Business is booming.

Erick Thohir: Liga 1 Pemersatu & Pengobar Semangat

Liga 1 Indonesia Bergulir Kembali Setelah 1,5 Tahun Terhenti

MENTERI BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa perhelatan Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 menjadi ajang pemersatu bangsa sekaligus pengobar semangat masyarakat melawan pandemi COVID-19.

“Liga ini bukan sekadar ‘event’ olahraga,” kata Erick dalam pembukaan Liga 1 Indonesia 2021-2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (27/8/2021).

Pria berusia 51 tahun itu pun yakin liga dapat berjalan dengan baik. Syaratnya, kata Erick, adalah penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Erick pun mencontohkan bagaimana Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang, dapat berlangsung lancar saat prosedur kesehatan dijalankan dengan disiplin.

“Saya rasa hari ini kita bisa melihat bagaimana Indonesia dapat membuka mata dunia dengan menyelenggarakan ‘event’ olahraga besar,” tutur laki-laki yang juga pengusaha tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengaku bersyukur Liga 1 dapat berjalan kembali setelah terhenti sejak Maret 2020.

Menurut Iriawan, terlaksananya liga tak lepas dari kerja sama berbagai pihak, termasuk pemerintah Indonesia.

“Malam ini sejarah mencatat Indonesia bisa melaksanakan kembali liga. Ini butuh jalan panjang karena banyak prosedur yang harus dilalui,” kata purnawirawan Polri berpangkat akhir Komisaris Jenderal Polisi itu.

Seremoni pembukaan BRI Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 di SUGBK berlangsung sederhana dan dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin serta beberapa perwakilan kementerian, Polri, TNI, BNPB, PSSI, PT Liga Indonesia Baru dan pemangku kepentingan sepak bola lain.

Setelah pemberian sambutan, seremoni berlanjut ke penyerahan trofi juara Liga 1 Indonesia 2019 dari sang kampiun Bali United kepada PSSI.

Kemudian, ada prosesi pemberian bola Liga 1 musim 2021-2022 dari Menteri BUMN kepada Ketua Umum PSSI. PSSI lalu mengoper bola tersebut kepada wasit berlisensi FIFA yang memimpin pertandingan perdana liga, Yudi Nurcahya, sebagai tanda dimulainya Liga 1 musim terbaru.

Baca Juga:  Kapolrestro Jakbar Kombes Pol Ady Wibowo Minta Maaf

Adapun laga pertama Liga 1 Indonesia 2021-2022 mempertemukan juara Liga 1 Indonesia 2019 Bali United melawan juara Liga 2 Indonesia 2019, Persik Kediri.

Bali United Menang

Pada laga perdana semalam, Bali United mengalahkan Persik Kediri dengan skor tipis 1-0 leat gol tunggal pemain sayap Muhammad Rahmat.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, itu, Rahmat yang masuk dari bangku cadangan berhasil melesakkan bola ke dalam gawang setelah memanfaatkan umpan Melvin Platje.

Tiga poin dari partai tersebut membuat Bali United, juara Liga 1 2019, memimpin klasemen sementara Liga 1 2021-2022.

Pada laga itu, pelatih Bali United Stefano ‘Teco’ Cugurra menurunkan deretan pemain terbaiknya, termasuk Willian Pacheco, Fadil Sausu, Melvin Platje dan Ilija Spasojevic sejak menit pertama.

Sementara Persik, yang ditangani Joko Susilo, memberikan kesempatan merumput kepada pemain asingnya Ibrahim Bahsoun Youssef Ezzejjari. Bek tangguh OK John juga berlaga.

Dengan komposisi demikian, Bali United lebih banyak menguasai pertandingan. Persik beberapa kali menggigit melalui serangan balik.

Meski tampil menekan, Bali United justru hampir saja kebobolan pada menit ke-13 setelah Persik mendapatkan tendangan penalti lantaran Melvin Platje melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Namun, Youssef Ezzerjjari yang menjadi eksekutor gagal menunaikan tugasnya. Kiper Bali United Wawan Hendrawan mampu menepis bola dan Youssef kembali gagal memanfaatkan bola pantul. SUMBER: ANTARA

Komentar
Loading...