Business is booming.

Tiga Tahun Vakum, Lomba Menembak Piala Paspamres Diikuti 868 Peserta

Peserta atlet menembak , Sejumlah Perwira Tinggi hingga Menteri untuk kelas ekskutif

Sebanyak 868 orang ikut lomba menembak  Piala Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) 2022.

Acara digelar selama 3 hari sejak Kamis 10 Maret 2022 sampai Minggu 13 Maret 2022.

“Peserta mencapai 868 orang, jauh melebihi target kami. Pada saat ini masih dibuka pendaftaran kelas tembak presisi dan kelas tembak eksekutif. Kami yakin bisa terus bertambah,” kata Ketua Panitia Piala Danpaspampres Kolonel Infanteri Rudi Setiawan, seperti dilansir Antara, Minggu (13/3/2022).

Danpaspampres saat ini adalah Mayjen TNI Tri Budi Utomo, alumni Akmil 1994.

Kejuaraan menembak Piala Danpaspampres dibuka kembali setelah vakum selama 3 tahun.

Kolonel Rudi yang juga Asisten Operasi (Asops) Danpaspampres menyebutkan pada pertandingan tahun ini ada 19 nomor pertandingan, antara lain tembak eksekutif, tembak presisi 25 meter, tembak reaksi IPSC level II, tembak reaksi non-IPSC (pistol nonoptik), tembak air riffle dan air pistol, tembak Paspampres Style, dan tembak ekshibisi.

Atlet menembak juga ikut serta, salah satunya Rosmawati yang ikut menembak kategoru Paspampres Styke.

Sengaja ikut nomor Paspamres Style demi merasakan gaya menembak pasukan pengamanan Presiden.

Kelas Paspampres Style beda dengan kategori lainnya.

Peserta diwajibkan memakai jas dan membawa selimut antieluru saat berpindah tempat dan menembak sasaran.

Hari terakhir lomba, Minggu (13/3), mengundang sejumlah perwira tinggi TNI dan Polri serta para pejabat negara dan tokoh masyarakat untuk turut serta dalam pertandingan persahabatan.

Baca Juga:  KPU RI Trending, Anies-Muhaimin Pasangan Pertama Daftar Pilpres 2024

Para perwira tinggi dan pejabat itu mengikuti pertandingan kelas menembak eksekutif dueling plate.

Beberapa perwira tinggi TNI dan pejabat negara yang hadir, di antaranya Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Kepala BAIS TNI Letjen TNI Joni Supriyanto.

Dalam pertandingan persahabatan itu, pemenang dari kategori sipil adalah pasangan Menkumham Yasonna Laoly dan Direktur Jenderal Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Reynhard Silitonga.

Sementara itu, juara kelas menembak eksekutif kelas perwira tinggi TNI dan Polri adalah pasangan Komandan Pasukan (Danpas) Gegana Polri Brigadir Jenderal Polisi Reza Arief Dewanto bersama Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Udara (Danseskoau) Marsda TNI Widyargo Ikoputra.

Para pemenang kejuaraan menembak Piala Danpaspampres 2022 yang akan diumumkan pada acara penutupan, Minggu, akan menerima hadiah berupa medali, trofi, serta uang pembinaan yang totalnya hampir mencapai Rp200 juta.

Juara pertama, peringkat kedua, dan urutan ketiga juga nantinya berhak mengikuti undian hadiah tambahan (doorprize) berupa motor trail KLX, sepeda motor listrik, dan motor matik.

Bambang Tri dan Titiek Ikut Lomba

Putra dan putri Presiden RI ke-2 Soeharto, yakni Bambang Trihatmodjo dan Siti Hediati Hariyadi atau kerap disapa Titiek Soeharto ikut serta pada Kejuaraan Tembak Piala Komandan Paspampres (Danpaspampres) 2022.

“Saya diajak pelatih untuk ikut Kejuaraan Tembak Piala Danpaspampres ini,” kata Titiek Soeharto saat ditemui di Lapangan Tembak Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin), Senayan Jakarta, Sabtu.

Pada lomba tembak Danpaspampres 2022 tersebut anak keempat dari Presiden Soeharto itu turun di kelas eksekutif dan tembak reaksi. Saat tampil, Titiek terlihat mengenakan baju biru dengan motif hitam putih dan celana hitam panjang.

Baca Juga:  Kadin Trending, Netizen Salut Jumlah Viewer Anies Baswedan Bersaing dengan Ronaldo

Ia mengatakan berawal dari pandemi COVID-19 yang membuat hampir semua kegiatan masyarakat serba dibatasi, Titiek merasa jenuh karena tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya.

“Kebetulan abang dan keponakan saya semuanya petembak lalu mereka mengajak saya olahraga menembak,” kata Titiek.

Setelah beberapa kali diajak berlatih menembak, Titiek akhirnya memutuskan untuk masuk ke klub tembak yang sama dengan Bambang Trihatmodjo.

Terakhir kali sebelum ikut lomba menembak Piala Danpaspampres 2022, Titiek mengaku ikut latihan pada awal 2021. Tidak sampai di situ, keseriusannya dalam olahraga menembak kian berlanjut dengan mengikuti ujian IPSC pada Maret 2021.

“Setelah itu, April 2021 ada kejuaraan yang diadakan oleh Kopassus saya ikut untuk mencoba,” kata dia.

Kejuaraan Tembak Piala Danpaspampres 2022 digelar selama 4 hari, mulai 10 hingga 13 Maret 2020. Kegiatan tersebut berlangsung di Lapangan Tembak Perbakin Senayan Jakarta.

Untuk jenis perlombaan dibagi menjadi tujuh kelas, yakni tembak eksekutif, tembak presisi 25 meter, tembak reaksi IPSC level II, kelas tembak reaksi non-IPSC (pistol nonoptik), tembak air riffle dan air pistol, tembak Paspampres style, dan tembak ekshibisi yang akan diikuti beberapa publik figur atau artis di Tanah Air.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...