Business is booming.

Profil Kolonel Frega Wenas, Dandim Jakut Telat Apel Push Up di Depan Prajuritnya

saya sebagai pimpinan komandan harus menegakkan disiplin

Dandim 0502 Jakarta Utara Kolonel TNI Frega Wenas push up di depan prajuritnya usai memimpin apel pagi, Jumat (17/2/2023).

Ia push up karena terlambat beberapa menit datang sebelum apel.

“Prajurit itu identik dengan disiplin jadi saya sebagai pimpinan komandan harus menegakkan disiplin,” kata Frega di lokasi usai peresmian kantin Kodim Jakarta Utara, seperti ditulis Instagram @infojakbar24.

“Tadi pagi memang karena ada kecelakaan biasanya waktunya cepat akhirnya molor sampai 30 menit, saya juga konsekuen saya tadi telat dan saya pun melakukan push up,” tuturnya, memaksudkan push up tersebut demi memberikan contoh teladan kepada prajuritnya.

Profil Frega Ferdinand Wenas Inkiriwang

Kolonel Inf. TNI Frega Ferdinand Wenas Inkiriwang MIR MMAS PhD FHEA (45) adalah seorang perwira menengah TNI Angkatan Darat yang saat ini menjabat Komandan Kodim 0502/Jakarta Utara.

Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur pada 5 April 1977 ini alumni Akademi Militer (Akmi) tahun 1998 dari satuan infanteri.

Karier Militer Frega Ferdinand Wenas Inkiriwang

Penugasan pertama Kolonel Inf Frega Wenas adalah sebagai Danton Taruna di Akademi Militer di mana kala itu para perwira lulusan terbaik ditugaskan oleh Kasad menjadi pengasuh taruna selama 2 tahun.

Lepas dari Akmil, Wenas menghabiskan waktunya berdinas di jajaran Brigade Brigif Linud 17 Kostrad yang merupakan satuan elite TNI AD di mana ia sempat bertugas di Yonif Linud 305/Tengkorak, Yonif Linud 328/Dirgahayu hingga Denma Brigif Linud 17 Kostrad.

Selama berdinas ia pun mendapatkan sejumlah penugasan operasi di Aceh, Poso dan Papua. Ia bahkan menerima penghargaan Kasad untuk prestasinya di daerah operasi Aceh.

Wenas juga menjadi anggota kontingen AASAM yang memenangkan Chief of Army Trophy, sehingga diberikan penghargaan Kasad pada tahun 2008.

Pendidikan Frega Ferdinand Wenas Inkiriwang

Wenas memperoleh gelar Ph.D in International Relations di the London School of Economics and Political Science (LSE), United Kingdom. Ia juga berhasil menyandang status Fellow of Higher Education Academy (FHEA) yang dikeluarkan oleh Higher Education Academy (HEA) Inggris setelah mengajar selama 2 tahun di LSE dan menyelesaikan ujian sertifikasi dosen di sana.

Selama kuliah di LSE ia juga menerima Global South Award dari LSE dan penghargaan The MVP Awards yang dikeluarkan oleh PPI UK untuk kategori Best Academic Contribution untuk Social Science and Humanities.

Prestasi ini melengkapi sejumlah prestasinya terdahulu termasuk lulus sebagai top 20% graduate ketika menempuh pendidikan Seskoad di U.S. Army Command and General Staff College sehingga ia pun dinominasikan sebagai salah seorang kandidat untuk Eisenhower Award, penghargaan untuk siswa internasional terbaik.

Ia pun menjadi perwira TNI AD ke-2 yang lulus dari program Master of Military Art and Science (MMAS).

Wenas juga merupakan awardee beasiswa Lembaga Pengelola dana Pendidikan atau LPDP (PK 62) salah satu program beasiswa bergengsi yang menjaring para kader terbaik Indonesia.

Wenas sejak 2013 tercatat sebagai Dosen Tetap Universitas Pertahanan Indonesia atau Unhan yang juga telah lulus sertifikasi dosen nasional di bidang ilmu Hubungan Internasional.

Selain mengajar di sana, ia juga aktif menulis di sejumlah media maupun jurnal internasional bereputasi seperti Australian Journal of International Affairs, Pacific Review, serta Journal of Current Southeast Asian Affairs yang masuk dalam indeks Scopus (Q1).

Ia pun sempat menulis beberapa buku. Sebelum menjabat sebagai Dandim 0502/JU, Wenas sempat ditugaskan sebagai Koorspri Kasad.

Sebelum menjalankan tugas belajar di Inggris ia pernah menjabat sebagai Wakapen Kostrad di mana sebelumnya Wenas juga pernah menjadi Kaspri Pangkostrad.

Sebelum bertugas di Makostrad, Wenas sempat mengemban amanat sebagai Komandan Yonif Linud 330/Tri Dharma.

Riwayat Jabatan Frega Ferdinand Wenas Inkiriwang

Letnan Dua s/d Letnan Satu

Danton 3/D Yontar Madya Akmil
Danton 1/B Yontar Madya Akmil
Danton II/B Yonif Linud 305/Tengkorak Kostrad
Danton STTB/Bant Yonif Linud 328/Dirgahayu Kostrad
Pasi 4/Log Yonif Linud 328/Dirgahayu Kostrad

Kapten

Dankipan A Yonif Linud 328/Dirgahayu Kostrad
Pasipamops Denma Brigif Linud 17/Kujang I Kostrad
Anggota Tim Pendirian Unhan

Mayor

Wadan Den Matan Grup A Paspampres
Wadan Den 3 Grup A Paspampres
Spri Rektor Unhan

Letnan Kolonel

Kasubbag Kerjasama Luar Negeri Biro Akademik Unhan
Dosen Tetap Unhan (2013-2014)
Danyonif Para Raider 330/Tri Dharma Kostrad (2014-2015)
Kaspri Pangkostrad (2015-2016)
Wakapen Kostrad (2016)
Dosen Unhan (2016-2021)

Kolonel

Koorspri Kasad (2021-2022)
Dandim 0502/Jakarta Utara (2022-Sekarang)

Baca Juga:  Puan Maharani Minta Sosialisasikan Vaksin Berbayar Secara Gencar
Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...