Business is booming.

Kebakaran Meluas, Kawasan Wisata Gunung Bromo Ditutup Total, Karena Ulah Fotografer?

Pengumuman penutupan total disampaikan melalui surat resmi yang dibagikan akun kawasan BBTN Bromo Tengger Semeru @tnbts_official

Kawasan wisata Gunung Bromo ditutup total pada Rabu (6/9/2023) malam.

Hal itu dilakukan karena terjadi kebakaran di kawasan savana teletabies.

Pengumuman penutupan total disampaikan melalui surat resmi yang dibagikan akun kawasan BBTN Bromo Tengger Semeru @tnbts_official

“#sahabatmentaritengger, kebakaran kembali lagi melanda dan dengan berat hati kunjungan wisata harus benar-benar ditutup total untuk kelancaran upaya pemadaman serta memperhatikan keamanan pengunjung. Selengkapnya dapat sahabat simak pada pengumuman.” Demikian @tnbts_official

Seperti diketahui Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) memutuskan untuk menutup total aktivitas wisata dari semua pintu masuk menuju kawasan Gunung Bromo akibat kebakaran yang terjadi pada Blok Savana Lembah Watangan, atau Bukit Telletubies.

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis mengatakan bahwa penutupan tersebut dilakukan untuk kelancaran proses pemadaman dan keamanan oengunjung akibat kebakaran yang terjadi pada 6 September 2023.

“Kegiatan wisata Gunung Bromo ditutup secara total mulai Rabu malam (6/9) pukul 22.00 WIB,” kata Septi.

Ada pun pengumumannya seperti di bawah ini.

PENGUMUMAN

Nomor: PG.08T/8/BIDtek/9/2023

TENTANG

PENUTUPAN KAWASAN WISATA GUNUNG BROMO BALAI BESAR TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU

Sehubungan dengan adanya kebakaran hutan yang terjadi pada Blok Savana Lembah Watangan/Buit Teletubbies di Savana Kaldera Tengger Kawasan Wisata Bromo Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS) pada tanggal 6 September 2023, bersama ini disampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Untuk kelancaran proses pemadaman dan memperhatikan keamanan pengunjung, maka kegiatan Wisata Gunung Bromo DITUTUP SECARA TOTAL Penutupan diberlakukan sejak Rabo tanggal 6 September 2023 mulai pukul 22.00 WIB sampai dengan batas waktu yang belum bisa ditentukan.
  2. Bagi pengunjung yang telah melakukan pembelian karcis melalui booking online, dapat mengajukan reschedule saat wisata kembali dibuka. Tata cars reschedule akan dinfokan pada kesempatan berikutnya
  3. Menghimbau kepada masyarakat, pengunjung, dan pelaku jasa wisata untuk menjaga Kawasan TN BTS dan kebakaran hutan dengan tidak menyalakan api dan sejenisnya antara lain petasan, kembang api, dan fare demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bersama serta melaporkan kepada petugas jika menemukan tiek api di dalam Kawasan TN BTS

Demikiaan pengumuman ini disampaikan untuk menjadi perhatian kepada masyarakat, pengunjung dan pihak-pihak terkait. Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih

Dikeluarkan: Malang Pada tanggal 16 September 2023

TTD Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS

Septi Eka Wardhani

Kebakaran Bromo

Baca Juga:  Ivan Gunawan Trending, Diduga Masih Terkait dengan Virgoun yang Ngambek Dipanggil Igun

Seperti dilaporkan akun @pendakilawas Bromo Kebakaran dan Membeku

Bromo Kebakaran  Pagi ini, tanggal 31 Agustus 2023. Setelah sehari semalam (30/8) kawasan gunung Bromo dilanda kebakaran hutan, pagi ini rerumputan bekas kebakaran kembali membeku.

Belakangan penyebab kebakaran di savana bromo karena ulah fotografer prewedding yg fotonya pake flare.

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) memutuskan untuk menutup total aktivitas wisata dari semua pintu masuk menuju kawasan Gunung Bromo akibat kebakaran yang terjadi pada Blok Savana Lembah Watangan, atau Bukit Telletubies.

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani  menjelaskan penutupan akses wisata ke kawasan taman nasional akibat kebakaran hutan dan lahan di area savana kaldera Tengger tersebut dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Dalam kurun waktu sepekan terakhir, BB TNBTS telah beberapa kali menutup sejumlah akses wisata akibat kebakaran hutan dan lahan.

Pada saat itu, kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di kawasan taman nasional termasuk pada area Perum Perhutani yang berdekatan dengan TNBTS sudah tertangani dan kemudian akses bagi wisatawan tersebut kembali dibuka. Namun, pada 6 September 2023 kembali terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Sebagai informasi, akses wisata Gunung Bromo memiliki empat pintu masuk yakni mulai dari Probolinggo, di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, dan dari Pasuruan di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari.

Kemudian, dari Kabupaten Lumajang, serta pada pintu masuk Jemplang, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Penutupan akses wisata tersebut dikeluarkan BB TNBTS melalui Pengumuman nomor PG.08/T.8/BIDTEK/9/2023.

Kawasan Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Timur. Pada 2022, tercatat dikunjungi sebanyak 318.919 wisatawan, yang terbagi dari 310.418 pengunjung merupakan wisatawan nusantara dan sebanyak 8.501 merupakan wisatawan asing.

Baca Juga:  De Bruyne Paksa Madrid Memasuki Babak Perpanjangan Waktu

Dari total jumlah kunjungan wisatawan ke Bromo sepanjang 2022 tersebut, ada Pendapatan Negara B

Komentar
Loading...