Business is booming.

Letkol Trending, Netizen Soroti Deddy Corbuzier Terima Pangkat, Apa Tugasnya?

YouTuber Deddy Corbuzier menerima pangkat militer Letkol Tituler TNI AD

Tagar Letkol trending di media sosial Twitter pada Minggu (11/12/2022), menyusul YouTuber Deddy Corbuzier menerima pangkat militer Letnal Kolonel (Letkol) Tituler TNI Angkatan Darat pada Sabtu (10/12/2022).

Sontak netizen pun gaduh menanggapi tagar Letkol yang trending hingga tercatat 5.676 ciutan (Tweets) yang mereka sampaikan. Berikut beragam ciutan mereka.

Lalu pemilik akun Twitter @christ_tian10 menulis, “Ini menandakan mendapatkan gelar letnan itu mudah sekali, tanpa harus berjuang seperti tentara yang lain.. Miris”

Juga akun Twitter @Sekte_nUsantara menulis, “Bs kirim ke papua gak? Kl gak bs mending jdiin komandan banserep”

@ButterCupdanie1 menulis, “Letkol give away”

@JohnnyTheBoyyyy menulis, “Jokowi mampu menghadiahi lebih dari sekedar pangkat kepada siapapun yang dia suka. Tetapi itu tak ia lakukan. Orang-orang sudah sangat gembira diberi hadiah sepeda.”

@hasanjufri menulis, “bisa ya? nggak pakai latihan latihan atau test”

@AbdinipunGusti menulis, “duuuh harusnya langsung kolonel ndan, biar setaon lagi jadi jenderal gito”

@ahmadrahmola12 menulis, “Inilah negeri wakanda,,,,!😂😂😂😂😂”

@TalkiWong menulis, “Langsung jadi Panglima perang ajaa”

@aji_tech menulis, “Sebenarnya jijik liatnya..karena ga seharusnya.. Tp biarlah sudah terjadi
Toh itu cuma ‘Pangkat²an../ Letkol-letkolan.. Tau KW brpalah yg jls Letkol Boong an. Ga usah terlalu di besar²kan..abaikan saja”

@agis_official menulis, “NEGRI SUKA SUKA. Cuma di indonesia pesulap Deddy Corbuzier Di Beri Pangkat Letkol Tituler TNI…”

@anthwf77 menulis, “Bpk Posma Situmorang. Di usia yg semakin senja, pensiunan BIN dg pangkat terakhir Letkol & jg prnh ditawari menjadi menteri di era alm BJ Habibie namun menolak ini tetap giat berkarya. Beliau adalah mentor sy. Sehat senantiasa ya Pak 🙏”

@akbarfaizal68 menulis, “Menjaga psikologis pasukan TNI diperbatasan2 negeri yg sepi, minimnya rmh TNI yg layak, purn TNI yg kesulitan bertahan hidup hingga ‘rasa tak adil’ perlakuan negara pd institusi lain sgt penting saat ini. Itu alasan knp pangkat ‘Letkol Titular’ itu sy anggap canda yg berlebihan.”

@FatihGaleh menulis, “Negri sakit Alangkah lucunya Negriku satu²nya masuk Tentara jalur Podcast😂 Jasanya apa buat negri sehingga di kasih pangkat letkol Tituler??”

@Muhammad_Saewad menulis, “Salut buat DC! Meskipun dia tidak pernah bertugas mempetaruhkan jiwa dan raga di perbatasan spt TNI lain.
Dan pernah mengundang pasangan LGBT di podcast nya.
Tapi dia bisa diberi pangkat letkol Tituler AD.
Negeri kita memang hebat! MERDEKA!”

@alvinlie21 menulis, “Kenapa pangkat LetKol? Bukan Kolonel atau Mayor atau Kapten? Ada kaitan dgn AHY yg berpangkat Mayor saat undur diri dari TNI?”

@Lisaamartatara4 menulis, “Kasihan anak-anak AKMIL yg bener-bener berjuang dgn NILAI SEKOLAH BAGUS di SMA dan FISIK PRIMA.. Kalah sama si botak tetiba jadi LETKOL.. Baru tau gw ada pangkat tuiter gitu loh..”

@alvinlie21 menulis, “Prajurit yg gugur dalam tugas mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa/ anumerta hanya 1 tingkat diatas pangkat terakhir. Ini yg tidak pernah mengikuti jenjang pengabdian di TNI, mendadak jadi LetKol”

@mazzini_gsp menulis, “Lah enak masuk-masuk udah jadi Letkol aja.”

Profil Deddy Corbuzier

Dodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo (45), yang dikenal secara profesional sebagai Deddy Corbuzier, adalah seorang YouTuber, presenter, mentalis (awal karir), dan aktor dari Indonesia.

Baca Juga:  Polri Bagikan Video Hoaks dengan Narasi "Sudah Dipersiapkan Polisi Berbahasa Cina di IKN"

Seperti dikutip dari wikipedia, lelaki kelahiran 28 Desember 1976 ini adalah penerima Merlin Award untuk Mentalis Terbaik Dunia dua kali berturut-turut.

Deddy memulai debutnya di pertelevisian dengan tampil dalam acara Impresario 008 di RCTI pada tahun 1998.

Deddy pernah menulis, menyutradarai, dan membintangi film aksi berjudul Triangle the Dark Side pada tahun 2016.

Deddy juga dikenal sebagai seorang YouTuber. Setelah mundur dari dunia persulapan, Deddy aktif membuat video siniar berjudul Close the Door dan Somasi di saluran YouTube miliknya.

Pada Desember 2021, saluran tersebut memiliki lebih dari 16,7 juta pelanggan dan videonya memiliki lebih dari 3.160.638.445 penonton.

