Business is booming.

Ismail Sabri Yaakob Jadi Perdana Menteri Malaysia

Raja Malaysia Imbau Anggota DPR Hentikan Pertikaian Politik

RAJA Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah melakukan pertemuan dengan raja-raja Melayu di Kuala Lumpur pada Jumat (20/8/2021).

Laporan dari berbagai sumber termasuk New Straits Times menyebutkan, mereka bertemu untuk membahas pencalonan perdana menteri kesembilan yang akan menggantikan Muhyiddin Yassin.

Para raja tiba di Istana Negara secara bergiliran di tengah hujan yang mengguyur Kuala Lumpur.
Kendaraan Sultan Terengganu tampak memasuki Istana Negara sekitar pukul 13.58 waktu setempat.

Kemudian disusul kendaraan Sultan Kedah, Sultan Selangor,Raja Pahang, Sultan Perak, Yang Dipertuan Besar Negeri Sembilan, dan lainnya.

Jangan Lewatkan

Raja Sultan Abdullah dijadwalkan akan mengumumkan pelantikan perdana menteri baru setelah mengadakan pertemuan khusus dengan raja-raja Melayu.

Pertemuan khusus yang melibatkan sembilan raja tersebut dijadwalkan bersidang sekitar pukul 14.30.

Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob diperkirakan akan menjadi perdana menteri setelah Muhyiddin Yassin melepaskan jabatannya pada Senin lalu.

Pengunduran diri ini menyusul pengakuannya bahwa dirinya telah kehilangan dukungan mayoritas anggota parlemen.

Dan benar saja, petang harinya, para raja sepakat untuk mengangkat Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob sebagai Perdana Menteri ke-9.

Raja Malaysia mengumumkan penunjukan Ismail melalui pernyataan resmi, setelah pertemuan yang singkat.

Ismail Sabri saat ini berstatus wakil presiden UMNO, partai politik terbesar di Malaysia.
Menurut laporan New Straits Times, pertemuan para raja berakhir sekitar pukul 16:30 waktu Kuala Lumpur.

Sultan Abdullah Ahmad Shah setuju untuk menunjuk Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob dan akan mengangkatnya sebagai PM Malaysia pada Sabtu (21/08/2021) pukul 14:30.

“Yang Mulia berharap dengan pengangkatan perdana menteri yang baru. Krisis politik akan segera berakhir dan semua anggota parlemen dapat menyisihkan agenda politik yang sempit untuk bersatu dan bekerja sama menangani pandemi Covid-19 demi masyarakat dan bangsa,” kata pernyataan itu.

Baca Juga:  Deddy Corbuzier Minta Maaf Usai Disomasi Terkait Podcast ODGJ

Yang Mulia kembali menegaskan bahwa masyarakat tidak boleh terbebani oleh krisis politik yang berlarut-larut di saat negara sedang menghadapi krisis kesehatan dan keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

“Anggota DPR diingatkan untuk menunjukkan solidaritas dengan mengutamakan dan menunjukkan komitmen melayani publik,” kata Pengawas Keuangan Rumah Tangga Kerajaan Ahmad Fadil Syamsuddin dalam pernyataannya.

Datuk Seri Ismail yang 61 tahun mendapat dukungan dari 114 anggota parlemen. secara tertulis.

Dukungan tertulis diserahkan kepada kerajaan saat mereka audiensi oleh Raja pada hari Kamis.

Nama Ismail diteruskan ke Raja sebagai perdana menteri berikutnya setelah pengunduran diri Tan Sri Muhyiddin Yassin, yang kehilangan dukungan dari 15 anggota parlemen UMNO.

Pemerintahan Muhyiddin berlangsung selama hampir 18 bulan.

Sebanyak 114 anggota parlemen federal yang mendukung Ismail merupakan replika dari mereka yang mendukung Muhyiddin ketika ia menjadi perdana menteri pada Maret tahun 2020.

Muhyidin naik ke tampuk kekuasaan menyusul pengunduran diri secara mendadak Perdana

Menteri Mahathir Mohamad, yang berstatus ketua koalisi pemerintahan Pakatan Harapan yang berusia 22 bulan.

Sebanyak 114 anggota parlemen ini termasuk anggota Parti Pribumi Bersatu Malaysia pimpinan Muhyiddin, Partai Islam Se-Malaysia, Gabungan Partai Sarawak (GPS) dan UMNO.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...