Business is booming.

MUI Bekasi Trending, Pandji Pragiwaksono Tolak Warung Tutup karena Bagian dari Cobaan?

@SahabatSaber: Puasa itu gimana niat kita. Kenapa cemen lihat warung makan buka ??

MUI Bekasi trending. Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Bekasi itu trending karena membuat hinbauan pelaku usaha tutup saat bulan puasa.

Ada pun berita tersebut dimuat CNNIndonesia berasal dari Kantor Berita Antara.

Berita yang dimuat CNN Indonesia berjudul MUI Bekasi Minta Warung Makan Tutup Siang Hari saat Ramadan.

Sementara berita yang dimuat Antaranews MUI Bekasi minta pelaku usaha hormati Bulan Suci Ramadhan.

Tampaknya judul berita CNNIndonesia memang lebih fokus dan menarik.

Terutama terkait nasib warung makan yang dimana Antara hanya menyebutnya pelaku usaha.

Buktinya nasib warung makanlah yang dibahas netizen dalam trending MUI Bekasi.

Buktinya akun sekelas Komika Pandji Pragiwaksono ikut terpancing mengomentari berita CNNIndonesia lewat akun @pandji

“Jangan mau guys, kalau semua tempat makan pada tutup, mana cobaan kita? Puasa macam apa yg lempeng2 aja?  Beri kita cobaan krn kita ingin pahalaaaaaaaa!”

Berikut cuitan sejumlah netizen lain tentang MUI Bekasi.

@SahabatSaber: Puasa itu gimana niat kita. Kenapa cemen lihat warung makan buka ??

@Parlan_99: MUI Bekasi ketularan kayak FPI

@freedomm_88: MUI Bekasi buka warung makan=mencari nafkah=gk berdosa. yg berdosa tu yg “dateng ke warung makan utk batalin kewajiban puasa ramadhan tanpa ada sebab” warung makan buka pas siang ramadhan tu hanya sebatas “cobaan bgi yg beriman”

@PejuangIslam06: Oh Netizen Sibuk Menyalahkan MUI Bekasi, zaman udah edaaaan. menghimbau apa yg benar di caci

@ahmad_syroni: Diminta tutupnya kan cuma siang, beberapa jam doang, sore udah bisa buka buat yg ingin berbuka puasa, teruuus sampe sahur kalau mau.. hormati orang yg berpuasa insya Allah berkah usahanya.. MUI Bekasi keren!

@gorengan_27: Emang MUI Bekasi mau kasih THR unt karyawan warung di suruh tutup? buat masalah kok gak ada solusinya

Baca Juga:  Profil Johnny G Plate, Terseret Kasus Gugaan Korupsi dengan Kerugian Rp 8 Triliun

@fajri_nurifan: Perlu ke Surabaya itu MUI Bekasi, di Surabaya puasa warung tetap buka, perkara orang Islam tdk puasa serahkan sama yg di atas,krn besok masuk neraka atau surga MUI juga tdk bisa bantu

Himbauan MUI Bekasi

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat meminta para pelaku usaha menghormati Bulan Ramadhan agar Umat Muslim, khususnya di daerah itu, dapat menjalani ibadah dengan khusyuk di bulan suci tiba.

Sekretaris Umum MUI Kabupaten Bekasi KH Muhhidin Kamal di Cikarang, Jumat mengatakan pelaku usaha yang dimaksud, antara lain pemilik usaha kuliner, seperti restoran, kafe, rumah makan, warung kopi dan sejenisnya.

“Saya mengimbau kepada pemilik usaha kuliner agar menghormati Bulan Suci Ramadhan dengan menutup tempat usaha pada siang hari selama Ramadhan,” katanya.

Kemudian bagi para pengelola dan pengusaha tempat hiburan malam, dia juga meminta agar menutup sementara aktivitas usahanya selama Bulan Ramadhan 1443 Hijriah.

Pihaknya juga menyerukan Umat Islam agar tetap menerapkan protokol kesehatan selama menjalankan ibadah di Bulan Suci Ramadhan mengingat pandemi COVID-19 belum berakhir.

“Tentu kita semua tidak menginginkan ada kasus ataupun klaster baru penularan virus corona di tempat ibadah saat Bulan Ramadhan nanti,” katanya.

Muhiddin menyambut baik kebijakan pemerintah yang disampaikan Menko PMK Muhadjir Effendy terkait diperbolehkannya ibadah shalat tarawih berjamaah di luar rumah selama Ramadhan tahun ini.

Mengacu hasil kesepakatan MUI Kabupaten Bekasi berkaitan kebijakan tersebut, Muhiddin meminta jamaah shalat tarawih di wilayahnya untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, salah satunya dengan memakai masker saat shalat.

“Kemudian juga agar melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh, mendirikan shalat wajib, mengeluarkan zakat fitrah dan mal, menyalurkan sesuai syar’i, membaca Al Quran (tadarus), berinfak dan sedekah serta menunaikan ibadah-ibadah lain,” katanya seperti dilansir Antara.

Dia juga mengimbau pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan mushalla agar melakukan syiar di malam Hari Raya Idul Fitri dengan takbir, tahmid dan tahlil di dalam masjid atau mushalla masing-masing, tanpa arak-arakan, demi mencegah kerumunan.

Baca Juga:  Pertalite Trending, PKS Tolak Pertalite Dihapus Demi Program Makan Siang Gratis

“Ramadhan juga momentum meningkatkan persatuan dan kesatuan serta kebersamaan, khususnya saat penentuan awal Ramadhan dan Syawal dengan mengikuti ketetapan pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia,” kata dia.

Kapan Ramadhan 2022 Dimulai

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) belum menetapkan kapan 1 Ramadhan 1443 Hujriah.

Sementara Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah menetapkan awal puasa Ramadhan 1443 H.

Menurut Muhammadiyah, 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada Sabtu, 2 April 2022.

Dengan awal puasa Ramadhan 1443 H jatuh pada Sabtu, 2 April 2022, maka salat tarawih perdana akan dilaksanakan pada Jumat, 1 April 2022 malam.

Penetapan awal puasa oleh Muhammadiyah tertuang dalam Maklumat PP Muhammadiyah nomor 01/MLM/I.0/E/2022.

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat dalam menentukan awal puasa Ramadhan 2022.

Merujuk pada penentuan 1 Ramadhan pada 2021, sidang isbat dilakukan sehari jelang puasa Ramadhan atau pada hari terakhir bulan Sya’ban.

Dari sidang tersebut, Kemenag bersama sejumlah pihak akan memutuskan kapan awal Ramadhan 1443 H/2022 dimulai.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...