Business is booming.

Irjen Wahyu Berpamitan ke Anak-anak Pemulung di Aceh

Kembali ke Mabes Polri Sebagai Asisten SDM Kapolri

IRJEN Pol Wahyu Widada meninggalkan Polda Aceh yang dipimpinnya dan kembali bertugas di Mabes Polri.

Irjen Wahyu menyempatkan diri untuk berpamitan dengan anak-anak pemulung di Aceh yang selama ini menjadi binaannya.

Ada ratusan anak pemulung dari Gampong Jawa, Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh saat mobil boks polisi yang datang ke lingkungan mereka, pada Kamis (5/8/2021) lalu.

Berselang menit, beberapa personel polisi dari Kepolisian Daerah (Polda) Aceh dengan sigap membatasi dan memberikan jarak antar agar tidak berkerumun serta memperingatkan memakai masker.

AKP Sandy Titah Nugraha turun mobil lalu menyapa mereka.

“Selamat sore adik-adik! Apa kabar semuanya?” katanya.

“Sore ini, kami dari staf pribadi Kapolda Aceh akan membagikan tas sekolah lengkap dengan isinya. Di samping itu juga kami sudah menyiapkan ratusan buku bacaan untuk adik-adik. Siapa yang mau?” kata Sandy.

 

Irjen Wahyu Widada
Irjen Wahyu Widada, Foto Capture Youtube Channel Arcom Gorontalo

Anak-anak pemulung bersorak kegirangan di antara botol-botol bekas di lingkungan kumuh tersebut.

Para petugas polisi mengingatkan kembali untuk mengambil paket bantuan dengan satu persatu dan menjaga jarak antara satu dan lainnya.

Sebagaimana dilaporkan oleh laman AcehKini.Com yang dikutip Kumparan.Com, AKP Sandy diutus langsung oleh Kapolda Aceh, Irjen Wahyu Widada, yang berakhir masa tugasnya.

Jenderal bintang dua itu ingin pamit kepada anak-anak pemulung, sebelum bertugas di tempat baru, sebagai Asisten Sumber Daya Manusia (SDM) Kapolri.

Surat telegram telah turun sejak Senin (26/7) lalu. Irjen Wahyu digantikan oleh Irjen Pol Ahmad Haydar sebagai Kapolda Aceh yang baru.

Baca Juga:  Final Copa America Argentina vs Brasil, Messi Dkk Lawan Brasil dan Wasit

Di sana terdapat Taman Edukasi Anak Pemulung yang didirikan oleh Maulidar Yusuf, sejak 2012.
Taman edukasi anak pemulung tersebut berdiri karena kegelisahannya terhadap semangat pendidikan anak-anak pemulung yang rendah karena lingkungannya.

Ia menjadi relawan untuk membantu kesulitan anak-anak pemulung dalam belajar dan memberikan pendidikan tambahan di luar sekolah.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kepedulian bapak Kapolda Aceh terhadap pendidikan anak-anak di sini, semoga dengan bantuan ini, mereka menjadi semangat kembali untuk melanjutkan pendidikan yang kelak akan menjadi pemutus rantai kemiskinan di garis

keturunan keluarganya di masa mendatang,” ucap Maulidar.
Di sela-sela kegiatan, Irjen Wahyu menyempatkan diri berkomunikasi melalui video call dengan relawan dan anak-anak pemulung.
“Halo anak-anak, apa kabar, semangat terus ya belajarnya. Ingat kesuksesan adalah hak semua orang, tidak perduli siapa orang tua kita, tidak perduli apa latar belakang kita, jika kita belajar, berdoa, dan berusaha, kelak kita akan sukses di masa depan,” kata Wahyu.

“Jaga kesehatan ya. Salam untuk orang tua di rumah semuanya. Untuk Maulidar sebagai relawan, terus berbuat baik. Jadilah pelita di antara mereka, bimbing dan dukung mereka hingga mendapat pendidikan yang baik, kelak Aceh akan maju dan sukses di tangan-tangan mereka di masa mendatang,” katanya seperti dikutip Kumparan.Com dari AcehKini.Com.

Seluruh kegiatan itu terangkum di dalam sebuah video yang disebar luas di media sosial, Selasa (10/8/2021).

Video tersebut juga dibagikan oleh AKP Sandy kepada acehkini. Di dalam video tersebut, jenderal berbintang dua yang telah ditarik ke Mabes Polri, juga izin pamit kepada seluruh masyarakat Aceh.

“Kepada seluruh masyarakat Aceh, saya mohon pamit dan undur diri. Saya meminta maaf apabila ada ucapan, perbuatan, atau kekhilafan selama saya menjabat selaku Kapolda Aceh. Percayalah saya telah jatuh cinta dengan Aceh,” katanya.

Baca Juga:  Argentina Juara Copa America 2021, Messi Menangis

Serah terima jabatan Kapolda Aceh dan sejumlah perwira tinggi lainnya telah berlangsung di Mabes Polri, Jakarta pada Selasa (10/8/2021).

Kapolda Aceh resmi dijabat Irjen Ahmad Haydar. Sementara Irjen Wahyu resmi menduduki jabatan sebagai Asisten SDM Kapolri.

Wahyu Widada
Nama: Wahyu Widada
Lahir: 11 September 1969 (usia 51 tahun)
Tempat lahir: Sleman, DI Yogyakarta

Perwira Tinggi
– Nama lengkap: Irjen Pol Drs Wahyu Widada MPhil
– Berstatus perwira tinggi Polri yang sejak 26 Juli 2021 dengan jabatan pertama Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia
– Wahyu yang merupakan lulusan terbaik Akpol 1991 dan berpengalaman dalam bidang reserse
– Masa dinas dari tahun 1991
– Hingga Agustus 2021 menjabat Asisten SDM Kapolri
– Sebelumnya menjadi Kapolda Aceh

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...