Business is booming.

Pak Anies Trending, Cetak Sejarah Diangkat Jadi Anggota Dewan Universitas Oxford

Anies Baswedan orang Indonesia pertama yang jadi anggota board (dewan) Universitas Oxford, Inggris

Tagar Pak Anies trending di media sosial Twitter pada Sabtu (14/1/2023), menyusul mantan Gubernur DKI ini diangkat menjadi anggota Dewan Universitas Oxford, Inggris.

Sontak netizen gaduh menanggapi tagar Pak Anies yang trending hingga tercatat 4.014 ciutan (Tweets) yang mereka sampaikan. Berikut beragam ciutan mereka.

Seperti pemilik akun Twitter @ViyataBhakti menulis, “Cocok.
Pak Anies ngurusin Oxford, biar pak Ganjar yang ngurusin Indonesia.”

Lalu akun Twitter @edwar_uciulam menulis, “Keren,, saya ikut bangga bung👍👍👍”

@rezhend menulis, “jadi tau kan klo si amrik n skutunya dukung anis? politik bgt dah, jadi dah jelaskan selama ini siapa yg telah membuat ribut disini, ada campur tangan siapa? yg pasti amrik n skutunya, mereka takut Indonesia dkat dgan cina, kdua takut kehilangan freeport, otak yahudi dilawan..”

@Mauro_sabda menulis, “Terus signifikasi bagi pembangunan Negara indonesia apa??? Gak ada kontribusi dan sumbangsih yang relevan. Benar2 sosok yang selain tidak produktif, juga tak kontributif. NKRI tidak butuh sosok “melankolis”. NKRI perlu sosok setidaknya levelnya sama dgn presiden Jokowi”

@RMTHandoko menulis, “Cocoknya jadi dosen, rekam jejak nya lebih banyak jadi pengajar bukan politisi.”

@FerryFurqond menulis, “@UniofOxford Kadrun kah? Yang nyinyir minta stay di akademis aja gimana jalan fikirannya, akademis nya aja moncer apalagi jadi presiden yg akan nge-lead pendidikan masyarakatnya? Terus Mak/anak banteng gitu?”

@rahmad_anw menulis, “Beda level sama politisi2 sebelah. Politisi2 dengan gelar Dr dan Profnya give away, tetapi sudah cukup menghipnotis kolam2 buteg 🤣”

@SuratmanSoer menulis, “Sudah disitu saja…. cocok… gausah sok jadi politisi 😁😁😁👍👍”

@HannasRahmat menulis, “ha.. ha…yg mereka lihat cuman gelar akademik, maka cocok lah utk jabatan anggota dewan…di sono…!! Bukan utk INDONESIA.”

@Prince_OQ menulis, “Hahaaa…desi, cokrotv, dkk habis2an membuat orang2 tolol percaya Anies bego, Anies ga bs kerja, dan fitnah2 lainnya. Eh, lembaga akademi kelas wahid malah ngangkat Anies jd anggota dewan mereka. Pasti komentar buzzerRp dan orang2 tolol itu akan lucu 😅”

@yoko_at menulis, “Baca berita gini kadang bingung dengan ketololan orang yang menuduh anies intoleran dll”

@ericvanderboy menulis, “Pintar tapi kinerjanya 25% ya percuma,,ngomong doang 🤭”

@compoundstrike menulis, “Pinter ngomong cocok jadi sales, lah dia kan sales ayat 😂😂😂😂😂😂”

@ericvanderboy menulis, “Secara Umum orang yang pintar merangkai KATA (dongeng) 🤭,,kebanyakan pintar berbohong”

@must_now69 menulis, “Itulah knp bangsa kita nggak maju maju, banyak rakyat yg tidak bisa berfikir rasional dan obyektif jd kelihatan mudah di adu domba karena bodoh”

@UchihaI85447926 menulis, “Yang bukan Warga DKI ga usah komen kinerja anies blok.. cebong ajg”

@Harakiri1107 menulis, “25℅ prsen tpi kok yg puas dgn kinerja anis 80℅ lbih. .brti anda buta dan ngk liat data”

@Prince_MahaRock menulis, “anjing-anjing kepanasan pada menggonggong”

@ipr159 menulis, “ngomongin kerja gubernur gue hahaha bukan warga DKI diem aja dah mndingan, dripada lu kerja ngga guna juga ngga masih betah hidup bgitu?”

@abnubli menulis, “Pantes orang komen bukan orang jakarta lucu kali kau otak dipake sini tinggal di jakarta”

@centangbiroe menulis, “demennya yg ijzah bodong.. kang janji doang ya😌”

@caruban_sultan menulis, “Ngga usah iri mba nya mampu ngga”

@YKumplang menulis, “Hahaha kebawa spekulasi buzzerRp”

@HSuharmani menulis, “pemimpin cerminan yg milih … Alhamdulillah bisa milih yg cerdas beriman seperti Pak Anies … mantap”

Cetak Sejarah, Anies Baswedan Diangkat Jadi Anggota Dewan Universitas Oxford

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diangkat menjadi anggota board (dewan) di Universitas Oxford, Inggris. Momen berharga itu diunggah Anies melalui Instagram pribadinya, Jumat, 13 Januari 2023.

