Business is booming.

Cak Thoriq Trending, Turun Tangan Tinjau Akses Jalan ke Lumajang-Malang, Mulai Dibuka Setelah Diterjang Longsor

Terjunkan dua alat berat dan satu mobil damkar untuk mengevakuasi material longsoran yang menutup seluruh badan jalan di KM 58 Piket Nol.

Cak Thoriq trending. Panggilan akrab Bupati Lumajang Thoriqul Haq itu trending karena tak lelah melakukan peninjauan ke lokasi bencana banjir kawah dingin dan longsor yang terjadi sejak Jumat (7/7/2023)).

Ia terjun langsung ke lokasi pengungsian pada Jumat malam.

Dan sepanjang Sabtu (8/7/2023) meninjau lokasi tanah longsor dan banjir kawah dingin.

Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui BPBD Lumajang menerjunkan dua alat berat, untuk mengevakuasi material longsoran yang menutup seluruh badan jalan di KM 58 Piket Nol.

Juga satu mobil Damkar untuk membersihkan material lumpur yang ada di jalan.

“Ini cuaca sedang lumayan baik, kita lakukan percepatan untuk membuka akses jalan ke Lumajang, Ini banyak kendaraan yang sampai menginap.”

“Kita prioritaskan itu dulu untuk melintas,” terang Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat meninjau lokasi longsoran, Sabtu.

Sementara, untuk penanganan sejumlah infrastruktur yang rusak, pemerintah akan melakukan upaya darurat sembari menunggu kebijakan yang bisa dilakukan perbaikan secara permanen.

“Untuk beberapa jembatan yang rusak kita upayakan untuk jembatan non permanen, tanggul yang jebol kita tangani dulu supaya air yang masih mengalir tidak membahayakan warga,” jelas dia.

Pada siang harina, akses jalan menuju Kabupaten Malang dan Lumajang mulai dibuka setelah dua alat berat dan satu unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk membersihkan meterial longsor berupa tanah dan lumpur yang menutup jalan.

Baca Juga:  Usul Polisi Se-Indonesia Diganti Satpam BCA, Pemilik Akun Diteror

Persisnya material longsor yang menutupi badan jalan di Piket Nol KM 58 Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (8/7/2023).

“Kini akses jalan menuju Lumajang – Malang sudah dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat,” kata Kasi Humas Polres Lumajang Ipda Novandy Helda Prasetya.

Namun akses jalan hanya sampai Pronojiwo dikarenakan jembatan penghubung di perbatasan Kecamatan Pronojiwo Kab Lumajang dengan Kecamatan Ampel Gading Kab Malang terputus

Arus lalu lintas sudah mulai dibuka kembali sekitar pukul 12.00 WIB. Namun, masyarakat yang melalui jalur tersebut diminta tetap waspada dan berhati-hati karena potensi hujan masih terus terjadi.

“Pukul 12.00 WIB, proses pembersihan material longsoran dengan dua alat berat di KM 58 piket nol selesai dan arus lalu lintas Lumajang – Malang kembali lancar,” kata Novandy

Tanah longsor yang terjadi di KM 58 Jalur Piket Nol, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro telah mematikan sementara arus lalu lintas sejak Jumat (7/7/2023) kemarin.

Banyak truk dan kendaraan probidi terjebak di wilayah Kecamatan Pronojiwo, lantaran tidak bisa putar balik ke arah Malang akibat jembatan di perbatasan Lumajang – Malang terputus.

 

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...