Business is booming.

Catat, One Way Arus Balik Mudik Akan Diberlakukan Jumat (6/5/2022) Siang

Masyarakat agar menggunakan rute alternatif dan tidak menunggu selesainya one way

Setelah arus mudik, polri kini bersiap-siap mengawal arus balik mudik.

Puncak arus balik mudik diprediksi pada hari Jumat (6/5/2022) hingga Minggu (8/6/2022).

Pemerintah menghimbau pemudik untuk kembali dari kampung halaman lebih awal.

Atau kalau cutinya bisa diperpanjang, sebaiknya pulang setelah tanggal 8 Mei.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Presetyo menyatakan berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan dan pemangku kepentingan lainnya menyiapkan tujuh cara mencegah kepadatan arus lalu lintas saat arus balik Lebaran 2022.

Tujuh cara mencegah kepadatan tersebut, di antaranya sistem sau arah (one way), manajemen sistem di rest area (RAMS) hingga menyiapkan rute alternatif.

“Pertama, penerapan rekayasa lalu lintas berupa sistem satu arah atau one way mulai KM 414 atau Gerbang Tol Kalikangkung sampai dengan KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama,” kata Dedi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dedi menjelaskan jika volume kendaraan sangat padat menuju Jakarta, maka sejak hari Jumat (6/5) pukul 14.00 sampai 24.00 WIB akan diberlakukan one way dimulai GT Kalikangkung KM 414-Tol Cikampek KM 47 diteruskan dengan”contraflow sampai dengan KM 28,5.

Menurut ia, rekayasa lalu lintas ini berlaku dan bersifat situasional pada puncak arus yang diprediksi pada hari Sabtu (7/5) dan Minggu (8/5).

Baca Juga:  Hari Ini Tim Khusus Polri Akan Ekspose Kasus Kematian Brigadir J dan Jumlah Tersangka

“Langkah kedua, Polri, Kemenhub, dan stakeholders terkait terus-menerus menyosialisasikan rute alternatif menuju Bandung dari Jakarta saat penerapan one way’” ujar Dedi.

Jalur alternatif tersebut, yakni Jagorawi-Puncak–Cisarua–Cipanas–Cianjur–Sukaluyu–Cipatat–Padalarang–Bandung atau jalur alternatif

Pemudik bisa melintasi jalur alternatif Jagorawi–Cibubur–Cileungsi–Jonggol–Cianjur–Padalarang–Bandung atau Kalimalang–Kedung Waringin–Karawang–Purwakarta–Wanayasa–Lembang–Bandung.

Bisa juga jalur alternatif Kalimalang–Kedung Waringin–Karawang–Purwakarta–Sukatani–Darangdan–Cikalong–Padalarang–Bandung atau Jagorawi–Sukabumi–Cianjur–Padalarang–Bandung.

“Mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan rute alternatif dan tidak menunggu selesainya one way saat masuk gerbang tol sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan,” imbau Dedi soal poin ketiga langkah antisipasi kemacetan arus balik Lebaran 2022.

Langkah keempat, lanjut Dedi, Polri dengan stakeholders terkait melakukan implementasi manajemen tempat istirahat yakni “Rest Area Management System” (RAMS) untuk menginformasikan kapasitas parkir kepada pengendara.

“Kelima, menghimbau masyarakat tidak berhenti di bahu jalan jika tidak dapat beristirahat di ‘rest area’. Diharapkan dapat memanfaatkan ‘rest area’ yang berada di kota terdekat dengan keluar terlebih dahulu di gerbang tol terdekat,” ujarnya.

Mantan Kapolda Kalimantan Tengah itu menjelaskan langkah antisipatif keenam ialah soal jaminan ketersediaan bahan bakar minyak, bengkel, dan fasilitas lainnya untuk membantu masyarakat ketika kendaraannya mengalami kendala.

“Memastikan ketersediaan BBM, BBM modular atau pertashop, BBM Motorist, bengkel motorist, layanan top up, posko layanan, dan pasokan listrik,” katanya.

Terakhir, Dedi menyampaikan langkah pencegahan kemacetan saat arus balik ialah dengan meminimalisir hambatan di rute alternatif sehingga kapasitas jalan bisa digunakan optimal oleh volume kendaraan yang dialihkan ke ruas-ruas jalan alternatif.

Pemerintah bersama unsur terkait telah menyiapkan upaya antisipasi lonjakan pergerakan kendaraan dan penumpang angkutan penyeberangan dari Sumatera ke Jawa.

Upaya ini diharapkan dapat mengendalikan pergerakan arus balik lebaran tahun ini.

Pelabuhan Tambahan

Untuk memastikan kesiapan penanganan arus balik, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau Pelabuhan Panjang di Lampung dan Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni.

Baca Juga:  Sean Gelael Trending Gara-Gara Cuitan Youtuber yang Bikin Ia Marah

Ia didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Kakorlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi, dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, pada Rabu (4/5),

Pemerintah menyiapkan Pelabuhan Panjang di Lampung untuk menampung khusus kendaraan logistik dan penumpang, menuju ke Pelabuhan Ciwandan, Banten pada arus balik.

Diharapkan, upaya ini dapat melancarkan pergerakan kendaraan (bus, mobil, sepeda motor) dan penumpang dari Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni menuju ke Merak.

Menko Muhadjir mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi arus mudik, perlu ada alternatif pelabuhan tambahan di luar Bakauheni untuk memperlancar arus pergerakan kendaraan.

“Upaya ini dilakukan agar masyarakat yang kembali menyeberang dari Sumatera ke Jawa dapat terlayani dengan lebih baik,” ujarnya seperti dilansir Situs Kemenhub.

Pada kesempatan yang sama, Menhub menjelaskan, di Pelabuhan Panjang akan disiapkan sebanyak 8 (delapan) kapal besar. “Kendaraan besar seperti truk logistik akan dialihkan ke sini,” jelasnya.

Sementara, Menteri Erick Thohir mengungkapkan, akan mendukung kelancaran arus balik dengan memaksimalkan pelabuhan dan kapal yang ada di bawah pengelolaan operator transportasi BUMN.

Kakorlantas Firman mengatakan, pihaknya akan mengerahkan personil untuk mengarahkan kendaraan besar ke Pelabuhan Panjang dan kendaraan kecil ke Pelabuhan Bakauheni.

Selanjutnya, Gubernur Arinal menyampaikan terima kasih atas upaya yang dilakukan pemerintah dalam rangka melayani masyarakat pada arus balik.

“Ini merupakan wujud dari negara hadir untuk melancarkan penyeberangan pada arus balik,” tuturnya.

Rencana One Way Arus Balik Mudik

– Jumat 6 Mei 2022

Mulai pukul 14.00 WIB sampai 24.00 WIB dari Gerbang Tol Kalikangkung Km 414 sampai Km 47 Tol Cikampek, diteruskan cara bertindak contraflow sampai dengan Km 28.500.

– Sabtu 7 Mei 2022

Mulai pukul 07.00 WIB sampai 24.00 WIB dari Gerbang Tol Kalikangkung Km 414 sampai Km 3.500 Gerbang Tol Halim.

Baca Juga:  KPK dan Kejagung Kompak Usut Dugaan Korupsi di Pertamina

– Minggu 8 Mei 2022

Mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan hari Senin, 9 Mei 2022 pukul 03.00 WIB dari Gerbang Tol Kalikangkung Km 414 sampai Km 3.500 Gerbang Tol Halim.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...