Business is booming.

Profil Marsma TNI Laksana Heryanto, dari Kadispsiau Kini Staf Ahli Kasau

Marsma TNI Drs Laksana Heryanto MSi (56) mengemban amanat Staf Khusus Kasau

Marsekal Pertama TNI Drs Laksana Heryanto MSi (56) adalah seorang perwira tinggi TNI-AU yang sejak 4 November 2022 mengemban amanat sebagai Staf Khusus Kasau.

Lelaki kelahiran Yogyakarta pada 21 Mei 1966 ini lulusan Sepamilsuk 1989 dari kecabangan Korps Kesehatan (Kes).

Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah Kepala Dinas Psikologi Angkatan Udara (Kadispsiau).

Jabatan Kadispsiau itu kemudian diganti oleh Kolonel Kes Sri Hastuti yang sebelumnya menjabat Komandan Wing Pendidikan Umum (Danwingdikum).

Sebagaimana diketahui, Wing Pendidikan Umum (Danwingdikum) adalah Satuan Pelaksana Komando Pendidikan Angkatan Udara yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan non teknik bagi personel TNI AU yang meliputi pendidikan dasar kecabangan, kualifikasi khusus, kursus dasar manajemen, pendidikan kejuruan Bintara/Tamtama dan pendidikan kejuruan PNS.

Mutasi dan promosi Marsma TNI Laksana Heryanto dan Kolonel Kes Sri Hastuti itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Nomor Kep/1122/XI/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Ini Dia Daftar Lengkap Mutasi dan Promosi 130 Pati TNI, Dua Orang Jabat Bintang Tiga

Karier Laksana Heryanto

Laksana Heryanto tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Seperti Kabagbinprofpsi Dispsiau, Kasubdis Psibangan Dispsiau, Kasubdis Psidik Dispsiau, Sesdispsiau, Kadispsiau (2020—2022), dan Staf Khusus Kasau (2022—Sekarang).

Dedikasi terhadap tugas dan jabatan tak pernah padam, bahkan di akhir masa jabatannya sebagai Kepala Dinas Psikologi Angkatan Udara (Kadispsiau), Laksana Heryanto masih disibukkan dengan memimpin serah terima jabatan empat Kasubdis di jajaran Dispsiau.

Pada Rabu 16 November 2022 seperti dikutip Instagram Psikologi_tniau, Kepala Dinas Psikologi TNI Angkatan Udara (Kadispsiau) Marsma TNI Drs Laksana Heryanto MSi memimpin serah terima jabatan empat Kasubdis di jajaran Dispsiau.

Baca Juga:  Daftar 15 Pangdam Update Tanggal 5 Juli 2021, Dominasi Akmil 1989

Empat pejabat tersebut adalah Kasubdispsimatraud, Kasubdispsipers, Kasubdispsidik dan Kasubdisyanpsi.

Serah terima jabatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Udara Nomor Kep/32-PKS/XI/2022 tanggal 7 November 2022 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI Angkatan Udara.

Diharapkan dengan pergantian pejabat akan membawa warna dan semangat baru untuk tercapainya pelaksanaan tugas dispsiau.

Hadir dalam kegiatan serah terima adalah para pejabat dan perwakilan perwira, bintara, tamtama serta pns Dispsiau.

Melalui slogan “SUSTHIRABUDDHI ABHAYAGATA” TNI AU menyiapkan prajurit yang memiliki daya pikir tinggi, berkarakter, tangguh dan mengutamakan keselamatan.

Riwayat Pendidikan Laksana Heryanto

Sepamilsuk ABRI (1989)
Sekkau (2004)
Seskoau (2009)

Riwayat Jabatan Laksana Heryanto

Kabagbinprofpsi Dispsiau
Kasubdis Psibangan Dispsiau
Kasubdis Psidik Dispsiau
Sesdispsiau
Kadispsiau (2020—2022)
Staf Khusus Kasau (2022—Sekarang)

Sejarah Singkat Dinas Psikologi TNI Angkatan Udara

Dinas Psikologi TNI AU awal mula berdiri pada tanggal 1 Agustus 1951 dengan nama Seksi Psikologi. Dinas Psikologi TNI AU banyak mengalami perubahan nama dari sejak berdiri sampai dengan saat ini.

Pada tanggal 27 Juni 1966 nama Seksi Psikologi berubah nama menjadi Pusat Psikologi di bawah Direktorat Jenderal Kesehatan. Pusat Psikologi pun berubah nama menjadi Jawatan Psikologi di tahun 1968. Jawatan Psikologi juga berubah nama menjadi Dinas Psikologi TNI AU (Dispsiau) pada tanggal 13 April 1976.

Seiring dengan adanya reorganisasi di lingkungan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) pada tahun 1985, status Dispsiau pun berubah menjadi pelaksana teknis di bawah Direktorat Kesehatan TNI AU (Ditkesau).

Dispsiau berubah nama menjadi Lembaga Psikologi TNI AU (Lapsiau) pada tanggal 12 Maret 1985. Dan pada tanggal 15 April 2003, Lapsiau menjadi Dinas Psikologi (Dispsiau) sebagai Badan Pelaksana Pusat (Balakpus) Mabesau hingga saat ini.

Kebutuhan layanan psikologi sampai dengan saat ini menjadi salah satu hal yang sangat penting termasuk di lingkungan Angkatan Udara. Dengan tagline “Psychology for Better Performance and Safety”, Dispsiau menyediakan layanan psikologi bagi seluruh personel Angkatan udara.

Layanan yang diberikan diantaranya adalah Psikologi Penerbangan, Psikologi Personel, Psikologi Pendidikan, Laboratorium Psikologi Penerbangan dan Computer Assisted Tests (CAT).

Dispsiau yang bertempat di Jl. Manuhua Raya No. 26 Pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi personel TNI AU, keluarga, lingkungan dan Indonesia secara menyeluruh.

Dengan adanya pengukuhan Kepala Kelompok Ahli Dinas Psikologi yang baru maka diharapkan pula akan semakin meningkat kajian ilmiah bidang psikologi khususnya di lingkungan Angkatan Udara serta semakin banyak manfaat baik bagi TNI Angkatan Udara maupun Bangsa Indonesia.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...