Business is booming.

Hasil Penelitian, Diet Ketat Bisa Obati Diabetes Tipe 2, Disebut Game-changing

Pengidap DIabetes Tipe 2 Bukan Hanya Orang Gemuk Tapi yang Berat Badan Normal Juga

Sebuah diet yang disebut ‘game-changing’ dapat membantu orang-orang dengan diabetes tipe 2 untuk membalikan keadaan, bahkan ketika mereka tidak kelebihan berat badan.

Sebuah terobosan ilmiah sebelumnya menemukan diabetes tipe dua bukanlah kondisi seumur hidup, dan dapat di perbaiki dengan penurunan berat badan yang dramatis melalui diet harian drastis 800-kalori.

Karena kebanyakan orang dengan diabetes tipe 2 biasanya mempunyai berat badan yang berlebih, atau obesitas, maka ada asumsi hanya mereka yang bisa membalikkan diabetes tersebut melalui diet.

Tapi sekarang sebuah studi tentang menempatkan orang-orang dengan berat normal pada diet menggunakan minuman pengganti makanan dan sayur-sayuran menemukan mereka juga dapat membalikkan diabetes tipe 2.

Seperti dilansir Daily Mail, sekitar 10 persen orang yang memiliki diabetes jatuh ke dalam kelompok berat badan normal, kira-kira sekitar 400,000 orang di Britania Raya.

Diabetes tipe 2 adalah kondisi dimana insulin dapat diproduksi dengan normal, tetapi sel-sel tubuh kurang sensitif sehingga tidak bisa menggunakannya secara optimal.

Akibatnya, kadar gula darah juga akan meningkat seperti pada diabetes tipe 1.

Diabetes tipe 1 adalah sel-sel beta di pankreas mengalami kerusakan, sehingga produksi insulin menurun.

Akibatnya, sel-sel tubuh tidak dapat mengambil gula dari darah dan kadar gula darah meningkat.

Penyebab diabetes tipe 2 adalah sel-sel tubuh menjadi tidak sensitif dan tidak bisa menggunakan insulin dengan baik juga belum diketahui secara pasti.

Namun, ada beberapa faktor yang diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes tipe 2, yaitu gaya hidup kurang aktif, obesitas, dan pertambahan usia.

Para peneliti yang dipimpin oleh University of Newcastle merekrut 20 orang dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) normal dan memiliki diabetes tipe 2.

Kebanyakan dari mereka memiliki lemak yang sangat tinggi di dalam hati atau pankreas mereka.

Dengan demikian, mereka masukkan ke dalam kelompok yang disebut TOFIs – mereka yang ‘thin on the outside and fat on the inside’ atau jika diartikan ‘kurus pada luarnya dan gemuk di dalamnya’.

Baca Juga:  Ini Beda Peraih Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama

Tapi dengan menurunkan berat badan melalui diet dengan minuman dan sayur-sayuran setelah beberapa minggun membantu 70 persen dari mereka yang mengikuti percobaan untuk membalikkan diabetes mereka.

Profesor Roy Taylor, dari University of Newcastle, yang rencananya akan memberitahukan hasilnya pada Konferensi Profesional Diabetes Britania Raya 2022, mengatakan:

‘Hampir semua yang mengikuti percobaan kami pernah diberi tahu dokter atau praktisi perawat mereka untuk tidak mengurangi berat badan untuk mengatasi diabetes karena berat badan mereka normal.

‘Itu jelas salah, karena kita sekarang tahu semua orang memiliki batas tinggi berat badan masing masing, dan jika berat badan mereka melampaui batas, mereka mungkin akan terkena diabetes tipe 2.

‘Kebanyakan orang yang telah memiliki diabetes kurang dari enam tahun, mereka bisa membalikkan diabetes mereka melalui penurunan berat badan yang dipandu oleh dokter.’

Di tahun 2018, percobaan penting diet kalori rendah untuk membalikkan diabetes tipe 2 menunjukkan hampir setengah dari 136 pasien tetap dalam remisi 12 bulan kemudian.

NHS sekarang telah menguji coba diet sup dan minuman untuk menanggulangi epidemi diabetes di Britania Raya.

Tetapi studi terbaru memfokuskan pada sedikit orang dengan diabetes tipe 2 yang tidak kelebihan berat badan, memberi mereka pemeriksaan terperinci dan pemindaian MRI organ mereka.

Para peneliti menemukan 13 wanita dan tujuh pria tampan memiliki berat badan normal tapi memiliki rata-rata tiga kali lebih banyak lemak di dalam hati dan pankreas mereka jika dibandingkan dengan orang-orang seusia mereka yang tidak memiliki diabetes.