Universitas Oxford merupakan salah satu universitas tertua di dunia yang didirikan tahun 1096. Oxford juga menjadi universitas berbahasa inggris tertua di dunia yang berkontribusi besar dalam membentuk konsep tentang kampus, pendidikan tinggi, riset dan pengembangan ilmu pengetahuan di dunia perguruan tinggi.

Baca Juga:  Gempa Muara Binangeun, Banten, Getaran Sampai Jakarta dan Bandung

Anies diundang ke salah satu universitas tertua di dunia itu untuk diangkat sebagai Anggota Dewan Pengarah dan Pendiri Institute for ASEAN Studies sebagai bagian dari Oxford School of Global and Area Studies.

Pada tahun 2023 ini, Universitas Oxford kembali membuat sejarah baru dengan mendirikan Institute for ASEAN Studies sebagai bagian dari Oxford School of Global and Area Studies.

“Beberapa waktu yang lalu mereka mengundang untuk menjadi anggota Dewan Pendiri dan Dewan Pengarah pada Institute yang baru ini. (Founding Member & Board Member of The Institute for ASEAN Studies). Kami sampaikan bersedia dengan harapan bisa membawa pengalaman Indonesia dan ASEAN ke gelanggang dunia,” kata Anies dalam unggahannya dikutip Sabtu, 14 Januari 2023.

Menurut Anies, dalam sejarahnya, ini pertama kalinya seorang berasal Indonesia diundang untuk menjadi anggota sebuah dewan di Universitas Oxford. Selama ini, sudah ada anggota board dari Asia antara lain dari India, China, Jepang, Singapura atau Malaysia tapi belum ada dari Indonesia.

“Sore tadi dilakukan sebuah upacara singkat untuk meresmikan mengangkatan sebagai anggota dewan pendiri dan dewan pengarah yang prosesinya dipimpin oleh Prof Timothy Powers. Sungguh sebuah kehormatan diangkat menjadi board di sebuah kampus terkemuka dan salah satu yang tertua di dunia,” ungkapnya

Menariknya, upacara pengangkatan Anies ini dilakukan di sebuah ruangan bersejarah, yakni ruangan yang dulunya digunakan sebagai kantor penerbit oxford sejak era tahun 1500-an.

“Di ruangan inilah lokasi penyusunan Oxford Dictionary, kamus bahasa inggris tertua. Semua kayu di dinding, meja, kursi dan kondisi ruangan dipertahankan sesuai kondisi aslinya,” ujar Anies.

“Semoga peran baru Universitas Oxford ini akan menjadi kanal baru untuk membawa pengalaman kita Indonesia dan Asia Tenggara sebagai pembelajaran bagi dunia. Kita datang di gelanggang dunia, bukan sekadar untuk belajar dari dunia, tapi juga untuk ikut memberi pelajaran bagi dunia,” sambungnya

Baca Juga:  Kronologi Kabar Pemilihan Cak Imin Jadi Cawapres Anies Baswedan, Demokrat Merasa Dikhianati

Dalam kesempatan itu, mantan Mendikbud RI itu juga diberi kesempatan untuk memberikan kuliah tamu di Hoogwarts, ruangan bersejarah pada gedung Divinity School di Oxford University, yang juga bersejarah. Anies diminta memberikan kuliah tamu soal ASEAN dan masa depannya.

Anies menuturkan bangunan pada Divinity School di Oxford mulai digunakan sejak 1483 ini merupakan salah satu bangunan tertua di kampus ini. Proses pembangunannya saja perlu 60 tahun. Pada awalnya ruangan ini digunakan untuk kuliah, ujian lisan, dan diskusi tentang teologi, bahkan ruangan ini pula yang digunakan sebagai ruang parlemen Inggris era 1620-1640an.

Pada masa itu, mahasiswa yang diuji berada di satu sisi, sementara dewan guru besar/dosen duduk di sisi seberangnya mencecar dengan pertanyaan dan kritik. Itulah sebabnya disebut sebagai defense dan istilah Dissertation Defense, dimulai di ruangan ini.

“Pada masa sekarang, ruangan bersejarah ini hanya digunakan untuk upacara dan acara universitas penting lainnya,” ujar Anies. “Menuju ruangan ini, ada selasar panjang yang dijadikan lokasi pengambilan gambar pada film Harry Potter,”

Anies merasa sangat terhormat bisa masuk dan memberikan kuliah tamu di ruang bersejarah Divinity School di Universitas Oxford. Bahkan, sebagian besar dosen dan mahasiswa Oxford pun banyak yang baru pertama kalinya masuk ke ruangan ini.

“Sebuah kehormatan diundang memberikan kuliah tamu di salah satu universitas terlama di dunia, dan mereka sengaja selenggarakan kuliah tamu ini di sebuah lokasi yang amat prestisius,” ucapnya.

(Sumber: Viva.co.id)

Artikel ini telah tayang di Viva.co.id dengan judul “Cetak Sejarah, Anies Baswedan Diangkat Jadi Anggota Dewan Universitas Oxford

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...