Business is booming.

Daftar Alumni Akpol 1989 Dharana Lastarya Sandang Pangkat Komjen dan Irjen, Terbaru Komjen Pol Dofiri Jabat Irwasum Polri

Alumni Dharana Lastarya atau Akpol 1989 telah menempatkan dua orang Komjen dan 15 orang irjen Pol.

Alumni Akpol 1989 termasuk alumni yang tengah berada di puncak kariernya.

Alumni dengan nama bataliyon, Dharana Lastarya memiliki jumlah alumni 216 orang.

Nah, hingga berita ini diturunlam alumni Dharana Lastarya telah menempatkan dua orang Komjen dan 15 orang irjen Pol.

Terbaru, Komjen Akmad Dofiri duimutasi dari Kabaintelkam Polri menjadi Irwasum Polri.

Ia menggantikan Komjen Budi Maryoto alumni Akpol 1987 yang memasuki usia pensiun.

Bersama 92 pati dan pamen Polri yang dimutasi, Dofiri menjabat Komjen Pol sejak 2021.

Selain Komjen dan Irjen, puluhan alumni berpangkat Brigjen yang jumlahnya diprediksi lebih banyak dari Irjen dan Komjen.

Untuk posisi jenderal (bintang empat) alumni Akpol 1989 tampaknya tak lagi banyak berharap.

Kapolri adalah jabatan polisi, siapapun namanya sangat tergantung siapa presiden yang sedang menjabat.

Kebetulan setelah Kapolri dari Akpol 1987 yakni Jenderal Tito Karnavian dan Kapolri Idham Azis dari Akpol 1988, lalu melompat ke Akpol 1991 yakni Listyo Prabowo.

Listyo Prabowo belum tahu kapan diganti, jika pun penggantinya mungkin bukan dari Akpol 1989 karena usia mereka saat ini 56-57 tahun.

Meski demikian jumlah alumni Akpol 1989 yang menyandang pangkat Brigjen hingga Komjen sudah tergolong istimewa.

Adalah Agus Andrianto alumni Akpol yang menyandang Komjen duluan sejak 2019.

Saat itu ia bahkan menjadi salah satu calon Kapolri, namun akhirnya Listyo yang terpilih.

Pada 18 Februari 2021, Agus kemudian menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri.

Lalu Komjen Ahmad Dofiri yang menjabat Komjen sejak tahun 2021.

Baca Juga:  Daftar Nama 34 Kapolda Edisi 3 Juli 2021, Alumni Akpol 1988 Dominan

Mantan Kapolda Jabar itu merupakan alumni Akpol terbaik atau peraih Adhi Makayasa tahun 1989.

Berikut Daftar Alumni Akpol 1989 Sandang Pangkat Komjen dan Irjen

Pangkat Komjen

1 Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H. (lahir 16 Februari 1967) adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 18 Februari 2021 menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri. Ia berpengalaman dalam bidang reserse. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri.

2 Komisaris Jenderal Polisi Drs. H. Ahmad Dofiri, M.Si. (lahir 4 Juni 1967) adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 26 Februari 2023 mengemban amanat sebagai Inspektur Pengawasan Umum Polri.  Dofiri yang merupakan lulusan terbaik Akpol 1989 ini berpengalaman dalam bidang SDM. Jabatan terakhir jenderal bintang tiga ini adalah Kepala Badan Intelijen Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Pangkat Irjen Pol

1 Irjen. Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si., M.M. (lahir 23 September 1967) adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 21 Juni 2022 mengemban amanat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Lampung. Ia berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Kepala Kepolisian Daerah Gorontalo.

2 Irjen. Pol. Drs. Johanis Asadoma, S.I.K., M.Hum. (lahir 8 Januari 1966) adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 14 Oktober 2022 mengemban amanat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur. Asadoma berpengalaman dalam bidang brimob. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Kadivhubinter Polri.

3 Irjen. Pol. Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si. (lahir 3 Desember 1967) adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 23 Desember 2022 mengemban amanat sebagai Kasespim Lemdiklat Polri Chryshnanda berpengalaman dalam bidang lantas. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Dirkamsel Korlantas Polri.

Baca Juga:  Timsus Polri ke Magelang Usut Faktor Pemicu Ferdy Sambo Bunuh Brigadir J?

4 Irjen. Pol. Drs. Djoko Poerwanto (lahir 7 November 1967) adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 17 Desember 2021 mengemban amanat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat. Ia berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Dirtipidkor Bareskrim Polri.

5 Irjen. Pol. Drs. Eddy Sumitro Tambunan, M.Si. (lahir 27 Agustus 1967) adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 17 Desember 2021 mengemban amanat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri. Eddy berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat.

6 Irjen. Pol. Drs. Eko Budi Sampurno, M.Si. (lahir 18 Desember 1967) adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 13 April 2022 mengemban amanat sebagai Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri. Eko berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Barat.

7 Irjen. Pol. (Purn.) Drs. I Wayan Sunartha (lahir 25 April 1964) adalah seorang Purnawirawan Polri yang sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri. Ia berpengalaman dalam bidang lantas. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Karo RBP Srena Polri.

8 Irjen. Pol. Risyapudin Nursin, S.I.K. (lahir 15 November 1966) adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 14 Oktober 2022 menjabat sebagai Koordinator Staf Ahli Kapolri. Risyapudin, lulusan Akpol 1989 ini berpengalaman dalam bidang lantas. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Kepala Kepolisian Daerah Maluku Utara.

9 Irjen. Pol. (Purn.) Drs. Pietrus Waine, S.H., M.Hum. (lahir 5 Juli 1962) adalah seorang Purnawirawan Polri yang terakhir menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri. Pietrus, lulusan Akpol 1989 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat II Sespim Lemdiklat Polri.

Baca Juga:  Polri Akan Rekrut 10.000 Orang Anggota Polisi Khusus Papua, Diawali 2000 Orang Tahun 2024

10 Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si. (lahir 20 November 1967) adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 16 November 2020[1] mengemban amanat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Bali. Danu berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat.

11 Irjen. Pol. Dr. Reynhard Saut Poltak Silitonga, S.H., M.H., M.Si. (lahir 8 September 1967) adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 4 Mei 2020 mengemban amanat sebagai Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham. Reynhard berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

12 Irjen. Pol. Drs. Sang Made Mahendra Jaya, M.H. (lahir 3 Juli 1966) adalah seorang perwira tinggi Polri yang ssaat ini menjabat sebagai Staf Khusus Mendagri bidang Keamanan dan Hukum. Sang Made Mahendra Jaya berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah adalah Widyaiswara Utama Tk.I Sespim Lemdiklat Polri.

13 Irjen. Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H. (lahir 29 Juni 1967) adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 14 Oktober 2022 mengemban amanat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Utara. Ia berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur.

14 Irjen. Pol. Drs. Raden Umar Faroq, S.H., M.Hum. (lahir September 1968) adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 23 Desember 2022 menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri. Umar berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Barat.

15 Irjen. Pol. Drs. Yan Sultra Indrajaya, S.H. (lahir 27 April 1968) adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 31 Oktober 2021 mengemban amanat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung. Yan, lulusan Akpol 1989 ini berpengalaman dalam bidang Reserse. Jabatan terakhirnya adalah Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...