Mereka lalu disuruh untuk berhenti mengkonsumsi obat diabetes dan melakukan diet dengan minuman bernutrisi komplit dengan rasa stroberi dan cokelat selama dua sampai empat minggu, bersama dengan sayuran non-tepung seperti zukini dan jamur.

Baca Juga:  Jangan Takut Hadapi Pinjol Ilegal, Begini Caranya

Setengah dari mereka – sepuluh orang – langsung berhasil membaik dari diabetes mereka, setelah kehilangan rata-rata berat badan 5 persen dari berat badan mereka sebelumnya.

Empat orang lainnya berhasil membaik setelah mengulang diet mereka sekali sampai dua kali untuk menurunkan berat badan mereka sebesar 15 persen.

Rata-rata penurunan berat badan yang ditemukan untuk membantu orang berberat badan normal untuk membalikkan diabetes mereka dan mengurangi lemak di hati dan pankreas mereka ke level normal adalah delapan persen dari berat badan mereka.

Pada rata-rata orang yang tergabung dalam percobaan yang disebut Reversal of Type 2 Diabetes upon Normalisation of Energy Intake in the Non-obese (ReTUNE) (Pembalikan Diabetes Tipe 2 pada Normalisasi Asupan Energi pada Non Obesitas), turun berat badan sebanyak 8kg (satu batu dari empat pon).

Setelahnya mereka disuruh untuk makan sehat, dan menghindari makanan olahan pabrik dan berkalori tinggi selama 12 bulan.

Sebanyak 4.9 juta di Britania Raya memiliki diabetes, dan 90 persen dari mereka memiliki diabetes tipe 2.

Chris Askew, CEO dari Diabetes UK, mengatakan: ‘Penelitian yang game-changing dari Profesor Taylor dan timnya memperperdalam pengetahuan kita tentang mengapa diabetes tipe 2 berkembang, dan apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

‘Ambisi kami adalah agar sebanyak mungkin orang dapat mendapatkan kesempatan untuk membaik dari diabetes tipe 2 mereka dan hidup secara sehat lebih lama.

‘Penemuan dari ReTUNE berpotensi membawa kita selangkah lebih dekat untuk mencapai tujuan ini dengan menunjukkan bahwa mencapai remisi tidak hanya berlaku untuk orang dengan berat badan tertentu.

Obesitas adalah kondisi ketika orang dewasa memiliki IMT 30 atau lebih.

IMT orang yang sehat – dihitung dengan mebagi berat badan dalam kg dengan tinggi dalam meter, dan jawabannya lagi dengan tinggi badan – adalah antara 18,5 dan 24,9.

Di antara anak-anak, obesitas didefinisikan sebagai persentil ke-95.

Baca Juga:  Daftar Panglima TNI, Jendral Andika Perkasa Panglima TNI ke-22

Persentil membedakan anak-anak muda dengan mereka yang seumuran.

Contohnya, jika seorang bayi berusia 3 bulan beratnya ada di persentil ke-40, itu artinya 40 persen dari bayi tiga bulan memiliki berat yang sama atau kurang dari bayi tersebut.

Sekitar 58 persen dari Wanita dan 68 dari Pria di Britania Raya memiliki berat badan berlebih atau obesitas.

Kondisi tersebut menghabiskan NHS sebesar £6.1 milyar, dari perkiraan anggaran sebesar £124,7 miliar, setiap tahun.

Hal ini disebabkan obesitas meningkatkan risiko seseorang dari sejumlah kondisi yang bisa mengancam jiwa.

Kondisi tersebut termasuk diabetes tipe 2, yang dapat menyebabkan penyakit ginjal, kebutaan dan bahkan amputasi anggota badan.

Penelitian menunjukkan bahwa setidaknya satu dari enam kasur rumah sakit di Inggris ditempati oleh pasien diabetes.

Obesitas juga meningkatkan risiko penyakit jantung, yang membunuh 315,000 orang setiap tahun di Britania Raya – menjadikannya penyebab kematian nomor satu.

Memiliki berat badan yang sangat berlebih juga telah dikaitkan dengan 12 jenis kanker yang berbeda.

Ini termasuk kanker payudara, yang mempengaruhi satu dari delapan wanita di satu saat dari hidup mereka.

Di antara anak-anak, penelitian menunjukkan bahwa 70 persen anak-anak obesitas memiliki tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi, yang menempatkan mereka pada risiko penyakit jantung.

Anak-anak yang obesitas juga secara signifikan lebih mungkin untuk bertumbuh menjadi orang dewasa yang obesitas.

Dan jika anak-anak kelebihan berat badan, obesitas mereka di masa dewasa biasanya lebih parah.

Sebanyak satu dari lima anak mulai sekolah di Britania Raya mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, yang meningkat menjadi satu dari tiga pada saat mereka berusia 10 tahun.

Komentar
Loading...