Business is booming.

Jojo Jadi Tumpuan Indonesia, Ladeni Singapura di Laga Perdana Thomas Cup

Tahun Ini, Jojo Mengantongi Rekor 16 Menang dan Empat Kali Kalah

Turnamen BWF bergensi, Piala Thomas dan Uber Cup akan berlangsung 8 – 15 Mei 2022 di Bangkok Thailand.

Indonesia sebagai juara bertahan memiliki misi membawa pulang kembali Piala Thomas kembali ke Tanah Air.

Pada gelaran dua tahunan tersebut, baik tim Thomas maupun Tim Uber, Indonesia tergabung dalam Grup A.

Skuad Merah Putih yang menurunkan formasi terbaiknya akan melawan Singapura pada partai perdana Piala Thomas. Sedangkan tim Uber akan melawan Prancis.

Jadwal yang dirilis PBSI, tim Uber yang didominasi pemain muda akan mengawali pertadingan. Indonesia akan menghadapi tim dari Eropa, yakni Prancis.

Jika menelisik ranking BWF, wakil Prancis di kubu tunggal putri memiliki unggulan yang menduduki urutan ke-43.

Sementara di sektor ganda putri, peringkat tertinggi pemain mereka berada di urutan ke-30.
Dilihat dari peringkat, memang Prancis bukanlah lawan dengan pemain yang berada di peringkat top dunia.

Meski begitu, tim Uber Indonesia tetap harus mewaspadai kekuatan dari Prancis.

Pasalnya, kontingen Indonesia sendiri akan menurunkan pemain muda di tim Uber nanti. Ini menjadi tantangan sekaligus ajang pembuktian dari pemain-pemain muda.

Menarik dinantikan aksi dari punggawa tim Uber Indonesia ketika beraksi melawan tim Uber asal Prancis pada partai perdana.

Jojo Tumpuan

Beralih ke tim Thomas, Indonesia berupaya untuk mempertahankan gelar juara bertahan. Indonesia menurunkan skuad terbaiknya demi mempertahankan gelar juara.

Baca Juga:  Profil Ahmad Sahroni, Borong Tiket Formula E dengan Alasan Demi Indonesia

Di partai perdana, Jonatan “Jojo” Christie dkk akan bersua dengan tim asal Asia Tenggara, Singapura.

Hendra Setiawan dkk harus bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam menghadapi Singapura di partai perdana.

Terlebih Singapura memiliki salah satu atlet unggulan di tunggal putra yakni, Loh Kean Yew.

Meski begitu, jika menelisik pertarungan Indonesia dengan Singapura di ajang Badminton Asia Team Championship (BATC) 2022, tim Indonesia kala itu sukses mengandaskan Singapura.

Meski saat itu Chico Aura Dwi Wardoyo yang berperan sebagai kapten tak mampu menumbangkan Loh Kean Yew, namun di sektor ganda putra mereka sukses menambah poin untuk Indonesia.

Skuad Indonesia didominiasi skuad tahun 2021 saat merebut trofi Piala Thomas di Denmark.
Hanya Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Chico Aura Dwi Wardoyo yang tahun ini absen karena difokuskan ke SEA Games Hanoi, Vietnam, 12-23 Mei.

Sementara ganda terbaik Marcus Fernaldi Gideon absen karena masih dalam tahap pemulihan usai operasi pada kakinya.

Sebagai pengganti, PP PBSI menurunkan pemain muda Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Syabda Perkasa Belawa. Selain itu ada juga nama Tegar Sulistio yang diharapkan dapat menimba pengalaman.

Pada sektor tunggal putra, Indonesia mengandalkan lima pemain yakni Anthony Sinisuka Ginting (peringkat 5 dunia), Jonatan Christie (8), Shesar Hiren Rhustavito (24), Tegar Sulistio (496), dan Syabda Perkasa Belawa (626).

Dari deretan nama tersebut, Jojo bakal menjadi tumpuan merujuk pada konsistensi permainan sepanjang musim 2022. Jojo musim ini lima kali turun dalam rangkaian turnamen.

Dia tiga kali melaju ke final dan satu di antaranya berakhir dengan gelar juara pada Super 300 Yonex Swiss Open (22-27 Maret) setelah di final mengalahkan wakil India Prannoy Haseena Sunil Kumar dengan skor 21-12, 21-18.

Baca Juga:  "Pesan Terakhir" Kembali Melambungkan Leodra, Jadi Trending Mengulang Awal Rilis Single Agustus 2021

Pebulu tangkis kelahiran Jakarta, 15 September 1997 itu menjadi runner-up pada Super 500 Korea Open (5-10 April) kalah dari Weng Hong Yang asal China dengan skor 21-12, 19-21, 15-21 dan Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (26 April-1 Mei) kalah dari wakil Malaysia, Lee Zii Jia, 17-21, 21-23.

Sepanjang musim ini, Jojo mengantongi rekor 16 menang dan empat kali kalah. Pencapaian ini menempatkan Jonatan di urutan kedua dalam peringkat BWF World Tour 2022 dengan mengantongi 24.150 poin atau berada di bawah Lakshya Sen asal India dengan 28.950 poin.

Sedangkan Ginting mengantongi rekor delapan menang dan lima kali kalah. Dari lima turnamen yang diikuti, pencapaian tertinggi Anthony mencapai semifinal pada Super 300 Swiss Open.

Pada ajang terakhir di Kejuaraan Asia, dia tersingkir perempat final kalah dari Weng Hong Yang asal China dengan skor 13-21, 21-16, 11-21.

Shesar juga tampil tak konsisten. Dari delapan laga yang dilakoni, dia hanya meraih tiga kemenangan. Pencapaian terbaik Shesar dalam lima turnamen musim ini adalah menjejak perempat final pada Korea Open.

Dari statistik di atas, Jojo memiliki bekal lebih baik di antara pemain tunggal putra lainnya. Jojo diharapkan mampu mendulang poin untuk Indonesia pada setiap laga yang dilakoni. Semoga pemain tunggal putra lainnya juga lebih termotivasi.

Pada sektor ganda, kehilangan Marcus Fernadi Gideon tampaknya tak terlalu berpengaruh karena Indonesia memiliki stok pemain pelapis yang tak kalah tangguh.

Skuad Merah Putih memiliki pasangan muda yang musim ini tampil cukup spektakuler yakni Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Fikri/Bagas membuat kejutan dengan menjadi juara pada Super 1000 All England Open (16-20 Maret) setelah di final mengalahkan sang senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dengan skor 21-19, 21-13.

Baca Juga:  Daftar Panglima TNI, Jendral Andika Perkasa Panglima TNI ke-22

Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan baru saja menjuarai Kejuaraan Asia setelah mengalahkan wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan skor 23-21, 21-10.

Selain dua pasangan muda, Indonesia juga memiliki Hendra/Ahsan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Dengan komposisi sektor ganda yang solid, pelatih tinggal menyusun strategi saat memilih para pemain yang diturunkan pada setiap laga di Piala Thomas 2022.
Sumber: Tribunnews.Com/Antara.Co.Id

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...