Business is booming.

Profil Bupati Kubar, Fransiskus Xaverius Yapan, Namanya Trending karena Ajudannya Pukul Sopir Truk

“Melakukan kesepakatan damai dan diselesaikan secara kekeluargaan, serta dibuatkan surat kesepakatan secara tertulis,” jelas Yapan didampingi Wabup H. Edyanto Arkan.

Bupati trending. Bupati yang dimaksud adalah Bupati Kutai Barat (Kubar), Fransiskus Xaverius Yapan.

Ia trending karena ajudannya memukul sopir bus pengangkut minyak sawit yang tak melakukan perlawanan.

Kejadian berlangsung di Kawasan Kinong, Kecamatan Damai, Kabupaten Kutai Barat, Rabu (20/12/2023).

Aksi viral itu dilakukan sang ajudan yang berasal dari TNI yang menghampiri bersama sang sopir.

Sang ajudan dan bupati Kutai mendatangi sopir truk karena menghalangi laju rombongan bupati.

Tanpa ampun ia menarik sang sopir yang tak berdaya dan saat sudah di atas tanah langsung ditendang mukanya hingga tersungkur.

Saat itu Bupati Kubar Fransiskus Xaverius (FX) langsung melerainya dan menahan sang ajudan untuk tak meneruskan aksinya.

Yapan Minta Maaf

Usai video aksi kekerasan ajudannya terhadap sopir truk CPO di kawasan Kinong, Jengan Danum, Kecamatan Damai, Rabu (20/12/2023) sore kemarin, Bupati Kutai Barat (Kubar) FX Yapan akhirnya angkat suara.

“Saya atas nama pribadi, keluarga, pemerintah dan atas nama ajudan saya minta maaf karena suatu hal yang tidak seharusnya terjadi,” terang Yapan dalam konferensi pers di depan awak media di Kantor Bupati, Kamis (21/12/2023).

FX Yapan menyebut, kasus itu berakhir damai dan diselesaikan secara kekeluargaan. Hal itu dibuktikan dengan surat pernyataan yang disepakati pada Kamis pagi.

“Melakukan kesepakatan damai dan diselesaikan secara kekeluargaan, serta dibuatkan surat kesepakatan secara tertulis,” jelas Yapan didampingi Wabup H. Edyanto Arkan.

Politisi PDI Perjuangan itu menyebut aksi ajudannya itu dipicu setelah rombongan mobil yang usai menghadiri kampanye di Tanjung Isuy tidak diberi jalan oleh konvoi truk tangki pengangkut CPO sampai 5 unit.

“Saat itu saya ada di lokasi kejadian, saya juga menyesalkan aksi kekerasan tersebut. Namun, saya juga menyoroti aksi rombongan sopir truk sawit yang dianggap ugal-ugalan yang bisa membahayakan pengguna jalan lain,” imbuh Yapan.

Baca Juga:  Hastag Boikot Indosiar Trending, Tuntut Tayangan Piala Presiden Tak Terlalu Malam

Profil Fransiskus Xaverius Yapan

Fransiskus Xaverius Yapan atau lebih di kenal dengan nama F.X Yapan lahir 18 Juli 1958. Ia adalah Bupati yang memimpin kabupaten Kutai Barat di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.

Dilantik sebagai bupati periode pertama pada tanggal 20 April 2016 berpasangan dengan bapak H. Edyanto Arkan, S.E., untuk Periode 2016-2021 setelah memperoleh suara terbanyak dan terpilih menjadi bupati dalam Pilkada Kabupaten Kutai Barat pada tahun 2015.

Pada Periode kedua, Fransiskus Yapan kembali maju sebagai calon bupati, juga dengan pasangan calon wakil bupati, Edyanto Arkan.

KPU Kabupaten Kutai Barat menetapkan pasangan nomor urut 02 yakni pasangan Fransiskus Xaverius Yapan – Edyanto Arkan, sebagai peraih suara terbanyak pada 16 Desember 2020 di Pendopo Hotel Sidodadi, Barong Tongkok, Sendawar.

Banyaknya suara yang diperoleh berdasarkan suara sah pemilih yakni 49.141 suara (61,14%), sementara pasangan nomor urut 1 Martinus – Abdul, mendapat 31.332 suara (38,86%)

Riwayat pendidikan

SDN Besiq (1973)

SMP Katolik Barong Tongkok (1979)

SMA Katolik Samarinda (1982)

S1 Universitas 17 Agustus Samarinda (1989)

Riwayat Pekerjaan

Humas PT Rimba Karya Rayatama (RKR)

Anggota DPRD Kutai Kartanegara (1999–2000)

Anggota DPRD Kutai Barat (2000–2004)

Ketua DPRD Kutai Barat (2004–2009)

Ketua DPRD Kutai Barat (2009–2014)

Ketua DPRD Kutai Barat (2014–2016)

Ketua PBVSI Kutai Barat

Dewan Penasehat INKAI Kutai Barat

Dewan Penasehat Sempekat Tonyoi Benuaq (STB) Kutai Barat

Dewan Penasehat Gereja Kristen Sulawesi Barat (GKSB) Kutai Barat

Dewan Penasehat Gereja Kebangunan Kalam Allah Indonesia (GKKA) Jemaat Sendawar

 

 

Komentar
Loading...