Business is booming.

Olivia Anak Nia Daniaty Pasrah Jadi Tersangka Penipuan CPNS Fiktif

Oi Diperiksa Kembai dengan Status Tersangka

PENGACARA Susanti Agustina mengonfirmasi bahwa kliennya, Olivia Nathania telah ditetapkan sebagai tersangka penipuan CPNS. Olivia diperiksa kembali dengan status sebagai tersangka.

“Sudah di sana di Polda sekarang. Saya pagi hari ini belum bisa ikut. Oi (panggilan Olivia) sekarang sudah di Polda dan sudah diperiksa deh,” kata Susanti saat dihubungi Detikcom, Kamis (11/11/2021).

Susanti mengatakan Olivia yang berstatus anak dari penyanyi Nia Daniaty diperiksa dengan status sebagai tersangka. Ia menyebut Olivia sudah hadir di Polda Metro Jaya sejak pukul 07.00 WIB.

“(Pemeriksaan) tambahan ya dari hasil penyidikan saksi-saksi. Ini kan udah tersangka Oi. Penyidikan tersangka. Panggilan hari ini sebagai tersangka, bukan saksi lagi. Sudah ditetapkan tersangka,” imbuhnya.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus sebelumnya menjelaskan bahwa Olivia Nathania dan suaminya, Rafly N Tilaar, dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada awal Oktober 2021.

Olivia dituding melakukan penipuan dengan modus bisa memasukkan seseorang menjadi PNS. Korban penipuan ini diperkiraan mencapai 225 orang dengan kerugian ditaksir mencapai Rp 9,7 miliar.

Pada 11 Oktober 2021, Olivia menjalani pemeriksaan perdana. Ia dicecar 41 pertanyaan selama 9 jam dalam pemeriksaan di Polda Metro Jaya.

Sejumlah korban penipuan ini juga telah diperiksa oleh penyidik Polda Metro Jaya. Mereka menjelaskan cara-cara yang digunakan terlapor untuk menipu. Salah satunya dengan mengaku-ngaku sebagai kerabat menteri.

Olivia Nathania juga disebut membuat pelantikan CPNS bodong. Pelantikan digelar melalui aplikasi Zoom dengan memperdengarkan sambutan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Gambar dan suara Anies diduga dicatut dan dimasukkan dalam pelantikan daring tersebut.
Kini, penyidik menaikkan status penanganan Olivia dari penyelidikan menjadi penyidikan, dengan konsekuensi Olivia Nathalia alais Oi berstatus jadi tersangka.

Baca Juga:  Kecepatan Mobil Vanessa Angel Bisa di Atas 140 Km/Jam

Sosok Agustin

Susanti Agustina menyebutkan bahwa Agustin selaku pelapor Olivia Nathania ditengarai turut serta dalam dugaan penipuan CPNS ini.

Sebagai mantan guru, Olivia yang berstatus anak penyanyi Nia Daniaty akan patuh dengan penetapan dirinya sebagai tersangka.

“Cuman Oi (Olivia Nathania) saja yang tersangka dan kita punya bukti-bukti apabila Oi tersangka. Sejauh ini Ibu Agustin sebatas turut serta,” kata Susanti saat dihubungi detikcom, Kamis (11/11/2021).

Sejauh ini, media belum mendapatkan konformasi dan tanggapan dari Agustin. Dalam beberapa kesempatan, Agustin juga menuntut Oi karena dirinya dirugikan. Agustin merupakan mantan guru Olivia.

Menurut Susanti, Agustin patut ditetapkan sebagai tersangka dalam penyertaan dugaan penipuan ini. Sebab menurut Susanti, Agustinlah yang merekrut para korbannya.

“Kenapa? Karena fakta-fakta hukum, fakta-fakta otentik banyak yang dilakukan Ibu Agustin. Jadi Ibu Agustin dengan Oi sama posisinya, Ibu Agustin yang merekrut. Banyak orang kenal sama Ibu Agustin, bukan Oi. Jadi Ibu Agustin yang membawa (korban),” bebernya.

Susanti lalu mencontohkan salah satu bukti yang bisa menjerat Agustin ikut menjadi tersangka. Susanti mengatakan, Agustin mengirimkan chat ke sebuah grup WhatsApp terkait adanya penerimaan CPNS.

Jadi ada percakapan ibu Agustin mengatakan di grup ya, Misalnya Agustin menyebutkan 1 Februari 2021 ada pendaftaran CPNS.

Susanti membuka chat tersebut sbb: “Assalamualaikum wr wb selamat malam semua bagi teman-teman yang namanya ada di atas dimohon hadir pada hari Rabu 3 Februari 2021 jam 15.30 tempat Nikara Residence Jalan Ampera Raya Ragunan Pasar Minggu, Jaksel. Ini CPNS di luar Jabodetabek. Untuk Jabodetabek akan segera menyusul,”

Susanti juga menuding Agustin menyuruh korban yang sudah bekerja untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya dengan alasan akan ada pelantikan CPNS.

Baca Juga:  Aneh, Ada Pejabat Negara LHKPN Nya Minus Rp 1,759 Triliun

Ada lagi chat Agustin tertanggal 24 Februari sbb: “Assalamualaikum informasikan kepada teman-teman yang saat ini masih bekerja di swasta mohon di akhir Februari untuk mengurus pengunduran dirinya. Karena, setelah pelantikan di bulan Maret teman-teman langsung orientasi ke dinasnya masing-masing dan langsung bekerja. Terima Kasih wassalam.”
Susanti mendesak polisi agar menetapkan Agustin sebagai tersangka di kasus ini.

“Iya. Turut serta (Pasal) 55 ini jelas ikut sertanya Ibu Agustin ini, jelas nyata nggak bisa kalau Oi tersangka, ibu Agustin wajib tersangka,” ujarnya.

Komentar
Loading...