Business is booming.

Profil Brigjen TNI Dedi Hardono, Akmil 1994, Danrem 172/Praja Wira Yakthi

Terkait dengan ancaman KST yang mengatakan akan mengganggu masyarakat di wilayah Kenyam, Danrem menyatakan bahwa TNI siap mengambil tindakan tegas.

Danrem 172/Praja Wira Yakthi (PWY) Brigjen TNI Dedi Hardono Kelompok Separatis Teroris (KST) Papua adalah kelompok kejam.

Sejumlah orang telah dibunuhnya, terakhir adalah aktivis kemanusiaan Papua, Michelle Kurisi Doga, yang dibunuh di Distrik Kolowa, Kabupaten Lanny Jaya, Papua Pegunungan sekitar 28 Agustus 2023

Menurut Brigjen TNI Dedi Hardono, pembunuhan Michelle Kurisi Doga menambah deretan panjang aksi biadab dan kesewenang-wenangan KST kepada masyarakat sipil di tanah Papua.

Sepanjang tahun 2022 hingga 2023, tercatat banyak masyarakat sipil telah menjadi korban kebiadaban KST.

Antara lain supir, tukang ojek, pedagang, guru, tenaga kesehatan, dan pekerja bangunan, yang dibunuh secara kejam dengan dalih karena menjadi intelijen TNI.

Danrem ecara tegas membantah bahwa Michelle kurisi bukan intelijen TNI.

Sebab TNI tidak menggunakan Orang Asli Papua (OAP) maupun pendatang sebagai intelijen.

Michelle Kurisi merupakan aktivis kemanusiaan yang selama ini berjuang untuk membantu masyarakat Papua di pengungsian dari rasa ketakutan akibat gangguan keamanan dan intimidasi dari KST Kodap III Nduga.

“TNI sudah memiliki personel sendiri yang dididik dan disiapkan dengan baik sebagai aparat intelijen, serta mempunyai perlengkapan yang memadai dalam mendukung kegiatan intelijen,” tegasnya seperti dilansir web TNIAD.Mil.Id.

“Michelle juga cucu dari Kepala Suku Silo dan merupakan aktivis perempuan yang begitu peduli akan kedamaian di tanah Papua. Saya mewakili seluruh prajurit Korem 172/PWY mengucapkan turut berduka cita yang mendalam dan mengutuk keras perbuatan keji KST tersebut,” ucap Danrem.

Baca Juga:  Besok 31 Oktober Hari Halloween, Berikut Cerita Horor Sejumlah Netizen

Sementara itu, terkait dengan ancaman KST yang mengatakan akan mengganggu masyarakat di wilayah Kenyam, Danrem menyatakan bahwa TNI siap mengambil tindakan tegas.

“Jika mereka (KST) mengganggu masyarakat, maka TNI siap bertindak. Karena kehadiran TNI di tengah-tengah masyarakat adalah untuk menjaga keamanan dan memberikan ketenangan serta rasa nyaman di masyarakat,” tegas Danrem.

Papua berduka usai muncul kabar meninggalnya sosok aktivis perempuan kondang bernama Michelle Kurisi.

Tentang Michelle Kurisi

Michelle Kurisi Doga dikenal di dunia aktivisme setelah sekian lama berkontribusi terhadap masyarakat yang terdampak konflik di Papua.

Selama masa hidupnya, Michelle dikenang sebagai sosok yang berjasa terhadap para perempuan dan anak yang terdampak konflik bersenjata.

Michelle juga diketahui merupakan cucu dari Kepala Suku Silo.

Kapendam XVII Cenderawasih Letkol Inf Johanis Parinussa, pada Rabu (30/8/2023), menepis kabar bahwa Michelle adalah mata-mata yang diterjunkan oleh TNI ke wilayah konflik.

Johanis menegaskan bahwa pihaknya tak pernah menerjunkan orang asli Papua untuk memata-matai saudaranya sendiri. Michelle di mata Johanis merupakan sosok aktivis yang murni turun ke lapangan untuk membantu masyarakat yang terdampak dalam konfilk Nduga.

KST mengaku telah mengawasi gerak-gerik Michelle selama di daerah konflik.

Michelle dituduh mencari data pengungsi perang masyarakat Nduga sembari melakukan pemetaan basis TPNPB-OPM di seluruh Papua.

Profil TNI Dedi Hardono

Brigadir Jenderal TNI Dedi Hardono, S.I.P. (lahir 30 Mei 1972) .

Ia adalah seorang perwira tinggi TNI-AD yang sejak 27 April 2023 mengemban amanat sebagai Komandan Korem 172/Praja Wira Yakthi.

Dedy menggantikan Brigjen TNI Juinta Omboh Sembiring yang mengemban amanat sebagai Pa Sahli Kasad Tk. II Bidang Sosbud.

Dedi Hardono, lulusan Akademi Militer 1994 ini berpengalaman dalam Infanteri. Jab

Baca Juga:  Profil Komjen Pol Marthinus Hukom Kepala BNN, Alumni Akpol 1991 Ketiga Sandang Bintang Tiga

Jatan terakhir Jenderal bintang satu ini adalah Pamen Denma Mabesad.

Riwayat Pendidikan

Akademi Militer (1994)

Sussarcabif

Dik PARA Utama

Selapa I

Diklapa II

Komando

Sus Danyon

Sus Dandim

Seskoad (2010)

Sesko TNI

Riwayat Jabatan

Asintel Kasdam VI/Mulawarman (2015)

Staf Ahli Pangdam VI/Mulawarman Bidang Ilpengtek

Danpusdikintel (2022)

Pamen Denma Mabesad (2022—2023)

Danrem 172/Praja Wira Yudha (2023—Sekarang)

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...