Business is booming.

Kali Ini 170 Purnawirawan Pati TNI Deklarasi Dukung Anies, Sebelumnya 80 Pati Dukung Anies-AHY

Sebelumnya sekitar 1000 pati TNI menyatakan dukungan pada Ganjar Pranowo.

Setelah berita 80 purnawirawan Pati TNI mendukung Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jadi Capres kini muncul 170 pati dukung Anies Baswedan sebagai capres.

Mereka membentuk Forum Purnawirawan Perwira Tinggi TNI/Polri untuk Perubahan (FP3).

Nama Letnan Jenderal TNI Purn Ediwan Prabowo menjadi koordinator FP3.

FP3 terdiri  dari 170 purnawirawan perwira tinggi TNI/Polri mendeklarasikan dukungannya untuk bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan.

Menurut Ediwan yang merupakan alumni terbaik akmil 1984,  FP3 menilai perubahan ada di atas segalanya.

Untuk itu, pihaknya mendukung agar visi perubahan yang digaungkan Anies Baswedan dapat memenangi kontestasi dalam Pemilu 2024 yang aman, damai, jujur, adil, dan sejahtera.

“Pak Anies merupakan ikon. Saya kira semua rakyat Indonesia khususnya yang menginginkan perubahan mencintai Pak Anies dan dukung untuk menjadi presiden pada tahun 2024,” ujar Ediwan dalam Konferensi Pers Purnawirawan Perwira Tinggi TNI/Polri untuk Perubahan di Hotel Yuan Garden, Jakarta, Kamis (6/7/2023).

Di sisi lain, Ediwan menjelaskan bahwa sosok Anies memang tak memiliki keterkaitan langsung dengan TNI/Polri.

Hal ini berbeda dengan dua bakal capres lainnya, seperti Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Ganjar diketahui merupakan anak seorang polisi, sedangkan Prabowo Subianto adalah mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus.

Baca Juga:  Tantri Kotak Rasakan Susahnya Cari Kamar RS Kosong, Ini 2 Aplikasinya

Kendati demikian, menurut dia, itu tidak menghalangi niat para purnawirawan perwira tinggi TNI/Polri untuk mendukung Anies.

Ediwan menegaskan bahwa pihaknya bersama rakyat sepakat untuk mendukung Anies Baswedan sebagai capres pada Pemilu 2024.

Ditegaskan pula bahwa Anies juga tidak diragukan lagi secara kompetensi untuk pimpin Indonesia menjadi lebih baik dan sejahtera.

“Tidak usah panjang lebar menyampaikan ada 10.000, bahkan 100.000 alasan yang membuat beliau memang cocok, tepat untuk memimpin bangsa ini pada tahun 2024 ke atas sebagai presiden,” katanya.

Sesuai dengan tahapan, pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden mulai 19 Oktober hingga 25 November 2023.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu), pasangan calon presiden/wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR.

Atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, ada 575 kursi di parlemen, sehingga pasangan calon presiden/wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI.

Bisa juga pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Dukung Anies-AHY

Sebelumnya atau pada 1 April 2023 lebih dari 80 jenderal atau perwira tinggi (pati) purnawirawan TNI Polri Sabtu (1/4/2023) mendatangi Cikeas, Jawa Barat, untuk bersilaturahmi dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Para jenderal dari matra darat, laut, udara dan kepolisian ini mengaku sebelum menyambangi Cikeas, sudah terlebih dulu mendatangi Lebak Bulus, kediaman Anies Baswedan.

Dalam kegiatan silaturahmi yang dibalut dengan acara buka puasa bersama itu, masing-masing perwakilan matra menyampaikan aspirasinya.

Pertama, pati purnawirawan matra darat diwaklili oleh Letjen TNI Purn R Ediwan Prabowo SIp. Jabatan terakhir Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan.

Baca Juga:  Ini Hasil Rekapitulasi 38 Provinsi, Prabowo-Gibran Menang Telak

Kedua, matra laut diwakili oleh Laksdya TNI Purn Dr Deddy Muhibah Pribadi SH MAP, mantan Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI.

Ketiga, matra udara diwakili oleh Marsdya TNI Purn Muhammad Syaugi Alaydrus SSos MM, mantan Kepala Badan SAR Nasional.

Terakhir, perwakilan Polri adalah Brigjen Pol (P) Drs Eldi Azwar MAP, mantan petinggi di Baharkam Polri.

Mereka mengaku gelisah dengan kondisi bangsa terakhir dan menyatakan Indonesia perlu perubahan.

Lalu mereka pun menyatakan perlu pemimpin perusahan seperi Anies dan AHY.

Sebelumnya sekitar 1000 pati TNI menyatakan dukungan pada Ganjar Pranowo.

Mereka melakukan deklarasi di Grand Ballroom Kelapa Gading Sport Center, Jakarta Utara, Sabtu (10/6/2023).

Adapun tokoh-tokoh yang hadir dalam deklarasi itu mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Laksdya TNI (Purn) Agus Setiaji yang juga Ketua Umum RGN,

mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI (Purn) Agus Supriatna, dan mantan Sekretaris Militer Presiden era Megawati Soekarnoputri, Mayor Jenderal TNI (Purn) Tb Hassanudin.

Hadir juga para senior TNI/Polri di antaranya Letjen TNI (Purn) Sintong Panjaitan,

Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri, Marsekal Madya TNI (Purn) Dede Rusamsi, hingga Laksamana Madya TNI Purn Mudjito

 

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...