Business is booming.

Beras Trending, Netizen Soroti Erick Thohir Sebut Harga Beras di Seluruh Dunia Naik

kalau pemerintah hadir tentunya ga bakalan ada kejadian ini

Tagar Beras trending di media sosial X (Twitter) pada Selasa (13/2/2024), menyusul netizen soroti Menteri BUMN Erick Thohir yang klaim beras mahal karena harganya di seluruh dunia naik, ketika ia meninjau harga beras di Ramayana Klender, Jakarta Timur, Senin (12/2/2024).

Netizen gaduh menanggapi tagar Beras yang trending hingga tercatat 23.400 ciutan yang mereka sampaikan. Netizen curiga harga beras mahal karena dampak kucuran Bansos beras yang dipakai kampanye menjelang Pilpres, yang menyebabkan @PerumBULOG tidak bisa melakukan operasi pasar untuk membantu rakyat.

“Pak nyatanya di daerah kesulitan beras dan jika adapun mahal,
Hal ini terus terjadi setiap tahun, apakah tidak ada terobosan untuk mengamankan pasokan beras? Mengingat beras kebutuhan premier,” tulis pemilik akun Twitter @sandyde_, menanggapi tagar Beras yang trending.

Lalu pemilik akun Twitter @dwinnura menulis, “Gak semua kebagian bansos. Tapi yang terdampak hampir semuanya 🙄 Beras naik, kebutuhan pokok yg lain juga ikut ikutan naik.”

@Nicke9662734599 menulis, “@erickthohir jangan membalik logika. Justru karena Bansos beras yang ber tubi2 menjelang Pilpres yang menyebabkan @PerumBULOG tidak bisa melakukan operasi pasar utk membantu rakyat. Malah Bansos beras dibagi pun di pinggir jalan yg jelas salah sasaran.”

@tajulNsebastian menulis, “Disini yg umrnya 3x jakarta harga beras 17ribuan pak,gmn bs blg beras d seluruh dunia naik?”

@elisedya1 menulis, “Lah bansos yg jor2an bikin harga beras naik. Itu pesaing rakyat buat beli beras kan, pemerintah kok, aneh! Iya pemerintah hadir, tapi buat nikung rakyatnya sendiri😪😡”

@tetanggaelonmus menulis, “Beras naik krn ditimbun pemerintah untuk dibagiin bansos, belum lagi caleg2 di daerah juga byk nimbun beras buat bansos, belum terpilih aja kalian udah nyusahin, bangxxx.”

@AllUnder200 menulis, “Astaga! Berasnya mmg ditarik utk bansos kah pak? Ini genuine nanya pak.. Org pd blg cari beras kok jd susah ? Katanya habis dimana mana. Begitu dapet harganya Mahal. Demi apa pak kayak begini.. Ga sayang pak sama rakyat ?”

@mgawtii menulis, “Sengaja gak dikendalikan naiknya harga beras biar pemerentah bisa jadi “pahlawan” bagi yg dapet bansos. Padahal ya bapuk tata kelola, gak antisipasi apalagi mau puasa dan lebaran. Gitu mau swasembada pangan lah, pertanian pake drone lah, apa lah. Hallah. Malah dipolitisasi 😮‍💨”

@novimardiana menulis, “Beras diborong buat bansos… gak pernah terima bansos imbasnya harus beli beras dgn harga lebih mahal dari sebelumnya”

@ABIEB_AB menulis, “pantes ditempat2 stok beras ga ada ternyata pentingin bansos buat kampanye yaa, msih ada yg pilih begini mentingin diri sendiri daripada rakyatnya, astagfirulloh inget dosa pak erick”

@ManaluHumiras menulis, “Bukan tugasmu urusin beras Mr. Erick Tohir,itu urusan Bulog,lebih baik anda urusin utang2 BUMN Karya itu tupoksimu, sampai skrg BUMN Karya byk yg belum bayar utang ke Subcon n supplier, Al: AMKA, ada Wika Gedung tapi anda enak2 ga peduli rakyat kecil,Anda penjilat juga ternyata”

@wieta23_ menulis, “Seumur saya tinggal di indonesia baru kali ini ngalamin harga beras sampe di 16rb/kg. Kl kemarin msh ada yg harga termurahnya 11rb/liter, sekarang harga paling murah itu 13rb/liter”

@HikmatTf menulis, “Logika saya, kalau pemerintah hadir tentunya ga bakalan ada kejadian ini. Yang ada karena mentri semua sibuk dgn urusan PEMIlLU termasuk kaptennya, mereka enggan cuti tapi abai dgn tugas pokoknya. Ga aware dgn kesusahan rakyat.”

@eyangideralam menulis, “liat grafik ini, seharusnya harga beras stabil, impor yang luar biasa gila²an.”

Beras Mahal, Erick Thohir: Seluruh Dunia Juga Naik, Makanya Pemerintah Hadir dengan Bansos

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, harga beras melonjak bukan hanya terjadi di Indonesia, namun juga di seluruh dunia. Mengingat kondisi seperti itulah, kata Erick, pemerintah menghadirkan bantuan pangan.

Baca Juga:  Pesawat Hercules Filipina Jatuh, Sedikitnya 50 Penumpang Tewas

“Nah, karena itulah pemerintah terus hadir memberikan beberapa bantuan seperti (kepada) 22 juta keluarga. Keluarga itu dibantu (dengan) yang namanya bantuan pangan 10 kilogram. Itu kita terus jalankan,” katanya ketika meninjau harga beras di Ramayana Klender, Jakarta Timur pada Senin (12/2/2024).

Erick mengklaim hanya pemerintah Indonesia lah yang menghadirkan bantuan pangan bagi masyarakat. Negara lain tidak.

“Kalau di negara lain nggak ada. Bahkan, pemerintah memberikan subsidi energi itu sampai Rp 540 triliun untuk listrik dan BBM (bahan bakar minyak). Jadi, luar biasa pemerintah Indonesia. Tapi memang harga beras dunia, pangan dunia sedang naik,” ucap dia.

Harga beras terus merangkak naik dan sulit didapatkan beberapa waktu belakangan. Berdasarkan panel harga Badan Pangan Nasional hari ini, harga rata-rata nasional beras premium mencapai Rp 15.750 per kilogram. Angka ini naik sebesar 0,77 persen atau Rp 120 dari sebelumnya. Harga ini sudah lewat di atas harga eceran tertinggi beras premium untuk wilayah Jawa, Sumatera Selatan dan Lampung yang hanya Rp 13.900 per kilogram.

Erick mengklaim, kenaikan harga pangan dipicu oleh situasi geopolitik. Mulai dari peperangan hingga bombardir Gaza di Palestina oleh Israel.

Menurut Erick, pemerintah akan mengantisipasinya dengan cara membanjiri pasar dengan beras. Akan tetapi, kembali lagi bahwa masyarakat yang memilih beras mana yang akan mereka konsumsi.

“Mau beli beras yang tipe apa, dari berbagai macam tentu kebutuhan masing-masing individu,” ujar Erick.

(Sumber: Tempo.co)

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...