Business is booming.

Trending Rp 27 Triliun, Berita SBY Resmikan Kawasan Wisata Mandalika 2011 Muncul Lagi, Ada Apa?

Netizen: Jokowi dikritik lantaran dana 2,5 Triliun untuk Mandalika, Rp 27 Triliun zaman SBY untuk apa?

Rp 27 Triliun trending. Uang sebanyak itu diduga merupakan dana untuk pembangunan Proyek Wisata Mandalika.

Ada pun angka tersebut muncul setelah gelaran MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika rampung dan dianggap sukses.

Sebelumnya sejumlah orang mengkritik hajatan Mandalika yang dianggap pemborosan karena menghabiskan dana Rp 2,5 triliun.

Nah berita lama Era SBY yang meresmikan Kawasan Wisata Mandalika senilai Rp 27 Triliun seolah menjadi pengimbang atas kritik tersebut.

Screenshot SBY meresmikan Kawasan Wisata Mandalika senilai Rp 27 Triliun muncul tahun 2011.

Berita tersebut ditayangkan Viva.co.id.

Namun tahun 2017, presiden Jokowi menyentil bahwa proyek Mandalika belum rampung setelah 29 tahun.

Ia  bersyukur akhirnya bisa menyelesaikan mega proyek tersebut.

Pernyataan Jokowi sempat menuai kritik pada pendukung SBY, khususnya para petinggi Partai Demokrat.

Sebab proyek tersebut dibuat SBY tahun 2011, sehingga jika kritikan tahun 2017, berarti baru 6 tahun. Darimana angka 29 tahun?

Presiden SBY saat memunculkan kembali dirinya saat meresmikan kawasan Wisata Mandalika tahun 2017. Foto tahun 2011 itu ia munculkan kembali terkait tuduhan proyek Mandalika Mangkrak 29 tahun. (facebook Susilo Bambang Yudhoyono)

Belakangan diketahui angka 29 tahun sejak proyek tersebut dicanangkan Presiden Soeharto.

Kini titik perdebatan pada jumlah dana untuk proyek wisata Mandalika versus dana penyelenggaraan MotoGP di Mandalika.

Berikut cuitan sejumlah netizen terkait Rp 27 triliun.

@Rakyat_Recehan: Kmrn Jokowi dikritik lantaran dana 2,5 Triliun untk project MotoGP di sirkuit Mandalika. Padahal, ini SBY dl garap mandalika 27 Triliun g jd apa²..? duitnya pd k mana..?

@SvasDe: Dulu itu Cuma Peresmian ngabisin 27 T ? Gilaaaa bener

Baca Juga:  WhatsApp Down Pada Kamis Dini Hari, Trending Topic di Twitter, Jadi Bahan Candaan

@GRANDFATHER_71: Kamu & bani Kadrun kritik Jokowi lantaran dana 2,5 T untk project MotoGP di sirkuit Mandalika & kini masyarakat setempat menikmati hasilnya.  Padahal,ini SBY dulu garap wisata mandalika 27 T,jadi apa,duitnya pada kemana tu.! Yg membiayai kita juga lo.. Hayoo siapa yg NGROGOTI

@BengkeltanahONE: YG PENTING RESMI Masalah mangkrak itu urusan nanti …wuenak tenan 27 T

@BinsarNixon__:27 T setara dengan Beasiswa 2000 Ribu lebih Mahasiswa

@ak03l: Skrinsut beritanya ada di bawah, 27 T utk 10 th. Regulasinya berupa UU keluar th 2009, PP keluar th 2014. Yg mengelola PT. PPI/ITDC (Persero). 10 tahun dr 2014 sampai kpn? SBY Oktober 2014 sdh tdk jd presiden. Silakan dipahami dulu, biar tdk berburuk sangka.

@AnakLolina2: Proyek Mandalika ini sudah di gagas sejak 34 tahun yang lalu tp tidak perna kelar masalahnya krn terkendala payung hukum pembebasan lahan. Era Jokowi baru semua berjalan lancar termasuk pembebasan lahan. Lha duit sebanyak 27 T era SBY untuk apa, ada yg tau?

