Business is booming.

TKA China Berseragam Militer Akhirnya Dipulangkan, Klaim Hanya Iseng

Pemulangan Wang dilakukan dari Bandara Sultan Iskandar Muda ke Bandara Soetta dulu

Tenaga Kerja Asing (TKA) China berseragam militer akhirnya dipulangkan ke negaranya.

TKA yang bekerja di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya, Provinsi Aceh itu, bukan seorang tentara.

Meski demikian video dirinya berseragam tentara  menjadi viral.

Ada pun motif TKA bernama  Wang Yunzhou (40 tahun) itu mengenakan seraham militer negaranya hanya iseng semata.

Namun isu tentara China masuk Indonesia kerap terdengar meski faktanya tak pernah terbuktikan.

Menurut Kepala Kantor Imigrasi Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi Kelas II Meulaboh, Aceh Barat, Azhar, TKA China yang sempat menghebohkan itu dipulangkan ke negara asalnya di China, Rabu (20/4/2022).

“Pemulangan TKA ini difasilitasi langsung oleh pihak perusahaan,” kata ujarr Azhar seperti dikutip Antara.

Ia menjelaskan, pemulangan Wang Yunzhou tersebut dilakukan pihak perusahaan karena tindakannya memakai seragam ala tentara, telah membuat kegaduhan di masyarakat.

Proses pemulangan TKA tersebut, kata Azhar, dilakukan dari Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, menuju Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Provinsi Banten.

Kemudian diteruskan ke negara terkait.

Azhar juga menjelaskan, TKA bernama Wang Yunzhou merupakan seorang teknisi atau tenaga ahli di perusahaan induk PT Tianjin di China.

Ia datang ke Indonesia untuk melakukan pemeriksaan atau penilaian hasil di lokasi proyek pembangunan PLTU 3-4 Nagan Raya, Provinsi Aceh.

“Jadi, pria tersebut baru beberapa hari berada di Aceh, dan kini sedang proses pemulangan ke negara asalnya di China,” kata Azhar.

Ia juga menambahkan, motif TKA tersebut mengenakan seragam ala militer karena hanya iseng.

Dalam keterangannya kepada petugas, Wang Yunzhou memakai seragam ala militer tersebut karena melihat anggota pengamanan di lokasi proyek PLTU 3-4 Nagan Raya dari TNI berpakaian militer/loreng.

Sehingga kemudian ia mengenakan pakaian tersebut untuk diperlihatkan kepada temannya, lalu kemudian perbuatannya tersebut direkam oleh seorang temannya menggunakan kamera telepon selular, dan kemudian viral di media sosial.

Baca Juga:  Profil Bogor LaVani, Pak SBY, dan Daftar Juara Proliga Sejak 2002-2022

“Jadi, pelaku ini hanya iseng mengenakan pakaian ala militer. Menurut pengakuan pelaku, seragam ala militer tersebut banyak dipakai oleh pekerja kasar di China dan bebas diperjualbelikan di China,” kata Azhar menuturkan.

Komentar
Loading...