Business is booming.

Hastag Persija Jakarta Trending, HUT ke-93, Begini Sambutan Anies

Jakarta kotanya para pemenang dan @Persija_Jkt klub kebanggaan nya...

Persija Jakarta hari ini 28 Novermber 2021 berulang tahun ke-93.

Hastag #PersijaJakarta pun berkumandang.

Gubernur DKI Jakarta dalam sambutannya mengatakan bahwa Persija adalah kesebelasan dengan sejarah amat panjang dan pendukung loyal.

“93 tahun perjalanan persija, sebuah klub kebanggaan kita semua warga Jakarta,” ucapnya.

“Pendukung Persija yakni Jakmania siap bekerja ekstra dukungan, harap persija jadi juara di setiap kompetisi yang diikuti.”

Ia pun berharap para pemain-pemain Persija bisa menginsipirasi untuk masyarakat Jakarta pada umumnya.

Fans Persija yakni Jakmania memang ingin Jakarta lebih berprestasi lagi.

Berikut cuitan sejumlah netizen terkait ultah Persija

@Persija_Jkt: 93 tahun terus berlari untuk tetap jadi yang terbaik di negeri ini Bendera Indonesia Dirgahayu Kebanggaan, Kehormatan, dan Kecintaan Jakarta dan The Jakmania, PERSIJA JAKARTA. #Persija93th #Big93r #Strong93r #BelieveIn12 #PersijaJakarta

@sebelahsaya: semoga lebih baik lagi dari sebelum sebelumnya #PersijaJakarta

@Iam_nugro: #PersijaJakarta ayo ayo ayo juara AFC Cup kedepannya, apa tidak bosan cuma putar-putar di Indonesia. #PersijaJakarta klub sepakbola profesional, jadi bicaranya sudah di tingkat kawasan, bukan lagi tingkat regional. #JakMania bangga menyaksikan #PersijaJakarta juara AFC Cup.

@ehjay28: bangkit bangkit bangkit! #PersijaJakarta #Big93r #Strong93r

@Loverbo09: Jaya Raya selalu #PersijaJakarta

@boedi_prast: JAKARTA, kotanya para pemenang dan @Persija_Jkt klub kebanggaan nya…!
Lintas suku & lintas agama, @Persija_Jkt yg MENYATUKAN nya

Baca Juga:  Aneh, Ada Pejabat Negara LHKPN Nya Minus Rp 1,759 Triliun

@abangdani26: Pada akhirnya Persija adalah kaitan dari bentuk rasa kecintaan. Pemerintah, Masyarakat Jakarta, Jakmania, dan Persija. Dirgahayu @Persija_Jkt #PersijaJakarta

@RDharmawan17: Dirgahayu 93 Tahun @Persija_Jkt Jayalah Sepanjang Masa

Ya Persija Jakarta (dahulu dikenal juga dengan nama Persija Pusat) adalah klub sepak bola Indonesia yang berbasis di Jakarta.

Persija saat ini berlaga di Liga 1. Persija merupakan salah satu klub sepakbola paling sukses di sejarah sepakbola Indonesia dengan torehan 2 kali juara liga domestik dan 9 kali juara turnamen perserikatan hingga sejauh ini.

Persija didirikan pada 28 November 1928, tepat sebulan setelah Sumpah Pemuda, dengan cikal bakal bernama Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ).

VIJ merupakan salah satu klub yang ikut mendirikan Persatuan sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan keikutsertaan wakil VIJ, Mr. Soekardi dalam pembentukan PSSI di Societeit Hadiprojo Yogyakarta, Sabtu-19 April 1930.

Pada zaman Hindia Belanda, nama awal Persija adalah VIJ (Voetbalbond Indonesische Jacatra).

Pasca-Republik Indonesia kembali ke bentuk negara kesatuan, VIJ berganti nama menjadi Persija (Persatuan sepak bola Indonesia Jakarta).

Pada saat itu, NIVU (Nederlandsch Indisch Voetbal Unie) sebagai organisasi tandingan PSSI masih ada. Di sisi lain, VBO (Voetbalbond Batavia en Omstreken) sebagai bond (perserikatan) tandingan Persija juga masih ada.

Terlepas dari takdir atau bukan, seiring dengan berdaulatnya negara Indonesia, NIVU mau tidak mau harus bubar.

Mungkin juga karena secara sosial politik sudah tidak kondusif (mendukung). Suasana tersebut akhirnya merembet ke anggotanya, antara lain VBO.

Pada pertengahan tahun 1951, VBO mengadakan pertemuan untuk membubarkan diri (likuidasi) dan menganjurkan dirinya untuk bergabung dengan Persija.

Dalam perkembangannya, VBO bergabung ke Persija. Dalam turnamen segitiga persahabatan, gabungan pemain bangsa Indonesia yang tergabung dalam Persija “baru” itu berhadapan dengan Belanda dan Tionghoa.

Baca Juga:  Pertama Kali Atlet Vietnam Meraih Emas Pencak Silat, Indonesia Sabet Dua Tiket Final

Inilah hasilnya: Persija (Indonesia) vs Belanda 3-3 (29 Juni 1951), Belanda vs Tionghoa 4-3 (30 Juni 1951), dan Persija (Indonesia) vs Tionghoa 3-2 (1 Juli 1951).

Semua pertandingan berlangsung di lapangan BVC Merdeka Selatan, Jakarta.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...