebon lumayan bisa sebat

@MCholidi89: Stasiun Cirebon Baru kemarin sy kesana

@tiwularas: Stasiun Cirebon, pertama kali nginjekin kaki di Cirebon karena dapet tugas buat magang di RSUD Gunung Jati Cirebon wkwkwk kangen

Baca Juga:  Hasil Lengkap Liga Champions, Liverpool Sapu Bersih Kemenangan

Tentang Stasiun Cirebon

Menurut Wikipedia, Stasiun Cirebon (CN), juga dikenal sebagai Stasiun Kejaksan adalah stasiun kereta api kelas besar tipe A yang terletak di kelurahan Kebonbaru, kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat pada ketinggian +4 m.

Stasiun Cirebon merupakan stasiun utama wilayah Ciayumajakuning di provinsi Jawa Barat dalam pengelolaan Kereta Api Indonesia Daerah Operasi III Cirebon.

Stasiun Cirebon menjadi penghubung utama antara jalur kereta api lintas utara, lintas selatan dan lintas tengah pulau Jawa bagi kereta api antarkota kelas eksekutif, campuran dan sebagian ekonomi yang melewati wilayah kota Cirebon.

Untuk sebagian besar layanan kereta api kelas ekonomi dan sebagian kecil kelas campuran (seperti Bogowonto, Bangunkarta, dan Dharmawangsa) dilayani di Stasiun Cirebon Prujakan.

Staatsspoorwegen (SS) mulai menanamkan pengaruhnya di Cirebon sejak akhir dasawarsa 1900-an.

Jalur yang telah ada di Cikampek kemudian diperpanjang untuk menjaring pelanggan di Cirebon. Pada tanggal 3 Juni 1912, jalur kereta api Cikampek menuju Cirebon selesai dibangun serta merupakan bagian dari pembangunan jalur kereta api menuju Purwokerto dan Kroya.

Jalur yang ke Cirebon difungsikan untuk menghubungkan jalur SS dengan jalur Semarang–Cheribon Stoomtram Maatschappij (SCS).

Pada tanggal 1 November 1914, kedua stasiun tersebut berhasil terhubung.

Bangunan stasiun ini dirancang oleh Pieter Adriaan Jacobus Moojen (1879–1955) dengan mencampurkan gaya arsitektur art nouveau dengan art deco.

Dua menara bertuliskan “Cirebon” dahulu terdapat tulisan “kaartjes” (karcis) di sebelah kiri dan “bagage” (bagasi) di sebelah kanan.

Pada tahun 1984, gedung stasiun ini diberi cat putih.

Stasiun Cirebon memiliki enam jalur kereta api ditambah satu jalur yang terhubung dengan depo lokomotif dan depo kereta yang terletak di sisi timur laut kompleks stasiun.

Baca Juga:  Profil Kombes Pol Erdi Chaniago, Masih Jubir Polda untuk Kasus HBS

Pada awalnya, jalur 2 merupakan sepur lurus arah Cikampek–Jakarta maupun arah Tegal, sedangkan jalur 3 merupakan sepur lurus percabangan dari dan ke arah Prupuk-Kroya.

Setelah jalur ganda menuju Stasiun Haurgeulis beroperasi pada 2003, jalur 3 juga dijadikan sebagai sepur lurus jalur ganda dari arah Cikampek–Jakarta.

Pada tahun 2011, stasiun ini dilakukan renovasi dengan meninggikan peron stasiun serta merombak tata letak jalur dan fasilitas yang ada.

Selain itu, tempat percabangan jalur menuju Purwokerto–Kroya dipindah ke Stasiun Cirebon Prujakan—percabangan tetap dikendalikan di Stasiun Cirebon.

Jalur 2 sepenuhnya dijadikan sebagai sepur lurus untuk arah Cikampek–Jakarta, sedangkan jalur 3 sepenuhnya dijadikan sebagai sepur lurus untuk arah Tegal ataupun Prupuk–Kroya.

Selain itu, lintasan jalur rel di antara kedua stasiun ini dijadikan sebagai jalur tunggal ganda atau sepur kembar.

Sistem persinyalan elektrik yang lama telah diganti dengan persinyalan baru produksi GRS.

Untuk menghubungkan jalur-jalur di stasiun ini disediakan terowongan bawah tanah sehingga penumpang tidak harus langsung menyeberang rel kereta api untuk mencapai jalur yang dituju.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...