Kehidupan awal

Ketika Deddy Corbuzier berusia 8 tahun, ia melihat seorang pesulap mengubah saputangan menjadi karangan bunga dan takjub.

Dia kemudian belajar dengan beberapa pesulap senior untuk mempelajari beberapa trik sulap sederhana.

Namun, dia tidak puas dengan ini. Pada usia 12 tahun, Deddy bertekad untuk mempelajari jenis sulap yang lebih sulit.

Ia memulai kariernya dengan mendemonstrasikan beberapa jenis sulap di Dunia Fantasi Ancol, Jakarta.

Karier

Ketenarannya bukan hanya dilambungkan oleh profesinya sebagai artis film, tetapi juga berkat penampilannya dalam kancah dunia hiburan di Indonesia.

Selain sering tampil dalam berbagai acara sulap dan talk show tentang sulap di berbagai stasiun televisi, ia juga pernah membintangi sejumlah iklan di televisi dan media cetak.

Deddy pun sempat bermain dalam sejumlah sinetron sebagai bintang tamu. Ketenarannya terutama ditopang oleh kemahirannya dalam memesona para penonton yang menyaksikan aksinya.

Selain trik-trik sulap umum, Deddy juga kerap menyajikan pertunjukan sulap yang mengandung risiko tinggi. Meskipun dikenal sebagai pesulap, ia sendiri lebih suka disebut sebagai “mentalis”.

Baca Juga:  Mie Gacoan Depok Tutup Sementara, Banyak Pembeli dari Luar Depok Berdatangan

Pada pertengahan tahun 2013, pria yang memiliki tinggi 181 cm ini membuat program kesehatan dengan “menciptakan” diet ala Deddy yang dia namakan “OCD” atau “Obsessive Corbuzier Diet” yang berbasis pada teknik Intermittent Fasting digabungkan dengan latihan HIIT (High Intensity Interval Training).

Meskipun sebenarnya ini bukan teknik baru, tetapi menjadi sangat populer di Indonesia berkat keberhasilannya mengubah penampilan tubuhnya menjadi berotot dengan kadar lemak yang rendah.

Ia bahkan menerbitkan website dan buku elektronik khusus membahas hal tersebut.

Dahnil: Deddy Corbuzier Miliki Kemampuan Komunikasi di Medsos

Juru Bicara Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan pemberian pangkat Letnan Kolonel Tituler kepada selebritas Deddy Corbuzier (DC) karena kemampuannya dalam komunikasi di media sosial untuk menyebarkan pesan-pesan kebangsaan.

“Deddy diberikan kepangkatan itu dengan pertimbangan kemampuan khusus yang dibutuhkan TNI, yakni kapasitas komunikasi di sosial media, kemampuan, dan ‘performance’ DC tersebut akan membantu TNI untuk menyebarkan pesan-pesan kebangsaan dan sosialisasi tugas-tugas TNI dalam rangka menjaga pertahanan RI,” kata Dahnil ketika dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (10/12/2022).

Dahnil menjelaskan Deddy secara langsung akan terikat dengan aturan militer, termasuk hak pilihnya dalam pemilu.

“Deddy akan terikat dengan aturan militer, termasuk kehilangan hak pilih selama dia bertugas,” kata Dahnil dikutip Antaranews.com.

Pemberian pangkat itu telah disahkan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Dasar hukum pemberian pangkat kepada Deddy Corbuzier, kata Dahnil, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 Tahun 2010 tentang Administrasi Prajurit TNI.

Menurut PP tersebut, pangkat tituler merupakan salah satu pangkat TNI khusus selain pangkat lokal.

Penjelasan Pasal 5 ayat (2) huruf b menuliskan bahwa pangkat tituler adalah pangkat yang diberikan kepada warga negara yang sepadan dengan jabatan keprajuritannya.

Baca Juga:  Ini Barang-barang yang Ditemukan Bersama Jasad Iwan Budi, PNS Kota Semarang

Adapun jabatan yang dipangku orang dengan pangkat tituler, serendah-rendahnya Letnan Dua.

Pangkat tituler diberikan kepada warga negara yang diperlukan dan bersedia untuk menjalankan tugas jabatan keprajuritan tertentu di lingkungan TNI.

Tugas jabatan keprajuritan tertentu tersebut merupakan tugas jabatan di lingkungan TNI yang mutlak diduduki perwira, seperti perwira rohani atau perwira korsik.

Penggunaan pangkat tituler sendiri hanya berlaku selama penerima memangku jabatan keprajuritan.

Setelah orang yang menerima pangkat tituler tak lagi memangku jabatan keprajuritan, maka pangkat tersebut akan dicabut.

Pasal 29 PP Nomor 39 Tahun 2010 juga menjelaskan penerima pangkat tituler akan mendapatkan perlakuan administrasi terbatas selama masih memangku jabatan atau pangkat belum dicabut.

Sebelumnya, Deddy Corbuzier dalam akun Instagramnya mengaku diberi pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat oleh Menhan Prabowo Subianto.

Dia mengatakan pangkat tersebut disahkan juga oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

Deddy mengucapkan terima kasih kepada Keluarga Besar TNI dan Kementerian Pertahanan atas penghargaan dan kepercayaan tertinggi itu.

“Ini artinya mengawali perjalanan baru bagi saya untuk mengemban tugas dan tanggung jawab pada NKRI secara bersih dan tidak memihak kecuali pada Pancasila. Mudah mudahan dengan hadirnya saya di Keluarga Besar TNI bisa lebih memberikan warna baru dan gagasan gagasan untuk rakyat, bangsa, dan negara,” kata Deddy.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...