Business is booming.

Joe Biden Prediksi Jakarta Akan Tenggelam 10 Tahun ke Depan

Anies dan Ariza Santai Menanggapinya

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Ariza) kompak menanggapi pernyataan Presiden AS Joe Biden soal prediksi Jakarta bisa tenggelam.

Joe Biden memprediksi bahwa DKI Jakarta bisa tenggelam dalam 10 tahun ke depan.

Prediksi ini berdasarkan kajian naiknya permukaan air laut setiap tahun.

Hal itu disampaikannya saat memberikan pidato di Kantor Direktur Intelijen Nasional pada Selasa (27/7).

Prediksi ini didasari atas naiknya permukaan air laut sekitar 0,7 meter per tahun akibat pemanasan global.

Atas dasar itu, Biden memperkirakan Indonesia harus memindahkan ibu kotanya dalam 10 tahun ke depan.

Menurut Anies dalam rekaman webinar Ikatan Institut Teknologi Bandung, Selasa (10/8), pernyataan Biden untuk pertobatan pola berpikir (paradigma) Amerika dari pola berpikir pada era Presiden Donald Trump.

Dalam pernyataannya itu, Biden sebenarnya sedang mengajak Amerika dan seluruh dunia agar mengubah paradigma ekonomi yang menginginkan agar keberlangsungan ekonomi harus selaras dengan kelestarian alam.

”Joe Biden sedang mengajak Amerika untuk melakukan kami sebut dengan istilah pertobatan paradigmatik. Karena kita tahu posisi Amerika pada beberapa tahun sebelumnya berseberangan sekali,” kata Anies seperti dilansir dari Antara.

”Ini sejalan dengan salah satu peran utama Joe Biden yang mengkritik habis eranya Trump pada masa kepemimpinan sebelumnya. Trump bisa dibilang meminggirkan pertimbangan ekologis, menganggap regulasi lingkungan sebagai hambatan pertumbuhan ekonomi,” tambah Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan, pernyataan Biden yang memprediksi Jakarta akan tenggelam sejatinya tidak bisa diartikan secara sederhana.

Baca Juga:  Risma Apresiasi Polres Malang Ungkap Korupsi Bansos

Selain mengajak Amerika dan negara lain mengubah pola berpikir dalam ekonomi, pernyataan Biden, memberikan tanda bahwa Indonesia menjadi perhatian dari masyarakat internasional dan dianggap penting sebagai salah satu tempat yang menunjukkan sehat-tidaknya ekosistem bumi.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku menghormati pernyataan Joe Biden.

Namun, Pemprov DKI tetap berusaha untuk mencegah prediksi itu menjadi kenyataan.

“Ya, tentu kita menghormati pernyataan presiden AS Joe Biden. Tapi, kami Pemprov DKI akan berupaya supaya Jakarta tidak tenggelam,” kata Ariza, Kamis (5/8).

Kendati demikian, Ariza tak memungkiri jika dataran DKI Jakarta memang terbilang lebih rendah dari permukaan air laut. Namun, masih ada upaya-upaya untuk mencegah Jakarta tenggelam.

“Insya Allah dengan berbagai program yang ada kami akan upayakan Jakarta tidak tenggelam,” kata Ariza.

“Memang Jakarta dataran rendah, dikelilingi laut. Tapi, kita harapkan Jakarta tidak tenggelam dengan berbagai program, air bersih, pipanisasi, program giant wall, dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Di sisi lain, politikus Partai Gerindra itu berharap masyarakat turut meningkatkan kesadaran diri. Sebab, dengan perilaku hidup bersih, maka potensi bencana alam bisa ditekan.

“Kita harapkan Jakarta tidak tenggelam dan tentu yang tidak kalah penting, perilaku masyarakat kita perbaiki untuk tidak membuang sampah sembarangan,” pungkas Ariza.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...