Business is booming.

Profil Mardani Maming, Pengusaha Muda Sukses Terseret Kasus Izin Tambang Batubara

Haji Mardani H Maming SH,MSos kelahiran Batulicin, Tanah Bambu, Kalimantan Selatan pada 17 September 1981 adalah politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) yang menjabat Ketua Umum BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2019–2022.

Mardani Maming juga menjabat Bendahara Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2022–2027.

Sebelumnya, ia juga menduduki posisi Bupati Tanah Bumbu periode 2010–2015 dan 2016–2018.

Ayahnya bernama H. Maming bin Rahing, seorang kepala desa di Batulicin yang kini menjadi Kelurahan Batulicin. Sedangkan istrinya bernama Hj Erwinda.

Mardani Maming pernah menjabat sebagai Bupati Tanah Bumbu 2 periode yakni 2010–2015 berpasangan dengan Difriadi Darjat, Mantan Sekdakab Tanah Bumbu dan 2016–2018 berpasangan dengan H. Sudian Noor.

Terkait riwayat pekerjaan, Mardani Maming juga pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Tanah Bambu pada periode tahun 2009 hingga 2010.

Sebaliknya terkait riwayat organisasi, Mardani Maming menduduki berbagai posisi.

Seperti sebagai Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), dijabat Mardani pada periode 2015–2020.

Lalu Kompartemen Bina Wilayah Kalimantan HIPMI dijabat pada periode 2015–2018.

Bahkan sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Provinai Kalimantan Selatan dijabatnya dalam dua periode, yakni mulai 2015-2019 dan periode 2019-2024.

Jabatan Ketua Umum BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) diperolehnya pada periode 2019–2022 dan sebagai Bendahara Umum PBNU pada periode 2022-2027.

Baca Juga:  Konser Iwan Fals Gaung Merah SeGALAnya Kedelapan di Pangsar Jendral Soedirman Ambarawa, Semarang

Dengan sederet jabatan tersebut, tak mengheran jika Mardani Maming menyabet sejumlah penghargaan.

Pada tahun 2013 misalnya, Mardani menyabet penghargaan Innovative Government Award dari Mendagri dan penghargaan Tokoh Muda Beprestasi dari Jawa Pos.

Selain itu, Mardani juga meraih penghargaan Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Kalsel, Ketua Tim Pemenangan Jokowi-JK di Kalsel, dan SIKOMPAK AWARDS sebagai Pembina Terbaik Nasional PNPM Mandiri Perdesaan Kategori Perencanaan Pembangunan Desa (PPD) Aspek Tata Kelola Desa Tahun 2014 dari Wakil Presiden RI.

Saat menjabat bupati, Mardani juga meraih penghargaan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan keuangan Pemkab Tanah Bumbu.

Namun prestasi tersebut menjadi “kelam” ketika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencium aroma dugaan korupsi atas perizinan tambang batubara di wilayah saat jadi bupati.

Mardani Maming diduga terlibat dalam kasus Peralihan Izin Usaha Pertambangan dari PT Bangun Karya Pratama Lestari (PT BKPL) ke PT Prolindo Cipta Nusantara (PT PCN) di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam perizinan itu, KPK menemukan adanya dugaan peran Mardani Maming selaku Bupati Tanah Bumbu dalam penerbitan izin pertambangan tersebut.

Selain itu, KPK menemukan dugaan bahwa ada keuntungan yang diterima Mardani Maming atas peralihan tersebut.

Namun, uang diduga tidak langsung diterima Mardani Maming. Melainkan diduga disamarkan melalui kerja sama bisnis.

Setelah PT Prolindo Cipta Nusantara beroperasi dalam penambangan batubara berkat pelimpahan izin tersebut, Mardani Maming diduga mendirikan beberapa perusahaan.
Pendirian itu diduga difasilitasi dan dibiayai oleh PT Prolindo Cipta Nusantara.

Perusahaan-perusahaan itu diduga dipegang oleh sejumlah pihak yang masih terafiliasi dengan Mardani Maming.

Diduga, aliran uang disamarkan dengan kerja sama bisnis PT Prolindo Cipta Nusantara dengan perusahaan-perusahaan tersebut

Baca Juga:  Profil Prof Dr Bahrullah Akbar Segera Pensiun dari Anggota BPK RI

Pendirian perusahaan-perusahaan itu diduga dimaksudkan untuk menyamarkan aliran uang untuk Mardani Maming sebagai fee atas pemberian izin usaha pertambangan (IUP) terkait.

KPK meyakini Mardani Maming memperoleh Rp 104 miliar.

Baca Selanjutnya:

Tagar Harun Masiku Trending, Kembarannya Muncul Bikin Khawatir Netizen

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...