Business is booming.

Ancol Langsung Trending Begitu Resmi Ditunjuk Jadi Lokasi Formula E

Bentuk sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, didesain mirip Kuda Lumping

Ancol langsung trending begitu resmi ditunjuk sebagai lokasi penyelenggaraan formula E Jakarta 2022.

Ancol mengalahkan sejumlah lokasi lainnya yang sebelumnya menjadi calon lokasi Formula E setelah gagal dilaksanakan di Monas.

Semula ada 5 opsi calon lokasi Formula E.

Yakni kawasan Pantai Indah Kapuk Jakarta International Expo (JI Expo), Jalan Sudirman, Jakarta International Stadium, dan Ancol.
Lalu mengerucut menjadi dua nama yakni Ancol dan Jakarta International Expo (JI Expo).

“Nahh Ancol ternyata, ideal gak akan ganggu traffic juga karena dalam kawasan,” tulis @frb___ tentang trending Ancol.

“Di Ancol track-nya dari pintu masuk Ancol sampai pintu keluar Ancol,” tanya @nayounged

“Ancol sensitif bee… takut rob ahh…,” tulis @ndryerlangga17

Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix 2022 Ahmad Sahroni mengatakan Ancol ditunjuk sebagai lokasi sirkuit Formula E setelah melalui kajian panjang bersama pihak Formula E Operations sebagai wakil Federasi Otomotif Internasional (FIA).

“Dari akhir 2 lembaga tersebut (FIA dan FEO) baru tadi pagi diberikan approved sirkuit pegelaran Formula E di Jakarta di Ancol,” katanya kepada wartawan, Rabu (22/12/2021).

Dia menjelaskan, Ancol ditunjuk sebagai lokasi penyelenggaraan Formula E lantaran dinilai menjadi lokasi yang dinamis.

“(Selain) Ikonik, Jakarta dan tempatnya tidak mengganggu prasarana jalan masyarakat yang lain. Tertutup pelaksanaan event 1 hari 4 Juni 2022,” katanya.

“Kalau saya yang memutuskan regulasi balap dari kemarin pas saya ditunjuk sebagai ketua OC saya langsung umumin. Namun, ini harus menunggu approval FEO dan FIA maka dua lenbaga tersebut mengkaji tempat yang sudah ada. Baru tadi pagi diberikan approval sirkuit penyelenggaraan formula e adalah di ancol,” tuturnya.

Dia juga menjelaskan alasan pemilihan Ancol sebagai lokasi penyelenggaraan, sebab sirkuit tidak perlu dibangun dari awal seperti Formula 1 atau moto GP.

Baca Juga:  Trending, LGBT Afghanistan Wawas Bakal Dibunuh di Tempat oleh Taliban

“Lokasi tersebut yang bisa diapprove memang lokasi dari mereka. Nanti akan ditayangkan gambar yang sudah diapprove FEO dan FIA,” ujarnya.

Ilustrasi Formula E. Pemprov DKI masih bisa gelar Formula E 2022 tapi bukan di Monas tapi Senayan atau Pulau Reklamasi (media.diamler.com)

Bentuk Sirkuit

Sementara Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Widi Amanasto mengatakan bahwa bentuk sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, didesain mirip dengan kuda lumping.

Hal itu diungkapkan dalam konferensi pers pengumuman lokasi sirkuit Formula E di Ancol, Rabu (22/12/2021).

Sirkuit tersebut memiliki panjang lintasan 2,4 kilometer berada di tengah-tengah kawasan Ancol.

Sedangkan lebar sirkuit mencapai 16 meter dengan jumlah tikungan sebanyak 18 tikungan.

Untuk trek lurus sebagai tempat adu cepat diberikan sepanjang 600 meter dengan arah lintasan clockwise atau searah jarum jam.

Sebelumnya diberitakan, penyelenggara Formula E Jakarta 2022 resmi menetapkan kawasan Ancol sebagai lokasi sirkuit Jakarta E-Prix 2022.

Sebelumnya Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Fadil Imran menyebut bahwa sirkuit Formula E akan bertempat di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Hal itu disampaikan Fadil Imran usai bertemu dengan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo dan Direktur Utama Ancol Teuku Sahir Syahali di kantornya.

Ketiganya bertemu membahas rencana Polda Metro Jaya menggelar balap resmi untuk memfasilitasi pelaku balap liar di Ancol pada Januari 2021 mendatang.

“Saya kira ekosistem yang kita bangun ini akan berkembang terus menerus. Mudah-mudahan Ancol akan membangun segera lokasi ini karena kan Formula E juga ada di sana,” ujar Fadil di Polda Metro Jaya pada Senin, 20 Desember 2021.

Orang Lain Juga Baca
Komentar
Loading...