Business is booming.

Bus Tertabrak Kereta Api di OKU Timur, Korban Berhamburan Terkapar

mesin bus mati tengah lintasan, kereta sudah coba mengetikan laju kereta

Tagar Innalilahi trending di media sosial X (Twitter) pada Senin (22/4/2024), menyusul terjadi tabrakan antara bus Putra Sulung dengan Kereta Api (KA) Rajabasa di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, Minggu (21/4/2024) hingga korban berhamburan terkapar.

Netizen pun gaduh menanggapi tagar Innalilahi yang trending hingga tercatat 4.527 ciutan yang disampaikan netizen.

Seperti pemilik akun Twitter @AbiyuDaus menulis, “Innalillahi, ya Allah ya Rabb, Semoga keluarga korban diberikan kesabaran, aamiin 🤲”

Lalu pemilik akun Twitter @ballambinlove menulis, “Dari berita yg aku baca, mesin bus mati tengah lintasan, kereta sudah coba mengetikan laju kereta tapi karena jarak terlalu dekat, tabrakan tak terhindari, terseret 50 m.”

@ahfirizqi menulis, “innalillahi wainnailaihi rojiun semoga para penumpang selamat.”

Penumpang Ceritakan Detik-detik Bus Tertabrak Kereta Api di OKU Timur

Tabrakan antara bus Putra Sulung dengan Kereta Api (KA) Rajabasa terjadi di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, Minggu (21/4/2024).

Dikabarkan terdapat korban jiwa dalam kejadian ini.

Salah satu penumpang bus, Yono, mengatakan, bus tiba-tiba terhenti di tengah pelintasan kereta KM 193+7 Jalan Way Pisang – Martapura, Desa Kotabaru, Kecamatan Martapura, sekitar pukul 13.15 WIB.

“Namun pas di rel, mobil mati, kereta udah deket,” ujarnya, dikutip dari Tribun Sumsel.

Kepanikan pun melanda penumpang bus. Penumpang lalu berhamburan keluar dari bus.

Yono, yang duduk di baris kanan bus, selamat. Meski demikian, ia mengalami luka di kaki dan kepala serta syok.

“Trauma, Mas. Badan saya lemes semua, tapi alhamdulillah saya selamat,” ucapnya.

Warga Kecamatan Belitang, OKU Timur, ini menuturkan, kecelakaan terjadi sekitar satu jam setelah bus berangkat dari Belitang. Bus Putra Sulung itu hendak menuju Jakarta.

Baca Juga:  Lirik dan Terjemahan Lagu Old Love Oleh Yuji Feat Putri Dahlia

Karena mengalami syok dan luka, Yono yang sedianya kembali ke Jakarta, terpaksa menunda perjalanan.

“Saya sendirian, Mas, dari Belitang. Masih syok ini, Mas, mau melanjutkan perjalanan. Ini keponakan saya lagi menjemput. Saya akan kembali lagi ke Belitang, Mas,” ungkapnya.

Kronologi kecelakaan bus Putra Sulung di OKU Timur

Manajer Humas PT KAI Divre IV Tanjung Karang Azhar Zaki Assjari mengungkapkan, bus bernomor polisi BE 7037 FU yang datang dari arah Belitang itu diduga menerobos pelintasan swadaya.

“Pelintasan tersebut merupakan pelintasan yang telah KAI pasangkan palang pintu manual yang saat ini dijaga masyarakat sekitar secara swadaya,” tuturnya dalam keterangan tertulis.

Di waktu bersamaan sedang melaju KA Rajabasa relasi Stasiun Tanjungkarang, Bandar Lampung, ke Stasiun Kertapati, Palembang, Sumatera Selatan.

Azhar menjelaskan, masinis KA Rajabasa telah membunyikan Semboyan 35 secara berulang. Akan tetapi, sopir bus diduga tak mengindahkan klakson lokomotif itu.

Ia menambahkan, sebelum terjadinya benturan, masinis sudah mencoba menghentikan laju kereta. Namun, karena jarak kereta dan bus sudah dekat, tabrakan tak bisa dihindari.

Dikutip dari Instagram Polres OKU Timur, Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono menyampaikan, satu penumpang bus Putra Sulung meninggal, sedangkan 17 orang terluka dan sedang dirawat di rumah sakit.

“Untuk jumlah penumpang bus ini sekitar 40-an orang, sehingga sisanya 25 (orang) ini hanya luka ringan maupun syok. Tadi memang ada yang minta obat ke rumah sakit, saat ini sudah kembali ke tempat masing-masing,” jelasnya.

(Sumber: Kompas.com)

Komentar
Loading...