Business is booming.

Ganjar Ultah di Hari Sumpah Pemuda, Selamat Ulang Tahun Trending

Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk @ganjarpranowo terus mengalir Tanda kecintaan

Tepat di hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berulang tahun ke-53.

Selamat Ulang Tahun pun trending, dan teratas adalah ucapan untuk HUT Ganjar Pranowo selain HUT Sumpah Pemuda.

Ganjar memasuki periode kedua sebagai Gubernur Jateng yang menjabat sejak 18 Agustus 2013.

Sebelumnya, Ganjar merupakan anggota DPR dua periode dari Fraksi PDIP periode 2004-2009 dan 2009-2013.

Berikut Cuitan Netizen tentang Selamat Ulang Tahun

@AAretwett: Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Bp. @ganjarpranowo terus mengalir dari masyarakat berbagai daerah. Bukti kecintaan dan kerinduan rakyat kepada sosok pemimpin yang bersahaja ini. #hut53ganjar

@BlaterMuda: Selamat Ulang Tahun Pak @ganjarpranowo semoga panjang umur dan menjadi Presiden RI meneruskan jejak langkah dan kerja keras Pak Jokowi

@Hendralovers10: Selamat ulang tahun Ganjar Pranowo! dan selamat hari sumpah pemuda untuk Indonesia! #93tahunSPdan53tahunGP

@EnjoyJateng: Selamat ulang tahun Gubernur Jateng Bapak @ganjarpranowo. Bekerja tak kenal lelah untuk masyarakat. Terima kasih sudah menjadikan Jateng tumbuh menjadi provinsi yang berprestasi. Semangat selalu Pak Ganjar Pranowo! Wajah tersenyum dengan mata tersenyum

@SGMojokerto: Selamat Ulang Tahun Pak @ganjarpranowo Semoga Panjang Umur dan sehat selalu. Bersamaan dg Hari Sumpah Pemuda..menjadikan Semangat untuk memperjuangkan Pak
@ganjarpranowo menuju RI sesuai dg Misi Sahabat Ganjar.

@plshn1: Selamat ulang tahun pak Ganjar, sehat dan bahagia bersama keluarga serta tetap NKRI,

@Tata_3998: Selamat Ulang Tahun buat pak Ganjar,. Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan dalam segala urusan dunia maupun urusan akhirat.” #hut53ganjar

Baca Juga:  Ganjar Pranowo Trending, Usai Jadi Capres Nomor 1 Versi Survei

Profil Ganjar Pranowo

H Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P. lahir 28 Oktober 1968.

Ia adalah Gubernur Jawa Tengah dua Periode yang menjabat sejak 23 Agustus 2013. Sebelumnya, ia merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi PDI Perjuangan periode 2004–2009 dan 2009–2013.

Selain itu, Ganjar juga menjabat sebagai Ketua Umum KAGAMA (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada) periode 2014–2019.

Ganjar awalnya tidak lolos saat mencalonkan diri sebagai anggota DPR-Ri pada pemilu 2004, akan tetapi ia menerima tugas sebagai pengganti antar waktu (PAW) untuk menggantikan rekan separtainya yang berada dalam daerah pemilihan yang sama (Jawa Tengah 7) yakni Jakob Tobing, yang ditugaskan oleh Presiden Megawati Sukarnoputri menjadi duta besar untuk Korea Selatan.

Ketika menjadi anggota DPR-RI pada periode 2004-2009, Ganjar Pranowo ditugaskan di Komisi IV yang mengawasi bidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, dan Pangan.

Selain itu, ia pernah ditempatkan pada Pansus (Panitia Khusus) RUU Partai Politik sebagai ketua panitia khusus, anggota Badan Legislasi DPR RI, dan Ketua Panitia Khusus tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD di DPR RI.

Di periode keduanya sebagai anggota DPR-RI, ia ditempatkan pada Komisi II yang mengawasi bidang Pemerintahan Dalam Negeri, Otonomi Daerah, Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi, Pemilu, Pertanahan, dan Reformasi Agraria.

Ia mulai dikenal publik karena menjadi anggota Panitia Khusus Hak Angket Bank Century sekaligus menjadi Wakil Ketua Komisi II DPR RI.

Di tengah kesibukannya sebagai Anggota DPR RI, ia sempat menyelesaikan studi pascasarjananya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia pada tahun 2013.

Ia sebenarnya merupakan mahasiswa pascasarjana di FISIP UI sejak tahun 2009, tapi terpaksa cuti karena kesibukannya sebagai anggota DPR-RI.

Baca Juga:  Aktivitas Semeru Terjadi Sejak 2 Desember, Kini Erupsi, Warga Berlarian

Ganjar maju menjadi calon gubernur dalam Pemilihan Umum Gubernur Jawa Tengah Tahun 2013, berpasangan dengan Heru Sudjatmoko yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP.

Ganjar-Heru yang dikenal dengan tagline mboten korupsi mboten ngapusi (tidak korupsi tidak membohongi) ini keluar sebagai pemenang dengan total perolehan suara mencapai 48,82%.

Pelantikan Ganjar sebagai gubernur dilaksanakan hari Jumat, 23 Agustus 2013 oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di DPRD Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Semarang.

Ia kembali menjadi Gubernur Jawa Tengah untuk periode 2018-2023 dengan perolehan suara 58,78 persen dengan perolehan 10.362.694 suara.

Pada pilkada tersebut, ia berpasangan dengan Taj Yasin Maimoen yang merupakan anggota DPRD Jawa Tengah periode 2014-2019 dari Fraksi PPP dan dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah 3 (Kabupaten Pati, Rembang, Grobogan, dan Blora).

Pada pilkada kali ini, Ganjar harus mengakui kekalahan di empat kabupaten yang sebelumnya dikenal sebagai basis PDI Perjuangan (karena dahulu merupakan basis PNI), yakni Brebes, Tegal, Purbalingga, dan Kebumen.

Ia menikah dengan Siti Atikah Supriyanti, seorang anak tokoh Nahdlatul Ulama dari Purbalingga, Jawa Tengah yang ia temui ketika KKN tahun 1994 di Temanggung, Jawa Tengah.

Ada kisah unik di antara keduanya, Ganjar yang memiliki latar belakang GMNI (dan PDI) menikah dengan seseorang yang memiliki latar belakang pesantren (di Purbalingga) yang berafiliasi dengan NU (dan PPP).

Ia dan Siti Atikah menikah pada tahun 1999 dan memiliki satu anak laki-laki yang lahir pada tahun 2003 bernama Muhammad Zinedine Alam Ganjar yang kini bersekolah di SMAN 3 Semarang, Jawa Tengah.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...