Business is booming.

Profil Laksda TNI Nazali Lempo, Alumni AAL 1990, Kini Oditur Jenderal TNI

Nazali Lempo mengemban amanat sebagai Oditur Jenderal TNI

Laksamana Muda TNI Dr H Nazali Lempo SH MH CHRMP MTr Opsla (57) adalah seorang perwira tinggi TNI-AL yang sejak 4 November 2022 mengemban amanat sebagai Oditur Jenderal TNI.

Sebagai Oditur Jenderal TNI, Nazali Lempo menjadi pejabat yang diberi wewenang untuk bertindak sebagai penuntut umum dalam lingkungan peradilan militer. Dengan kata lain, oditur memiliki peran yang sama dengan jaksa dalam peradilan umum.

Jabatan Oditur Jenderal TNI yang diemban Nazali Lempo berada di lingkup Badan Pembina Hukum (Babinkum) TNI atau Badan Pelaksana Pusat pada tingkat Mabes TNI yang berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI.

Babinkum TNI bertugas membantu Panglima TNI dalam menyelenggarakan pembinaan hukum dan HAM di lingkungan TNI, pembinaan penyelenggaraan Oditurat dan Pemasyarakatan Militer dalam lingkungan Peradilan Militer.

Nazali Lempo lahir di Lempur Tengah, Gunung Raya, Kerici, Jambi pada 14 Oktober 1965. Ia adalah alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke- XXXVI/tahun 1990.

Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Komandan Pusat Polisi Militer TNI (Danpuspom TNI).

Jabatan yang ditinggal Nazali Lempo tersebut kini diemban oleh Brigjen Andrey Satwika Yogaswara dari sebelumnya Inspektur Badan Pembinaan Hukum (Babinkum) TNI.

Profil Andrey Satwika Yogaswara, Alumni Akmil 1995, Kini Danpuspom TNI

Nama Laksamana Muda TNI Nazali Lempo dan Brigjen TNI Andrey Satwika Yogaswara masuk dalam daftar perwira tinggi dari tiga matra yang dimutasi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Baca Juga:  Profil Brigjen Pol Djoni Djuhana, Dibesarkan di Densus, Promosi Brigjen di Bakamla

Mutasi tersebut tertuang dalam Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/1122/XI/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia tertanggal 4 November 2022.

Ini Dia Daftar Lengkap Mutasi dan Promosi 130 Pati TNI, Dua Orang Jabat Bintang Tiga

Dalam surat keputusan tersebut, tercatat ada sekitar 130 Perwira TNI yang dimutasi oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Dari sekian banyak nama, diantaranya adalah Laksamana Muda TNI Nazali Lempo dan Brigjen TNI Andrey Satwika Yogaswara.

Raih Gelar Doktor di Unhas

Mantan Komandan Polisi Militer Angkatan Laut (Danpomal) Lantamal VI Kolonel Laut (PM) DR H Nazali Lempo SH MH berhasil menyematkan gelar Doktor Hukum setelah melalui wisuda pada sidang senat terbuka Program Pascasarjana yang digelar Universitas Hasanuddin (UNHAS) di Baruga A.P. Pettarani.

Dalam sidang promosi beberapa waktu yang lalu, Kolonel laut (PM) DR H Nazali Lempo SH MH mendapat Indeks Prestasi Komulatif (IPK) memuaskan nilai 3,78.

Pendidikan Militer

Akademi Angkatan Laut A-36 (1990)

Dukjurpa PM

Dikpespa A-7 (1993)

Diklapa II/Kopur (1999)

Dikpa Fungsi (2001)

Seskoal A-42 (2004)

Sespimti Polri

Lemhannas

Karier Militer

Danpomal Lantamal VI/Makassar

Danpomal Lantamal III/Jakarta (2014—2015)

Komandan PM Kormabar (2015—2016)

Wadanlantamal II/Padang (2016—2017)

Wadanpuspomal (2017—2018)

Danpuspomal (2018—2021)

Danpuspom TNI (19 Juli 2021—4 November 2022)

Orjen TNI (4 November 2022—Sekarang)

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...