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyebut Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika tidak selesai dalam 29 tahun.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam video blog-nya usai meresmikan KEK Mandalika pada Sabtu (21/10/2017).

“Saya senang sekali ini adalah kawasan yang 29 tahun belum selesai-selesai. Dan hari ini sudah selesai,” kata Jokowi dalam vlog yang kini menjadi trending di YouTube.

Belakangan, klaim Jokowi tersebut menuai pertanyaan. Sebab, Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan groundbreaking proyek itu saat menjabat Presiden keenam pada 2011.

Protes pun muncul di media sosial. Salah satunya datang dari Juru Bicara Partai Demokrat Rachland Nashidik lewat akun Twitternya, @RachlanNashidik.

“Groundbreaking pembangunan Mandalika dilakukan Presiden SBY pada 2011. Jangka waktu pembangunan sepuluh tahun (2021). 29 tahun dari mana?” tulis Rachland.

Baca Juga:  Toket Trending karena Rektor Ibnu Chaldun Musni Umar Salah Ketik Tiket jadi Toket?

Berita SBY saat meresmikan groundbreaking Kawasan Mandalika enam tahun lalu pun kembali ramai dibagikan di dunia maya.

“Kebiasaan menghapus jejak pendahulu. Lupa ngecek jejak digital. Padahal buzzer cebong dah berbusa2 ngapusi publik,” tulis @panca66 sambil membagikan link berita SBY meresmikan kawasan Mandalika.

Bahkan belakangan, SBY sendiri membagikan foto ia tengah meresmikan proyek Mandalika pada 2011 lewat akun Facebook.

Total, ada 13 foto yang dibagikan. “SBY didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II dan Gubernur NTB, M Zainul Majdi, Jumat tanggal 21 Oktober 2011 melakukan seremoni peletakan batu pertama pembangunan kawasan wisata Mandalika Resort, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB),” demikian keterangan yang tertulis bersama foto tersebut.

Dijelaskan juga bahwa kawasan wisata ini dibangun di atas lahan seluas 1.175 hektar dan menelan biaya hampir Rp. 30 Triliun.

Kawasan wisata ini tercakup dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi (MP3EI). Unggahan SBY itu mendapatkan komentar positif dari para followers-nya.

“Jadi lucu membaca berita sejak kemarin pak ….29 tahun mangkrak ..nanti di zaman now baru peresmian …jihihii lucu ya pak SBY , ada yang modal ngaku ngaku kerjaannya pemerintahan zaman now …Sehat selalu ya pak ..,” tulis Nurul Iman Putri Utami.

“Klarifikasi pembangunan yg sangat membuat saya merasa terharu, betapa pak SBY yg berjasa banyak, tapi tak bicara banyak, dan tak begitu diketahui khalayak banyak, kini mengungkap hasil karya yg banyak, tapi orang lainlah yg bersuara banyak, dan dianggap bekerja banyak akibat pencitraanya yg kelewat banyak…. Terima kasih pak SBY atas jasa dan pengabdianmu yg tak terhitung banyaknya!” tulis Agus Hermawan Suwito.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono mengatakan, Jokowi menyebut angka 29 tahun memang bukan mengacu pada waktu peresmian groundbreaking oleh SBY.

Baca Juga:  Survei Liga Champions, MU Lebih Diunggulkan MU 50,3 % PSG 49,7 %

“Itu di-groundbreaking memang 2011. Tapi itu kan menjadi kawasan wisata sudah lama,” kata Basuki kepada Kompas.com, Rabu (25/10/2017).

Menurut Basuki, Mandalika direncanakan menjadi kawasan wisata pada era Presiden Soeharto pada 1988, tepat 29 tahun yang lalu.

“Maksudnya beliau 29 tahun bukan berdasarkan groundbreaking. Idenya pembangunan kawasan itu sudah dari 29 tahun lalu,” kata Basuki.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...