Business is booming.

Malaysia Dilanda Banjir Lagi, Ratusan Mobil di Kuala Lumpur Terendam Air

Proton dan Perodua sebaiknya mulai mengembangkan kapal dan jet ski, banjir susah diatasi?

Banjir trending. Rupanya negara tetangga Malaysia disapa banjir lagi.

Banjir terjadi akibat hujan lebat sejak Senin (7/3/2022) sore.

Tampak netizen Malaysia membagikan foto-foto banjir di Jalanan Kuala Lumpur (KL).

Genangan banjir tersebut meredam puluhan mobil, mungkin ratusan.

Bahkan ada juga yang terjebak, genangan air yang terus meninggi.

Beberapa netizen membagikn video di parkir basement gedung perkantoran di Malaysia.

Tampak air mengucur dari sela-sela tembok dan tampaknya meredam mobil-mobil yang parkir di sana.

“Foto-foto mobil terendam di KL kembali beredar- musim hujan memang menjadi hal yang biasa bagi Malaysia setiap tahun, namun langkah-langkah apa yang sebenarnya dilakukan untuk mengatasi kenaikan air?,” tulis @lynfunkstar

“Pada tingkat ini, Proton dan Perodua sebaiknya mulai mengembangkan kapal dan jet ski, karena masalah ini tidak membaik untuk kita dalam waktu dekat meskipun kita tahu ini terus terjadi, sepanjang waktu. Konstruksi terus-menerus di mana-mana dan perusakan hutan juga tidak membantu,” lanju @lynfunkstar

Sementara itu akun @atiyahsaadon menulis; “This scene is one of my worst nightmare. Anxious teruk tgk the video. Kalau nak parking basement mall tengah kl, selalu ingatkan diri dlm otak “kena balik kalau hujan 2 hours tak benti” belum jd mangsa banjir dah ada fobia. Takleh imagine kesusahan orang yang melaluinya.”

Baca Juga:  Zidane Trending, MU Tak Butuhkan Zidane, MU Butuh Allah?

Akun @nazrul305 membagikan suasana basement dimana air meluncur dari sela-sela atap dan dinding.

Akun tersebut tampaknya sedang berusaha keluar dari parkiran dalam gedung.

“This is 10 minutes before we escaped the parking lot at GGMB building.” Tulisnya.

“Correction. GMBB building. It’s right opposite of Tung Shin hospital off Jalan Pudu.”

Berikut cuitan sejumlah netizen tentang banjir di Malaysia

@teamputeramic: BANJIR KILAT KL. Diharap tiada nyawa terkorban. Utamakan keselamatan dan patuh pada arahan pihak berkuasa. Semoga semua mangsa tabah.

@miorazwan_: Seram bodoh kalau kena banjir sampai separuh rumah separuh kereta kereta

@lafwons: Tp bener sih lebib seringan bis itu banjir drpd pelangi

@haniiumirah: Conclusionnya, tak banjir tapi byk kereta park atas jambatan tepi highway yg buat jem, maybe yg rumah dkt tepi sungai bawah ni incase banjir.

@jajaanuar: aduh sakit terus kepala aku tengok hal banjir nya pastu dengan tetibe kawan ramai pulak positive aduh yaallah tolong aku pulak rasa tak cukup darah ni

@Orowane: Baru nampak keperluan insurance coverage utk banjir kan

@ayeshaaasalleh: Terok ka banjir d kl?

Sementara itu akibatnya Sungai Berop tak bisa menampung air hujan dan melimpah ke jalanan.

Sejumlah warga, antara lain di Lorong Mesra, Teluk Intan diungsikan ke gedung Dewan Serbaguna Padang Tembak.

Menurut laporan @501Awani, selama dua jam hujan lebat disertai kilat melanda Malaysia.

Sebanyak 18 orang dari 4 keluarga terpaksa diungsikan.

Mereka terdiri daripada empat lelaki dewasa, lima wanita dewasa, empat kanak-kanak lelaki dan lima kanak-kanak perempuan.

Banjir bandang pun menerjang sebagian Lembah Klang Malaysia, Senin (7/3/2022) sore.

Akhir Februari lalu sebanyak 12.000 warga Malaysia dievakuasi dari rumah setelah banjir kembali menerjang, Minggu (27/2/2022).

Baca Juga:  Vietnam Batu Sandungan Indonesia di SEA Games 2019, Mampukah Shin Tae-Yong Mengubahnya?

Pejabat setempat mengatakan, banjir diakibatkan hujan lebat di negara-negara bagian utara Malaysia.

Kantor berita AFP melaporkan, Malaysia dilanda cuaca buruk selama akhir pekan ini.

Hujan terus menerus mengguyur kota-kota di pantai timur negara tetangga Indonesia tersebut.

Malaysia sering mengalami cuaca badai tahun ini, dan banjir musiman kerap mengakibatkan evakuasi massal.

Data resmi menunjukkan 11.831 orang tinggal di pusat-pusat bantuan banjir di negara bagian Kelantan dan Terengganu, utara Malaysia, pada Minggu pukul 16.30 waktu setempat.

Mengenai banjir Malaysia baru-baru ini Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob mengatakan, otoritas setempat sedang dikerahkan untuk mengevakuasi para korban.

Hujan lebat juga diperkirakan akan terjadi di sebagian besar semenanjung Malaysia serta di beberapa bagian Pulau Kalimantan.

Peringatan juga dikeluarkan untuk angin kencang dan badai laut, khususnya di Laut China Selatan dan ujung utara Selat Malaka.

Hujan yang turun baru-baru ini terjadi setelah hujan muson lebat dari pertengahan Desember 2021 hingga awal Januari 2022 menyebabkan beberapa banjir terburuk di Malaysia dalam puluhan tahun.

Sekitar 50 orang tewas dan 125.000 warga terpaksa mengungsi saat itu. Pihak berwenang mencatat kerugian sekitar 6,1 miliar ringgit (Rp 20.9 triliun).

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...