Business is booming.

Tim Patroli Perintis Presisi, Tim Jaguar, Raimas Backbone Dsb Dilebur

Saya berencana membuat Dream Team yang akan melahirkan heroes-heroes baru

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo meresmikan tim Patroli Perintis Presisi.

Presisi adalah jargon Jendral Listyo Prabowo sebagai kapolri.

Arti umum presisi dalam akurasi atau ketelitian.

Namun Presisi sebagai jargon merupakan singkatan dari prediktif, responsibilitas, transparansi, berkeadilan.

Tim Patroli Perintis Presisi dibentuk untuk melaksanakan tugas pokok Polri, guna memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam sambutannya, Sigit mengatakan, seiring dengan peningkatan aktivitas masyarakat tentunya berpotensi adanya gangguan kejahatan yang meningkat.

Ia pun meminta tim patroli ini untuk senantiasa selalu pada pagi hingga malam hari mengamankan segala aktivitas masyarakat.

“Tentunya seluruh kegiatan masyarakat bisa dilaksanakan dengan baik manakala rekan-rekan bisa hadir dan memberikan rasa aman di tengah kegiatan masyarakat,” kata Sigit usai meresmikan tim patroli perintis Presisi di Mapolda Metro Jaya, Kamis (13/1/2022).

Sepanjang tahun 2021, mantan Kabareskrim Polri ini mengatakan, 79 persen kejahatan yang terjadi adalah kejahatan konvensional dan 35 persennya merupakan kejahatan jalanan.

Oleh karena itu, ia meminta kehadiran tim patroli ini dapat memberikan rasa aman pada saat masyarakat melaksanakan kegiatan.

Lebih lanjut, Sigit menyampaikan tim patroli yang dibentuk sudah dibekali dengan kemampuan mulai dari teknis hingga taktis dalam melaksanakan tugas di lapangan nanti.

Sigit pun berharap bahwa tim patroli ini dapat tampil humanis pada saat bertemu dan memberikan pelayanan masyarakat.

Baca Juga:  Malay Trending karena Usulan Bahasa Melayu Jadi Bahasa Kedua di ASEAN, Netizen Meragukan?

Ia pun menekankan agar kegiatan preemtif dan preventif dikedepankan dalam melaksanakan tugas.

Adapun langkah-langkah tersebut yakni dengan memberikan edukasi ke masyarakat tentang potensi kejahatan, memberikan pesan-pesan kamtibmas sehingga masyarakat bisa lebih berhati-hati dan tidak menjadi potensi sasaran kejahatan.

“Tentunya harapan kita dengan langkah-langkah preemtif dan preventif, langkah pencegahan lebih kuat maka kejahatan yang terjadi akan jauh berkurang. Ini tentunya menjadi harapan kita semua,” ujar Sigit.

Mantan Kapolda Banten ini juga menyampaikan tim patroli ini terus melakukan hal-hal kecil yang dirasakan langsung masyarakat seperti membantu orang menyebrang.

Karena itu, Sigit meminta tim patroli ini nantinya diintegrasikan dengan layanan kepolisian 110 dan command center.

Hal ini dimaksudkan agar keberadaan tim patroli ini dapat termonitor sehingga pada saat ada laporan kejahatan bisa bergerak cepat.

Dalam kesempatan ini, Sigit menekankan, kepada tim patroli perintis presisi untuk menjaga kewibawaan, menghindari pelanggaran dan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat demi mewujudkan Polri yang Presisi.

“Jaga terus kemampuan rekan-rekan, tingkatkan bila perlu kembangkan sehingga polisi bisa berada dan hadir di seluruh ruang-ruang kosong dimana masyarakat merasakan kehadiran rekan-rekan. Dengan kehadiran rekan-rekan rasa aman bisa diwujudkan,” tutup Sigit.

Tim Jaguan dan Raimas Dilebur

Sementara itu Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran berencana membenahi tim khusus patroli yang dibentuk oleh masing-masing Polres di wilayahnya.

Pembenahan dilakukan dengan mengevaluasi keberadaan tim patroli seperti Jaguar besutan Polres Metro Depok hingga Raimas Backbone milik Polres Metro Jakarta Timur.

Tim patroli yang dimiliki masing-masing Polres di wilayah Hukum Polda Metro Jaya itu pun kemudian dilebur dan diintegrasikan ke dalam satu tim. Tim baru yang disebut “Dream team” tersebut bernama Tim Patroli Presisi Polda Metro Jaya.

Tim Jaguar Polresta Depok dilebih jadi Tim Dream Team Polda Metro Jaya (TVonenews)

Keberadaannya diresmikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Kamis (13/1/2022) kemarin.

Pembentukan tim baru tersebut berawal dari keinginan Fadil untuk mengevaluasi tim patroli malam di setiap polsek-polres yang memiliki beragam nama.

Baca Juga:  Wagub DKI Ariza Bantah Anies Minta Dana Asing Terkait Rokok

Tim-tim tersebut dilebur menjadi “Dream Team” yang ideal serta memiliki kemampuan mumpuni dalam berpatroli.

“Kami juga akan siapkan SOP-nya. Supaya jangan ada lagi ada tim Jaguar, Kobra, apalagi itu tim ketupat sayur, tim lele apa itu macam-macam. Akhirnya dia tumbuh berkembang sendiri, suka-suka dia,” ujar Fadil dalam keterangannya, Minggu (31/10/2021).

Nantinya, kata Fadil, tim tersebut akan dikhususkan untuk melaksanakan patroli di malam hari.

“Banyak masukan melalui media sosial untuk mengantisipasi kejahatan pada malam hari. Saya berencana akan membuat sebuah Dream Team yang akan melahirkan heroes-heroes baru untuk mengawal masyarakat. Supaya bobok-nya tenang,” tutur Fadil.

Konsep Presisi Kapolri Listyo Prabowo

Saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR, Rabu, 20 Januari 202i, Komjen Listyo Sigit memaparkan 16 program prioritas dan 8 komitmen jika terpilih menjadi Kapolri.

Selain itu, ia juga memaparkan konsep “Presisi” kepolisian masa depan.

Menurut Listyo, pendekatan ini bisa membuat pelayanan lebih terintegrasi, modern, mudah, dan cepat.

Konsep ini juga tertuang dalam makalahnya berjudul “Transpormasi Polri yang Presisi”.

“Konsep transformasi Polri yang ‘Presisi’ hadir melalui penekanan pada upaya pendekatan pemolisian yang prediktif diharapkan bisa membangun kejelasan dari setiap permasalahan keamanan dalam menciptakan keteraturan sosial di tengah masyarakat,” ujar Sigit.

8 Komitmen Listyo Sigit Perbaiki citra Polri:

1. Menjadikan Polri sebagai institusi yang prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan (PRESISI).

2. Menjamin keamanan untuk mendukung program pembangunan nasional.

3. Menjaga soliditas internal.

4. Meningkatkan sinergisitas dan soliditas TNI Polri, serta bekerjasama dengan APH dan kementerian/lembaga untuk mendukung dan mengawal program pemerintah.

5. Mendukung terciptanya ekosistem inovasi dan kreatifitas yang mendorong kemajuan Indonesia.

6. Menampilkan kepemimpinan yang melayani dan menjadi teladan.

Baca Juga:  Kangen Band Trending, Tri Suaka dan Zidan Dibully Karena Memparodikannya

7. Mengedepankan pencegahan permasalahan, pelaksanaan keadilan restoratif dan problem solving.

8. Setia kepada NKRI dan senantiasa merawat kebhinnekaan.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...