Business is booming.

Hastag Ciri-ciri Psikopat Trending, Versi Netizen Jadi Kocak, Bikin Tertawa

Kalo jam dindingnya mati gak langsung ganti batre tapi didiemin dulu sekitar 65 tahun

Malam-malam #ciriciripsikopat trending. Tanggapan netizen bermacam-macam, namun sebagian besar isinya bikin senyum.

Tak begitu jelas awal mula trending ciri-ciri psikopat.

Definisi psikopat sendiri menurut web Aladokter adalah gambaran seseorang yang tidak memiliki emosi, perasaan dan hati nurani.

Ada pun istilah medis yang tepat adalah gangguan kepribadian sosial.

Salah satu netizen yang memperkenalkan #ciriciripsikopat adalah @jek___ seorang penulis buku.

Ia menulis begini, “kalo jam dindingnya mati gak langsung ganti batre tapi didiemin dulu sekitar 65 tahun”

Jika ditelusuri, salah satu berita terkini yang dianggap terkait #ciriciripsikopat adalah berita Siskaeee.

Ia menjadi tersangka video viral pornografi berupa aksi pamer payudara dan kemaluan di kawasan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Hasil pemeriksaan polisi, Siskaeee menyimpan sejumlah barang untuk diijadikan bukti mulai dari kamera, uang dolar, kostum hingga cambuk.

Berikut cuitan kocak sejumlah netizen tentang ciri-ciri #ciriciripsikopat

@geraldlifipit: kalo gebetan lagi ngambek sengaja di diemin dulu sampe emosinya mendidih, kemudian angkat, lalu tiriskan.

@djuandiaktif: Kalo lagi berak gayung nya di tenggelemin di kolam sampe blebek blebek keabisan napas

@nico_inoo: lampu merah masih 3 detik, tapi yang kendaraan belakang udah klakson2 kaya lg dikejar pocong mumun

@Mao_miaw: #ciriciripsikopat Sering make legging macan tutul

@hayukatchi: Scrolling twitter sampe batre 2% #ciriciripsikopat

@kinoearsyd: Kang baso lewat depan rumah gak dipanggil, nunggu udah lewat 17 kabupaten baru teriak beliii

@sarsarsariii: #ciriciripsikopat struk belanja, struk atm, segala struk apaan aje dikumpulin ampe dompet penuh padahal kaga ada gunanya

@ardha_ardian: Kalo bertamu kerumah orang suka ga pake salam dulu malah ngetuk kaca pake kontak supra

Baca Juga:  Greysia & Apriyani Terima Hadiah Rumah & Mobil

@cakraadi48: kalo waktu butuh ngemis2 minta tolong pas udah d tolongin WA malah d blokNeutral faceNeutral face

@sonihrsn_: Kalau remotenya ngga fungsi ngga langsung ganti baterai,tapi dipukul²in dulu ke paha

@enggaadayangtau: udah sampe depan rumahnya bukannya salam, malah buka hp chat P “gua udh didepan”

@mahdha98_21_10: #ciriciripsikopat tengah malam bangun cm buat selfie

@Jungkun77603636: Hujan turun deras, tapi masih aja nyiram tanaman #ciriciripsikopat

@JoPras5: Datang ke rumah pacar bawa cincin untuk melamar neneknya.

@ArtfahPolman: Belanja di supermarket , ngebonnya di warung seblah.

Ciri-ciri Psikopat Versi Aladokter.com

Seorang psikopat dapat bersikap gegabah, merusak, dan kasar terhadap orang lain tanpa merasa bersalah.

Kendati demikian, seorang psikopat juga bisa penuh perhitungan dalam bertindak dan tak jarang terlihat karismatik juga menawan.

Perlu diketahui, psikopat tidaklah sama dengan sosiopat, meski kedua kondisi ini termasuk ke dalam kelompok gangguan kepribadian antisosial.

Orang yang psikopat tidak dapat merasakan emosi.

Empati yang ditunjukkan oleh seorang psikopat hanyalah pura-pura, yaitu dengan mempelajarinya dari respons orang lain.

Sedangkan, orang yang sosiopat masih dapat merasakan empati terhadap orang lain, tetapi mengabaikan norma-norma sosial dan cenderung lebih impulsif serta semena-mena.

Dibandingkan dengan psikopat, seorang sosiopat lebih mudah gelisah.

Belum diketahui secara pasti penyebab seseorang bisa menjadi psikopat. Namun, kondisi ini diduga dapat dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan, seperti:

Memiliki gangguan kepribadian saat kanak-kanak

Mengalami kekerasan, pelecehan, atau penelantaran saat kanak-kanak

Memiliki anggota keluarga yang menderita gangguan kepribadian antisosial atau gangguan perilaku dan mental lainnya

Menderita kecanduan alkohol

Berjenis kelamin laki-laki

Menurut penelitian, adanya kelainan pada struktur otak yang mengatur emosi juga dapat menyebabkan seseorang menjadi psikopat.

Baca Juga:  Ariel Tatum Trending, Mulai Isu Pindah Agama Hingga Komentar Lucu

Kelainan ini dapat terjadi akibat kecacatan atau cedera selama masa perkembangan otak.

Kelainan tersebut bahkan juga dapat menyebabkan perubahan fungsi dasar tubuh.

Sebagai contoh, ketika melihat darah atau kekerasan, orang umumnya akan mengalami jantung berdebar, napas menjadi lebih cepat, dan telapak tangan berkeringat.

Namun, seorang psikopat justru akan merasa lebih tenang ketika melihat hal-hal tersebut.

Gejala psikopat merujuk pada gejala gangguan kepribadian antisosial. Seseorang umumnya dapat dikatakan sebagai psikopat jika memiliki gejala berikut ini:

Sangat mudah marah

Memiliki sikap arogan atau terlalu percaya diri

Memiliki sikap agresif dan suka melakukan tindak kekerasan

Memiliki perilaku yang bertentangan dengan norma sosial

Mengabaikan atau melanggar hak orang lain

Tidak mampu membedakan antara benar dan salah

Tidak menunjukkan rasa penyesalan dan empati

Sering berbohong

Tidak segan memanipulasi atau menyakiti orang lain untuk mendapatkan keinginannya

Berulang kali melakukan tindak kriminal

Tidak peduli terhadap tanggung jawab

Selain itu, seorang psikopat biasanya juga sudah menunjukkan gejala gangguan perilaku sebelum usia 15 tahun, seperti:

Memiliki sikap kasar terhadap orang lain dan hewan

Suka merusak barang

Sering melakukan kecurangan

Suka mencuri

Melakukan pelanggaran hukum yang serius

Perlu diingat, seseorang bisa saja memiliki beberapa perilaku di atas meski bukan seorang psikopat. Untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter spesialis kedokteran jiwa (psikiater).

Komentar
Loading...