Business is booming.

Kebijakan Contraflow dan One Way Arus Balik Mudik Mulai Diberlakukan Pagi Ini

Polda Metro siapkan rekayasa lalu lintas di Tol JORR dan Tol Layang MBZ.

Puncak arus balik mudik diprediksi mulai Jumat (6/5/2022) hari ini. Kebijakan contraflow dan one way mulai diberlakukan.

Berdasarkan informasi dari akun twitter @PTJASAMARGA pukul 06.40 WIB, contraflow diberlakukan

Mulai tol Cikampek Utama KM 70 hingga Karawang Barat KM 47. Lajur kanan contraflow khusus kendaraan golongan 1 Arah Jakarta.

Sementara one way diberlakukan mulai tol Palimanan KM 188 – Cikopo KM 72.

Jalur Satu Arah (one way) khusus kendaraan kecil golongan satu arah Jakarta.

Berikut pemberitahuan PT Jasa Marga melalui cuitannya

@PTJASAMARGA: 06.04 WIB #Tol_Japek Cikampek Utama KM 70 – Karawang Barat KM 47 DIBERLAKUKAN LAJUR CONTRAFLOW/kanan (khusus kendaraan kecil Gol 1 arah Jakarta), agar tertib di antrian.

@PTJASAMARGA: 06.04 WIB #Tol_Japek HATI-HATI di Karawang Barat KM 47 – Cikampek Utama KM 70, ada rambu Contraflow di lajur kanan.

@PTJASAMARGA: Palimanan KM 188 – Cikopo KM 72 DIBERLAKUKAN SATU ARAH (ONE WAY). Jalur Satu Arah (ONE WAY) Khusus Kendaraan kecil Golongan Satu arah Jakarta.

@PTJASAMARGA: Lalu Lintas arah Timur DIALIHKAN Keluar GT Karawang Timur, GT Cikampek/Cikopo/Sadang via Pantura kemudian melalui Jalan arteri, untuk masuk kembali melalui GT Palimanan 3.

Tol JORR dan Tol Layang MBZ

Sementara itu Polda Metro Jaya telah menyiapkan sejumlah kebijakan dalam mengantisipasi kepadatan kendaraan saat arus balik ke Jakarta.

Baca Juga:  AC Milan Dipermalukan Spezia 2-0, Stefano Pioli Pilih Konsetrasi untuk Jungkir Balikkan Inter Milan di Liga Champions

Rekayasa lalu lintas bakal diterapkan di Tol JORR dan Tol Layang MBZ.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E Zulpan mengatakan, salah satu rekayasa lalu lintas yang pihaknya siapkan berada di Tol JORR.

Rekayasa lalu lintas ini akan diterapkan jika terjadi kepadatan kendaraan arus balik di Gerbang Tol Halim Utama.

“Apabila terjadi kepadatan di GT Halim Utama, maka arus balik pada jalur tol bawah Cikampek-Jakarta dikeluarkan ke arah Cikunir melalui Tol JORR,” kata Zulpan, Kamis (5/5/2022).

Rekayasa lalu lintas juga bakal disiapkan di Tol Layang MBZ. Kebijakan itu akan diterapkan jika terjadi kepadatan di Tol Cikampek arah Jakarta.

“Apabila terjadi kepadatan di Tol Cikampek arah Jakarta, maka seluruh kendaraan yang melalui Tol Layang MBZ dialihkan keluar menuju Tol Cikunir-Lingkar Luar,” terangnya.

Polda Metro Jaya memprediksi puncak arus balik kendaraan kembali ke Jakarta akan terjadi pada 8 Mei mendatang. Diperkirakan ada 269 ribu kendaraan yang kembali ke Jakarta hari itu.

“Puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada H+5 atau pada tanggal 8 Mei 2022 yaitu sebesar 269 ribu kendaraan atau naik 5% dari 2019,” jelasnya.

Zulpan mengatakan dari prediksi data yang dimiliki pihaknya akan ada dua juta kendaraan yang kembali ke Jakarta hingga H+10 Lebaran.

Estimasi jumlah itu mengacu pada empat gerbang tol yang akan dilalui oleh kendaraan saat kembali ke Jakarta.

“Prediksi jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta melalui empat gerbang tol utama (Cikupa, Ciawi, Cikatama, Kalitama) pada H2 sampai dengan H+10 adalah 2 juta kendaraan,” pungkasnya.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...