Business is booming.

Puncak Arus Mudik 29-30 April 2022, Polisi Kerahkan 166.743 Personel

“Untuk mudik puncaknya tanggal 29 dan 30, sedangkan baliknya tanggal 7 dan 8,” kata Kombes Pol Eddy Djunaedi

Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi memprediksi jutaan masyarakat akan mudik lebaran 2022. Firman menyebut 47 % masyarakat akan menggunakan transportasi darat.

Polri memastikan mengerahkan ratusan ribu personilnya untuk mengamankan mudik lebaran.

Sebanyak 47 persen dari 85 juta warga yang akan melakukan pernjalanan mudik menggunakan kendaraan pribadi baik mobil hingga sepeda motor.

“Sebanyak 166.743 Personel Mabes, Polda dan instansi terkait lainnya (dikerahkan untuk mudik lebaran,” kata Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi, Rabu (13/4/2022).

Namun begitu, Kombes Pol Eddy Djunaedi belum memerinci secara jelas sistem pengawalan yang akan diterapkan oleh kepolisian. Dia berkata, keterangan lengkap akan disampaikan lebih lanjut.

“Nanti ya. Saya mau rapat,” jelasnya.

Sebelumnya, sejumlah langkah disiapkan polisi dalam mengantisipasi kemacetan mudik Lebaran 2022 nanti. Polisi memprediksi puncak arus mudik terjadi pada 29-30 April.

“Untuk mudik puncaknya tanggal 29 dan 30, sedangkan baliknya tanggal 7 dan 8,” kata Kombes Pol Eddy Djunaedi, Jumat (8/4/2022).

Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan ada beberapa titik wilayah yang dapat berpotensi terjadi kemacetan. Di antaranya jalur arteri hingga tempat wisata.

“Titik-titik potensi kemacetan tetap ada di ruas jalur arteri/nasional, tol dan wisata, namun demikian Polri sudah menyiapkan skema cara bertindaknya,” terangnya.

Sementara, polisi bakal melakukan upaya buka tutup serta contra flow pada arus tol. Hal itu guna menghindari penumpukan pada rest area maupun pada jalur tol.

Baca Juga:  Ronaldo Trending, Namanya Masih Masuk Calon 11 Pemain FIFA FIFPRO 2022

“Untuk rest area kita siapkan CB (cara bertindak) buka tutup dan contra flow,” ungkapnya.

Sebelumnya Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi memprediksi jutaan masyarakat akan mudik lebaran 2022. Firman menyebut 47 % masyarakat akan menggunakan transportasi darat.

Hal itu disampaikannya usai menggelar rapat koordinasi dengan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan pihak-pihak terkait.

Kakorlantas mengajak seluruh elemen untuk bekerjasama agar mudik tahun ini berjalan lancar, aman dan nyaman.

“Informasi yang kami dapatkan adalah kita akan melayani 85 juta masyarakat yang akan mudik. tentunya angka ini bukan angka kecil dan ini bisa berhasil jika kita semua, masyarakat dan petugas bisa saling mengkomunikasikan hal-hal yang dapat dikerjakan sehingga semua bisa terlayani dengan baik,” ujar Firman di NTMC Polri, Jakarta Selatan, Minggu (10/4/2022).

Kakorlantas mengatakan pengaturan arus lalu lintas di jalur darat tengah dipersiapkan dengan baik. Hal itu agar masyatakat bisa terlayani semua.

“Kami yang ada tugas di jalan tentunya perlu mengatur sedemikian rupa, siapa yang keluar sementara, siapa yang jangan keluar dulu. Ini gunanya untuk semua terlayani,” kata Firman.

“Jadi tidak ada kami petugas di lapangan datang untuk menghambat apapun. Perintahnya sudah jelas. Semua cuti dengan baik, semua cuti dengan gembira, perjalanan dengan aman,” sambungnya.

Sementara itu, Menhub Budi Karya mengapresiasi Kakorlantas Firman dan beberapa instansi terkait. Sebab, pembahasan ihwal mudik lebaran telah dilakukan sejak jauh-jauh hari.

Lebih lanjut, Menhub Budi juga memberikan diskresi kepada Kakorlantas Irjen Firman. Sehingga, Irjen Firman bisa menetapkan sejumlah hal dalam pelaksanaan mudik.

“Bahkan dari Korlantas, Drlantas, BPJT juga Jasa Marga melakukan simulasi berapa ratio kalau skenario ini dijalankan. Oleh karenanya, Kementerian Perhubungan memberikan diskresi kepada Kakorlantas untuk menetapkan bila dilakukan satu arah, ganjil genap, dan yang lain,” tutur Menhub Budi.

Baca Juga:  Profil Bupati Kepulauan Meranti, Muhammad Adil, Protes Dana Bagi Hasil dengan Pemerintah Pusat
Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...