Business is booming.

Bjorn Kuipers Wasit Laga Final Euro 2020: Italia vs Inggris

Bjorn Kuipers bukanlah sosok netral bagi Italia dan Inggris

Bjorn Kuipers terpilih sebagai wasit yang akan memimpin pertandingan final antara Italia vs Inggris di Stadion Wembley, London, Senin (12/7/2021) dini hari.

Bjorn adalah wasit asal Belanda berusia 48 tahun yang terakhir sempat memipin semifinal Liga Champions 2021 antara Manchester City dan PSG.

Wasit yang pernah memimpin pertandingan hampir semua turnamen besar itu dianggap pantas menjadi wasit Italia vs Inggris di Final Euro 2021.

Ia dianggap punya jam terbang dan pengalamannya yang luas.

Hanya saja nama Bjorn Kuipers bukanlah sosok netral bagi Italia dan Inggris.

Sebaliknya, wasit asal Belanda ini adalah antagonis bagi kedua Negara.

Bjorn Kuipers, adalah wasit UEFA Elite dari Belanda, ia mendapatkan gelar ini sejak 2009.

Ia juga berpangalaman memimpin laga penting seperti Final Liga Eropa 2013 dan 2018, dan Final Liga Champions 2014.

Kuipers adalah antagonis bagi kedua Negara di Final Euro kali ini.

Sosoknya adalah pengadil ketika Inggris kalah dari Italia di Piala Dunia 2014, dan wasit ketika Inggris U-21 tumbang 4-0 dari Jerman di Final Euro U-21 tahun 2009.

Di Italia, namanya juga tidak begitu baik, Tuttosport menganugerahi gelar sebagai wasit terburuk UEFA.

Pasalnya, Kuipers adalah pengadil laga Juventus vs Porto di Babak 16 Besar Liga Champions, Si Nyonya Tua tersingkir, dan Kuipers membuat banyak kekeliruan dalam laga tersebut.

Ia juga disebut sebagai salah satu wasit yang mengidolai Barcelona, namun, ketika memimpin laga Barcelona, Kuipers tetap tegas.

Baca Juga:  Kalahkan Inggris Adu Penalti, Italia Juara Piala Eropa 2020

Di Leg pertama Semifinal Liga Champions, Barcelona vs Liverpool di Camp Nou yang berkesudahan 3-0, Kuipers menunjukkan ketegasannya.

Ia menarik Lionel Messi dari selebrasi berlebihan dan memintanya langsung melanjutkan laga.

“Messi! Mengapa? Ayolah! Tunjukkan rasa hormat kepada mereka,” kata Kuipers kepada pemenang enam kali Ballon d’Or itu dalam sebuah video yang kemudian dirilis oleh UEFA.

“Pergilah! Setiap kali, Anda melakukannya. Ayolah! Mengapa kamu melakukannya (melakukan selebrasi) ?” lanjut Kuipers.

Dan wasit antagonis bagi Italia dan Inggris ini akan dibantu asisten wasit Sander van Roekel dan Erwin Zeinstra, official keempat akan datang dari Spanyol, yakni Carlos del Cerro Grand.

Profil Bjorn Kuipers

Bjorn Kuipers lahir 28 Maret 1973 (48 tahun). Ia adalah seorang wasit sepak bola Belanda.

Bjorn telah menjadi wasit terdaftar FIFA sejak 2006 dan wasit grup UEFA Elite sejak 2009.

Dia dibantu selama pertandingan oleh rekan senegaranya Sander van Roekel dan Erwin Zeinstra.

Kuipers telah memimpin dua Piala Dunia dan tiga turnamen Kejuaraan Eropa.

Debut pertandingan domestik profesional Kuipers sebagai wasit adalah pertandingan tingkat kedua antara SC Telstar dan MVV di Rabobank IJmond Stadion di IJmuiden pada tanggal 20 September 2002.

Ia dilantik ke dalam A-List wasit dari Royal Dutch Football Association (KNVB) dan telah menjadi wasit di setiap musim liga papan atas Belanda Eredivisie dari tahun 2005.

Di tingkat domestik, ia juga memimpin beberapa pertandingan penting sebagai wasit di Eerste Divisie, KNVB Beker dan Johan Cruijff Schaal.

Kuipers mengambil alih debut final profesional domestik ketika ia terpilih untuk menjadi wasit pertandingan Johan Cruijff Schaal 2009 antara Heerenveen dan AZ di Amsterdam Arena di Amsterdam pada 25 Juli 2009.

Baca Juga:  Menang Adu Penalti 4-2 Lawan Spanyol, Italia Lolos ke Final Euro 2020

Kuipers memimpin pertandingan Piala Super Belanda kedua dalam karirnya ketika ia memimpin pertandingan Johan Cruijff Schaal 2012 antara PSV Eindhoven dan Ajax di Amsterdam Arena di Amsterdam pada 5 Agustus 2012.

Kesempatan Kuipers untuk menjadi wasit final Piala Belanda pertamanya datang ketika ia memimpin Final KNVB Beker 2013 antara AZ dan PSV Eindhoven di De Kuip di Rotterdam pada 9 Mei 2013.

Kuipers mendapat kesempatan untuk mengawasi final Piala Belanda keduanya ketika ia terpilih untuk memimpin Final KNVB Beker 2016 antara Feyenoord dan Utrecht di De Kuip di Rotterdam pada 24 April 2016.

Kuipers dianugerahi lencana FIFA pada tahun 2006.

Selama tahap awal karirnya, Kuipers memimpin turnamen tingkat junior seperti Kejuaraan U-17 Eropa UEFA dan Kejuaraan U-21 Eropa UEFA.

Pada Juni 2009, ia dilantik ke dalam kelompok wasit UEFA Elite dan memenuhi syarat untuk memimpin di level tertinggi dalam sepak bola Eropa.

Sejak saat itu, Kuipers memimpin beberapa pertandingan besar di turnamen besar seperti Liga Eropa UEFA, Liga Champions UEFA, Piala Dunia Antarklub FIFA, Piala Dunia U-20 FIFA, Kejuaraan Eropa UEFA, Piala Konfederasi FIFA, dan Piala Konfederasi FIFA. Piala Dunia FIFA.

Kuipers menjadi wasit pertandingan Liga Champions antara Paris Saint-Germain dan Chelsea, Maret 2015

Setelah menjadi wasit pertandingan semifinal Liga Champions 2021 antara Paris Saint-Germain dan Manchester City yang membuat Angel Di María diusir.

Kuipers dituduh oleh dua pemain PSG menghina mereka di lapangan.

Manajer Mauricio Pochettino meminta UEFA untuk menyelidikinya.

Pada 8 Juli 2021, UEFA mengumumkan bahwa Kuipers akan menjadi wasit final UEFA Euro 2020 yang akan dimainkan antara Italia dan Inggris pada 11 Juli 2021 di Stadion Wembley.

Turnamen Internasional Bjorn Kuipers

Baca Juga:  Susunan Pemain Italia vs Inggris, Siapa Juara Euro 2020?

FIFA World Cup: 2014, 2018

UEFA European Championship: 2012, 2016, 2020

FIFA Confederations Cup: 2013

FIFA U-20 World Cup: 2017

FIFA Club World Cup: 2010

UEFA European Under-17 Championship: 2006

UEFA European Under-21 Championship: 2009

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...