Business is booming.

Socceroos Kembali Menggetarkan Jagat Virtual, Memulai Perjalanan Menuju Piala Dunia Qatar Usai Menghempaskan Peru

Timnas Australia yang berjuluk The Socceroos merayakan sukses menuju penampilan kelima berturut-turut di putaran final Piala Dunia.

Timnas Australia yang berjuluk The Socceroos merayakan sukses menuju penampilan kelima berturut-turut di putaran final Piala Dunia.

Sukses ini mengingatkan bagaimana Socceroos menggegerkan jagat virtual pada November 2017. Kala itu, Australia melakoni play-off melawan Honduras.

Perjalanan 1000 hari Australia ke Piala Dunia di Qatar berakhir pada hari Selasa (14/6/2022) dengan Graham Arnold memimpin Socceroos ke turnamen kelima berturut-turut.

Socceroos melaju ke babak kedua kualifikasi Piala Dunia dimulai dengan mengalahkan Kuwait.

Mereka memuncaki grup dan tidak kehilangan satu poin pun, setelah menjalani delapan pertandingan tak terkalahkan.

Australia menjadi satu-satunya negara di bawah otoritas AFF atau ASEAN yang lolos ke Piala Dunia 2022.

Pada laga terakhir melawan Peru merupakan fase play-off kontinental dan menambah jalan yang panjang.

Sebelum memainkan babak play-off interkontinental, Australia finis di posisi ketiga klasemen Grup B putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Australia kalah bersaing dengan Arab Saudi dan Jepang di Grup B.

Australia kemudian memainkan babak play-off sebagai wakil Zona Asia melawan Uni Emirat Arab.

Socceroos menang dengan skor 2-1 dan melanjutkan perjuangan ke play-off interkontinental melawan Peru sebagai wakil dari Conmebol atau Zona Amerika Selatan.

Peru berada di posisi kelima klasemen akhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol. Zona ini memiliki tiket otomatis empat tim teratas dan tim di peringkat kelima harus berebut satu tiket melalui play-off interkontinental.

Baca Juga:  Profil Mayjen TNI Adisura Firdaus Tarigan, Alumni Akmil 1992, Kini Aslog Kasad

Laga Australia Vs Peru dimainkan di Ahmad bin Ali Stadium, Qatar pada Selasa (14/6/2022) dini hari WIB. Laga berjalan cukup sengit bagi kedua tim. Namun, mereka gagal mencetak gol hingga waktu normal usai.

Setelah perpanjangan waktu atau extra time 2 x 15 menit kedudukan tetap saja, lLaga dilanjutkan ke babak adu penalti.

Skor 4-4 ketika penendang kelima kedua tim usai menjalankan tugas. Setelah itu, Awer Nabil mencetak gol untuk Australia dan Alex Valera dari kubu Peru gagal. Australia pun lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.

Berikut adalah momen-momen penting tonggak sejarah Socceroos.

2 September 2021 – Australia 3-0 Tiongkok
Socceroos mengalahkan China di Qatar untuk memulai tahap ketiga fase kualifikasi. Akibat pandemi Covid-19, mereka terpaksa bermain game kandang di Timur Tengah.

12 Oktober 2021 – Jepang 2-1 Australia
Kemenangan beruntun Australia berakhir di Saitama setelah gol bunuh diri Aziz Behich di penghujung pertandingan. Socceroos tetap berada di puncak grup mereka meskipun kalah di Jepang.

11 November 2021 – Australia 0-0 Arab Saudi
Socceroos memainkan pertandingan pertama di kandang pasca-pandemi Covid. Mereka tampak disfungsional di depan kerumunan besar di Sydney. Hasil imbang ini diperparah dengan hilangnya bek tengah utama, Harry Souttar, karena cedera lutut yang terlambat.

24 Maret 2022 – Australia 0-2 Jepang
Perlu menang untuk menjaga peluang mereka lolos otomatis, Australia gagal di kandang sendiri melawan Jepang. Jepang pun bergabung dengan Arab Saudi untuk maju ke Qatar.
Australia finis ketiga dan harus menjalani rute play-off antarbenua atau interkontinental. Meskipun performa buruk, Arnold diberikan dukungan untuk melanjutkan pekerjaannya.

7 Juni 2022 – UEA 1-2 Australia
Dalam play-off interkontinental pertama, Australia berjuang untuk koherensi tetapi menyelesaikan pekerjaan melawan UEA yang juga bersemangat. Sebuah petir yang dibelokkan dari Ajdin Hrustic membuktikan perbedaannya.

14 Juni 2022 – Australia 0-0 (5-4 penalti) Peru
Setelah 120 menit, Australia mengklaim kemenangan setelah adu penalti. Arnold berjudi dengan mengganti kiper dan kapten Maty Ryan dengan Andrew Redmayne di menit terakhir perpanjangan waktu.
Martin Boyle gagal mengeksekusi tendangan penalti pertama Australia, tetapi aksi heroik Redmayne mengamankan tiket ke Piala Dunia.

Baca Juga:  Alumni AAU 1993, Marsekal TNI Tony Harjono Resmi Jabat Kasau

Laga Selanjutnya

Australia akan menghadapi beberapa wajah yang familiar di Piala Dunia yang dimulai November 2022 ini.

Juara bertahan Prancis dan Denmark berada di grup Socceroos di Rusia pada 2018 dan akan sekali lagi bersama Australia. Tunisia adalah tim lain di Grup D.

Mereka telah mengunci pertandingan persahabatan dengan Selandia Baru pada bulan September sebagai bagian dari persiapan mereka untuk turnamen.

Jadwal Laga Soccerros
22 November v Prancis
26 November v Tunisia
30 November v Denmark

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...