Business is booming.

Profil Irjen Pol Drs Mulyatno, Alumni Akpol 1988 yang Kini Kapolda Sulut

Ia menjadi Kapolda Sulut menggantikan teman seangkatannya Irjen Pol Nana Sujana

Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Mulyatno SH MM baru saja memimpin jumpa pers kasus dugaan tindak pidana perdagangan manusia atau Himan Trafficking.

Kasus perdagangan manusia di Sulut ternyata melibatkan dua perempuan asal Manado dan Barito Utara. Keduanya melakukan operasi di Wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Penyidik Subdit 4 Renakta Ditreskrimum Polda Sulut mengamankan dua perempuan terduga pelaku tindak pidana perdagangan orang,” ungkap Irjen Pol Drs Mulyatno didampingi.

Ia didampingi Kabid Humas Polda Sulut, Kombes Pol. Jules Abraham Abast, S.I.K., dan Dirreskrimum Polda Sulut, Kombes Pol. Gani Siahaan, S.I.K., M.H.

Pelaku kasus perdagangan orang berinisial DT (27), warga Kota Manado, dan SK (38), warga Barito Utara, Kalteng. Korbannya adalah dua orang perempuan di bawah umur yakni, RD (13) dan IM (17).

Terungkapnya kasus perdagangan orang tersebut berawal saat ayah korban RD melapor ke SPKT Polda Sulut pada, Minggu (12/6/22).

Pelapor menerangkan, RD telah pergi dari rumah bersama IM beberapa waktu sebelumnya, dan tidak diketahui keberadaan mereka.

“Hasil penyelidikan laporan oleh Penyidik Subdit 4 Renakta Ditreskrimum Polda Sulut, RD dan IM diduga kuat telah menjadi korban tindak pidana perdagangan orang,” ujar Jenderal Bintang Dua itu seperti dilansir Tribatanews.

Keduanya didapati bekerja di sebuah tempat hiburan (kafe) milik terduga pelaku SK (38), yang berada di Muara Teweh, Barito Utara, Kalimantan Tengah.

Baca Juga:  Joao Cancelo Resmi Gabung Bayern, Riyad Mahrez yang Kembali Bersinar Jadi Perbandingan

Menindaklanjuti itu, Penyidik Subdit 4 Renakta Ditreskrimum Polda Sulut berkoordinasi dengan pihak UPTD PPA Provinsi Sulut dan Yayasan Kasih Yang Utama (YKYU) Kalimantan Tengah untuk memulangkan kedua korban.

“Hasil pengembangan kasus di Kalimantan Tengah, Penyidik Subdit 4 Renakta Ditreskrimum Polda Sulut mengamankan DT dan SK,” ujar Kapolda Sulut.

Pelaku diketahui merekrut kedua korban lalu dipekerjakan di kafe milik SK. Kedua korban juga dijerat dengan utang oleh pelaku berupa penggantian biaya tiket keberangkatan keduanya dari Manado ke Barito Utara.

Profil Irjen Pol Drs Mulyatno

Irjen. Pol. Drs. Mulyatno, S.H., M.M. lahir di Pemalang, Jawa Tengah, Oktober 1964 (57 tahun).

Ia adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 31 Oktober 2021 menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Utara.

Ia menjadi Kapolda Sulut menggantikan teman seangkatannya Irjen Pol Nana Sujana yang dimutasi menjadi Kapolda Sulsel

Mulyatno, lulusan Akpol 1988 ini berpengalaman dalam bidang Pendidikan Polri. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. I Sespim Lemdiklat Polri.

Riwayat Jabatan

Kapolres Aceh Utara (2006)

Wakapolres Metro Jakarta Selatan

Pati SSDM Polri (Penugasan Pada Lemhannas RI)

Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri[2] (2019)

Dirprog Sarjana STIK Lemdiklat Polri[3] (2019)

Kasespimmen Sespim Lemdiklat Polri (2020)

Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. I Sespim Lemdiklat Polri (2021)

Kapolda Sulawesi Utara (2021)

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...