Business is booming.

Catat Akan Ada Dua Supermoon Bulan Agustus 2023, Yakni Malam Ini 1 Agustus dan 30 Agustus mendatang

Pada 30 Agustus namanya adalah Full Blue Moon.

Malam pertama bulan Agustus atau 1 Agustus adalah munculnya Supermoon.

Bahkan Supermoon di bulan ini akan muncul dua kali yakni Selasa 1 Agustus 2023 dan Rabu 30 Agustus 2023.

Pada 30 Agustus namanya adalah Full Blue Moon.

Supermoon’ adalah istilah untuk Bulan Purnama yang terjadi di masa Bulan ke Bumi mencapai jarak terdekat dalam orbitnya.

Sedang Full Blue Moon atau bulan biru adalah peristiwa munculnya bulan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan yang sama.

Nama bulan biru sebenarnya tidak ada hubungannya dengan warna. Kadang-kadang, bulan purnama dapat muncul pucat kemerah-merahan.

Seperti dilansir Space.com, keduanya dianggap supermoon karena merupakan bulan purnama yang terjadi saat bulan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi (atau perigee) selama 27,3 hari mengorbit planet kita.

Ini dapat menghasilkan peningkatan ukuran yang terlihat hingga 14 persen  —  yang signifikan, tetapi belum tentu cukup untuk terlihat kecuali Anda menghabiskan banyak waktu mengamati bulan.

Karena peristiwa ini terjadi saat bulan sangat dekat dengan Bumi, para pengamat langit juga dapat mengharapkan kecerahan hingga 30 persen dari permukaan bulan yang terlihat.

Selama Full Sturgeon Moon, bulan akan terletak 222.158 mil (357.530 km) dari Bumi.

Rata-rata, bulan berada sekitar 238.000 mil (382.900 km) jauhnya. Tetapi karena orbit bulan berbentuk elips, atau berbentuk oval, jarak antara planet kita dan pendampingnya berubah sepanjang lintasan bulan.

Momen perigee yang tepat, di mana bulan berada paling dekat dengan Bumi, terjadi pada Rabu (2 Agustus) pukul 01:52 EDT (0552 GMT) atau di Indonesia sudah siang.

Baca Juga:  Kalah Lagi dari Libya, Penampilan Timnas Indonesia Lebih Baik Dibanding Laga Pertama?
Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...